Tips Mudah Mengajarkan Anak Minum Obat Pil atau Kapsul

Jangan langsung memaksa anak ya, Ma!

18 November 2020

Tips Mudah Mengajarkan Anak Minum Obat Pil atau Kapsul
Freepik/Mdjaff

Bagi orang dewasa, mungkin sudah tidak perlu takut lagi ketika ingin minum obat berbentuk pil. Hampir setiap hari, beberapa orang dewasa minum pil untuk meningkatkan sistem imun, mencegah penyakit, atau menyembuhkan penyakit tertentu.

Namun, banyak dari Mama yang mungkin tidak memperhatikan bagaimana jika anak perlu melakukannya? Jika Mama pernah memberikan pil kepada anak, Mama tahu betapa sulitnya tugas tersebut.

Dari muntah, melarikan diri, hingga menolak membuka mulut, mungkin Mama telah merasakan semua ini. Meminum pil atau kapsul mungkin tampak seperti cara yang mudah bagi orangtua, tetapi tidak sama untuk anak.

Berikut Popmama.com akan menjelaskan tentang tips mengajarkan anak cara menelan pil, tablet, atau kapsul yang tepat dan mudah. Menelan pil merupakan keterampilan penting, yang harus diajarkan kepada anak dengan sabar.

Mengapa Anak-anak Harus Diajarkan untuk Menelan Pil?

Mengapa Anak-anak Harus Diajarkan Menelan Pil
Freepik/serg60

Kebanyakan obat untuk anak-anak biasanya datang dalam bentuk gummy atau dalam bentuk sirup. Tapi tak jarang, kalau ada obat-obatan yang perlu ditelan langsung agar bisa menunjukkan hasil yang lebih efektif.

Faktanya, beberapa pil mungkin kehilangan kemanjurannya atau mungkin tidak tetap manjur jika dikunyah atau dihancurkan. Dalam beberapa kasus, meminum pil dalam bentuk lain, seperti dihancurkan daripada menelannya secara keseluruhan, bahkan dapat berakibat fatal.

Hal ini terjadi ketika obat dibutuhkan untuk bekerja secara perlahan bukan sekaligus, maka obat-obatan tersebut harus diminum secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk mengajari anak cara menelan pil dengan benar.

Dengan teknik, kesabaran, dan pengalaman yang tepat, Mama akan bisa membuat anak menelan pil dengan mudah. Berikut tips-tips mengajarkan anak cara menelan pil dengan tepat:

1. Menggunakan permen kecil yang diperumpamakan sebagai obat

1. Menggunakan permen kecil diperumpamakan sebagai obat
Freepik/Lia_russy

Ketika Mama ingin melatih anak untuk menelan pil, biarkan anak menggunakan kontrolnya sendiri atas proses tersebut, karena jika ada tekanan paksa atau tekanan berat seringkali terbukti sia-sia. Mama juga bisa memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara menelan pil yang tepat.

Untuk pertama kali, Mama bisa menggunakan permen bulat kecil yang diperumpamakan sebagai obat. Kemudian Bantu anak untuk membasahi mulutnya dengan meneguk beberapa teguk air atau minuman lain sebelum memberinya.

Memberikan sedikit cairan di mulut dan berkumur selama beberapa detik sebelum menelan mungkin terbukti membantu menelan pil.

Mama dapat meletakkan pil di bagian depan lidah dan memiringkan kepala anak ke belakang sebelum menelan pil. Sebagai alternatif, Mama juga dapat meletakkan pil di ujung lidah dan meminta anak untuk menempelkan dagunya ke dadanya sebelum menelan obatnya.

Editors' Picks

2. Menggunakan bantuan makanan atau minuman favorit anak

2. Menggunakan bantuan makanan atau minuman favorit anak
Freepik/Pressfoto

Trik lain yang bisa berhasil adalah dengan menggunakan makanan atau minuman. Ketika menggunakan makanan, letakan pil di lidah anak tepat sebelum dia akan menelan sepotong besar makanan, seperti roti, biskuit, dan lain-lain.

Salah satu cara terbaik untuk membuat anak menelan pil dengan minuman, adalah dengan metode 'menelan banyak', dengan cara memasukkan pil ke mulut anak saat ia minum banyak cairan. Minta dia untuk mencampur minuman di mulutnya selama beberapa detik sebelum akhirnya menelan semuanya.

Mama juga bisa menyembunyikan pil di semua jenis makanan lunak seperti smoothie buah, saus, atau yoghurt. Tetapi Mama juga harus mencoba tips ini dengan makanan atau pil yang berikan berukuran kecil atau dikhawatikan anak akan tersedak.

Namun, tidak disarankan untuk menghancurkan pil sampai atau kecuali dokter menganjurkan demikian.

3. Menggunakan pill cup, gelas yang membantu anak untuk menelan pil dengan mudah

3. Menggunakan pill cup, gelas membantu anak menelan pil mudah
Pillcrusher.com

Menggunakan pill cup atau gelas yang dibentuk khusus agar anak mudah menelan pil. Gelas ini memiliki wadah kecil di bagian dalam untuk menahan pil di atas gelas. Sehingga ketika anak minum, anak bisa langsung menelan pil bersamaan dengan air di dalam gelas.

Terkadang anak berusaha, tetapi tetap tidak berhasil menelan pil. Maka dari itu, Mama perlu meminta anak untuk menjaga lidahnya tetap rileks saat dia mencoba menelan pil. Jika itu tidak berhasil, cobalah menggunakan pill cup yang akan memudahkan anak.

Usia yang Tepat untuk Mengajari Anak Minum Pil

Usia Tepat Mengajari Anak Minum Pil
Freepik/Massonstock

Usia di mana seorang anak dapat menelan pil, dapat berbeda atau bervariasi dari satu anak ke anak lainnya. Namun, pada usia sekitar lima tahun anak siap untuk mempelajari hal-hal baru, sehingga Mama dapat coba mengajarkan keterampilan baru ini kepada anak.

Namun, pastikan anak sedang tidak rewel atau sakit saat Mama mulai mengajarinya. Mama dapat menggunakan makanan favorit anak untuk mengajarinya cara menelan pil.

Tips Ketika Anak Masih Kesulitan Saat Belajar Menelan Pil

Tips Ketika Anak Masih Kesulitan Saat Belajar Menelan Pil
Freepik/Wckiw

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Mama ketika anak kesulitan saat belajar menelan pil:

  • Bersikaplah ceria dan jangan menekan anak. Jika anak terus berusaha, maka Mama harus berempati padanya dan tersenyumlah. Minta anak untuk rileks, dan beri tahu anak bahwa ia tidak diharuskan untuk mencobanya kecuali sudah siap untuk melakukannya.
  • Berlatih dengan makanan favorit anak adalah sesuatu yang mungkin terbukti bermanfaat dan juga menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak. Coba dengan permen kecil menggunakan metode 'tegukan besar'.
  • Bantu anak berlatih menenggak dan meneguk minuman favoritnya dengan tegukan besar saat ia menundukkan kepala dan kemudian mengangkat dagu.
  • Jika anak tidak nyaman, jangan memaksanya. Anak mungkin menunjukkan kesiapan atau merasa nyaman dengan seluruh proses ketika saatnya tiba untuk bersabar.
  • Berikan apresiasi pada anak setiap kali ia mencoba berusaha, bahkan jika dia gagal. Ini akan mendorongnya untuk berusaha lebih keras di lain waktu.
  • Coba posisi yang berbeda seperti memiringkan kepala ke belakang, memiringkan kepala ke samping, atau memiringkan ke arah dada.

Waktu yang Tepat untuk Mencari Bantuan Medis atau Perlu Menghubungi Dokter

Waktu Tepat Mencari Bantuan Medis atau Perlu Menghubungi Dokter
Freepik/Zulfiska

Kesabaran dan latihan yang rutin dapat membantu anak menelan kapsul, tablet, atau pil. Namun, ada kalanya jika Mama harus mencari bantuan medis atau perlu menghubungi dokter. Berikut beberapa kasus di mana peran dokter dapat membantu:

  • Jika anak memiliki pengalaman buruk sebelumnya dengan menelan pil, yang mungkin menyebabkan muntah atau tersedak.
  • Jika anak termasuk seseorang yang mudah stres atau cemas saat mencoba hal baru.
  • Jika anak mengalami keterlambatan perkembangan, yang mungkin termasuk masalah motorik seperti mulut atau masalah perilaku.
  • Jika anak termasuk dalam salah satu kategori yang disebutkan di atas atau menghadapi masalah apa pun, maka sebelumnya Mama harus berkonsultasi dengan dokter anak. Dokter mungkin menyarankan cara alternatif pemberian obat kepada anak.

Kapan pun Mama ingin mengajari anak tentang menelan pil, pastikan itu adalah pengalaman yang tidak membuatnya stres. Jika anak tidak menunjukkan kesiapan, jangan paksa dia. Kemudian ajak lagi ketika anak sudah siap dan dia akan menelan pil tanpa takut dan rewel.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.