5 Tanda Anak Berpotensi Menjadi Penulis Hebat di Masa Depan

Mereka bisa tumbuh menjadi seorang penulis yang luar biasa di masa depan

28 Januari 2022

5 Tanda Anak Berpotensi Menjadi Penulis Hebat Masa Depan
Freepik/Freepic-diller

Hampir setiap anak cenderung memperlihatkan ketertarikannya pada suatu bidang saat mereka masih kecil. Ada yang suka mendengarkan musik, olahraga, menggambar, atau bahkan membaca buku.

Sebagai orangtua, sudah sepatutnya Mama memerhatikan dan mendukung anak untuk mengembangkan bakatnya. Salah satu bakat yang mungkin dimiliki oleh anak adalah bakat menulis.

Meski dulu profesi penulis umumnya bukan cita-cita kebanyakan anak. Namun mengikuti perkembangan jaman saat, banyak anak-anak yang tertarik ingin menjadi penulis hebat di masa depan.

Bakat dalam menulis sebenarnya bisa dilihat dari kebiasaan dan kepribadian anak sejak usia kecil.

Untuk mengetahui apakah anak memiliki minat dibidang ini, berikut Popmama.com telah merangkum lima tanda anak berpotensi menjadi penulis hebat di masa depan. Yuk simak!

1. Mampu mengungkapkan perasaannya lewat tulisan

1. Mampu mengungkapkan perasaan lewat tulisan
Freepik/user21856044

Tentu saja salah satu tanda yang paling jelas terlihat adalah anak memiliki hobi dalam menulis, bahkan terkadang sampai lupa waktu ketika menulis.

Terkadang menulis adalah kegiatan yang tidak disukai anak-anak, bahkan orang dewasa. Namun, jika anak suka menulis untuk mengisi sela-sela waktunya, mungkin ini adalah sebuah sinyal bahwa ia minat atau mungkin berbakat jadi penulis yang hebat!

Selain itu, si Anak juga akan semakin bersemangat jika karyanya mendapatkan apresiasi dan pujian. Sebagai bentuk penghargaan, Mama bisa memberikan pujian dan tanggapan saat membaca tulisannya.

Ketika Mama antusias, ini akan meningkatkan semangatnya untuk membuat lebih banyak tulisan. Bila perlu, tawarkan anak untuk mengikuti kelas menulis anak atau lomba menulis.

Editors' Picks

2. Mampu membaca buku dengan fokus

2. Mampu membaca buku fokus
Freepik/Pvproduction

Semua orang akan setuju bahwa kebiasaan membaca harus ditanamkan sejak dini, tapi tentu ini tidak mudah. Karena membaca adalah salah satu kegiatan yang jarang disukai anak-anak. Padahal membaca adalah salah satu cara untuk memperkaya kosakatanya.

Namun, jika anak Mama hobi membaca buku dan bisa membacanya dengan fokus tanpa disuruh, mungkin inilah salah satu tanda bahwa ia punya potensi jadi penulis. Kebanyakan penulis pasti senang membaca untuk memunculkan inspirasi dan imajinasi.

Sebagai bentuk dukungan, Mama dapat memerhatikan jenis buku apa yang sering anak baca, kemudian belikan buku sejenis sebagai hadiah agar ia lebih semangat membaca. Mama juga bisa mengajak anak ke toko buku untuk melihat beberapa buku yang mungkin bisa menjadi sumber inspirasinya.

3. Memiliki kekayaan kosakata yang lebih daripada anak-anak seusianya

3. Memiliki kekayaan kosakata lebih daripada anak-anak seusianya
Pexels/ketut-subiyanto

Pernahkah Mama melihat dan membandingkan kemampuan belajar anak dengan anak-anak lain yang seusianya?

Jika Mama merasa bahwa si Anak mengetahui kosakata yang tidak diketahui oleh teman-temannya, mungkin ini adalah tanda awal bahwa ana berbakat menjadi penulis. Kekayaan kosakata memang bersumber dari kebiasaan anak yang gemar membaca buku.

Hal ini juga membuktikan, anak mama memiliki daya ingat yang kuat.

Nah untuk menambah pengetahuannya, Mama bisa membelikan buku cerita bergambar atau ensiklopedia anak-anak. Sesekali Mama dapat mengajarkannya juga bahasa inggris atau bahasa asing, agar pengetahuannya tentang bahasa lebih berkembang.

4. Imajinasinya yang tinggi, mampu dituangkan dalam bentuk tulisan atau gambar

4. Imajinasi tinggi, mampu dituangkan dalam bentuk tulisan atau gambar
Freepik/Cookie-studio

Memang anak-anak di usia muda memiliki kemampuan imajinasi yang tinggi. Namun anak yang memiliki bakat dalam menulis terkadang memiliki imajinasi yang unik dan out of the box. 

Mama mungkin dapat melihat bagaimana karya fiksi penulis ternama yang alur ceritanya sangat tidak bisa ditebak. Karya tersebut bisa tercipta karena penulis tersebut memiliki imajinasi yang tinggi. Namun, tidak semua orang bisa menuangkan imajinasinya dengan baik dalam bentuk tulisan lho!

Imajinasi memang sangat sulit dijelaskan, karena tak banyak orang yang berani mengungkapkannya karyanya, misalnya karena takut dianggap aneh oleh orang lain.

Namun, jika anak mama bisa menuangkan imajinasinya dengan baik lewat tulisan atau bahkan gambar, mungkin itu adalah salah satu tanda bahwa ia berpotensi menjadi penulis yang baik.

Mama bisa membantu anak mengembangkan imajinasinya dengan cara membelikan buku cerita fiksi, membacakan dongeng setiap malam, atau mengajaknya membentuk origami.

5. Memiliki kepekaan lingkungan yang baik

5. Memiliki kepekaan lingkungan baik
Freepik/karlyukav

Sejak usia balita, anak sering menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, bahkan tak jarang dari mereka yang selalu berpikir kritis dan mempertanyakan segala informasi yang diberikan.

Meskipun hampir semua anak mengembangkan sifat itu, ada sifat unik yang muncul dari anak dengan bakat menulis. Yaitu, bisa jadi pendengar dan penasihat yang baik saat orang lain sedang dalam masalah.

Anak yang berbakat dalam hal menulis biasanya memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya. Ia juga terinspirasi dari pengalaman hidup orang lain atau kejadian yang terjadi di sekitarnya.

Nah, ada beberapa cara untuk mengasah kepekaan anak, salah satunya dengan membatasi pemakaian ponsel. Cara ini bertujuan agar anak mama lebih banyak bersosialisai dengan dunia luar.

Kini Mama telah mengetahui lima tanda anak berpotensi menjadi penulis hebat di masa depan. Apakah anak menunjukan tanda-tanda diatas? Jika iya, mungkin inilah tanda bahwa ia berbakat dalam bidang menulis.

Ketika Mama yakin, jangan ragu untuk mengembangkan bakat yang anak miliki ya Ma. Siapa tau anak bisa jadi penulis hebat di masa depan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk