5 Keterampilan Hidup yang Harus Dipelajari Anak Mama

Yuk ajari keterampilan ini, agar Anak Mama terbiasa mandiri sejak dini

24 Desember 2018

5 Keterampilan Hidup Harus Dipelajari Anak Mama
Pxhere.com

Setiap orangtua di manapun pasti ingin selalu memberikan upaya terbaik untuk anaknya. Benar nggak, Ma?

Misalnya, banyak anak yang sering diikutkan bimbel sana-sini, bahkan dicarikan yang paling mahal. Ada juga orangtua yang mendaftarkan Anaknya les musik, hingga memasukkan mereka ke sanggar tari atau klub olahraga.

Di zaman sekarang ini juga banyak dari anak mama yang belajar dari dunia internet, tetapi Mama harus tahu bahwa mereka belum siap untuk mengurai informasi yang berlebihan atau menyimpulkan apakah yang mereka pelajari benar atau tidak.

Dan tahu nggak sih, Ma? Tanpa Mama sadari, kecenderungan ini membuat orangtua lupa untuk mengajarkan hal-hal yang dapat membuat anak menjadi mandiri.

Sebenarnya yang anak mama butuhkan adalah keterampilan yang dapat memudahkan mereka melakukan hal sendiri. Karena, Mama dan Papa tidak selamanya akan mendampingi mereka.

Baru-baru ini diadakan sebuah penelitian oleh perusahaan keamanan online AVG Technologies, diungkapkan bahwa 58 persen anak usia tiga hingga lima tahun di AS tahu cara menggunakan smartphone, namun kurang dari 15 persen dari anak-anak ini yang dapat membuat sarapan sendiri.

Maka dari itu, cobalah untuk tidak memaksa mereka melakukan sesuatu. Sebaliknya, fokuslah pada bagaimana mereka bisa menyelesaikan sesuatu tanpa harus menunggu Mama dan Papa.

Dirangkum dari laman theasianparent.com, berikut Popmama.com sampaikan 5 keterampilan yang harus dipelajari Anak Mama

1. Mencuci baju

1. Mencuci baju
huffingtonpost.com

Ketika anak mama suatu saat nanti melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan mereka harus ngekos ke tempat yang jauh dari jasa laundry, apa yang akan mereka lakukan? Apakah mereka akan memakai satu set pakaian selama berhari-hari?

Maka dari itu, jangan biarkan anak mama seperti itu ya!

Mama bisa mulai mengajari mereka mencuci sejak usia enam tahun, namun dengan pengawasan orang dewasa ya, Ma. Jika mencuci dengan mesin, pastikan memiliki bangku yang siap untuk dipakai anak mama berdiri lebih tinggi. Ajari mereka cara mencuci langkah demi langkah ya, Ma. Mulai dari mengukur dan menambahkan detergen, hingga memilih pengaturan, lalu memulai mesin.

2. Berkebun

2. Berkebun
Pixabay/PublicDomainPictures

Ini adalah sebuah keterampilan yang akan menarik minat anak mama untuk menanam tumbuhan yang dapat mereka konsumsi. Banyak anak yang diajarkan cara menanam benih di kelas. Tapi biasanya, mereka tidak diajari bagaimana cara memindahkan tunas ke kebun. 

Nah, Mama bisa membantu mengajari mereka dengan membaca panduan dari berbagai buku. Salah satunya adalah buku The Book of Gardening Projects for Kids yang mencantumkan langkah-langkah berkebun dalam bukunya.

Editors' Picks

3. Memasak

3. Memasak
Pixabay/Severyanka

Memasak adalah sebuah keterampilan yang sangat penting, Ma. Mengapa begitu, dengan bisa memasak sendiri, anak mama akan terhindar dari makanan-makanan yang tidak terjamin kebersihan dan kesehatannya di luaran sana. 

Untuk memulainya, Mama bisa meminta mereka untuk membantu dalam menyiapkan makanan misalnya membantu mengatur meja. Kemudian, secara bertahap, ajak mereka untuk membantu Mama dalam menyiapkan bahan-bahan, misalnya mengupas beberapa sayuran atau mencucinya.

Ketika anak mama berusia sekitar delapan tahun ke atas, Mama dapat melatih mereka menggunakan pisau. Awasi dan arahkan mereka agar terhindar dari luka.

Hilangkan rasa khawatir bahwa waktu pengerjaan akan lebih lama jika Mama memasak bersama anak. Jangan takut, Ma. Ini adalah waktu ikatan yang baik antara Mama dan si Anak. Apalagi, ketika mereka terbiasa dengan pekerjaan, mereka dapat membantu lebih banyak di masa depan.

4. Membaca peta

4. Membaca peta
Pixabay/Ben_Kerckx

Membaca peta adalah sesuatu yang penting lho, Ma. Jika mereka sudah terbiasa mengerti dan memahami peta, mereka tidak akan tersesat di jalan atau di suatu tempat yang belum pernah mereka kunjungi.

Apalagi jika mungkin anak mama telah mengerti cara memainkan smartphone. Jadi, tidak harus dengan membawa peta yang benar-benar berbentuk peta. Perlu Mama ketahui bahwa ini adalah cara yang bagus untuk mempertajam kemampuan spasial mereka.

5. Pertolongan pertama

5. Pertolongan pertama
keepkidssafe.org

Ini adalah salah satu keterampilan hidup yang paling penting bagi anak mama. Mama dapat membantu mereka belajar bagaimana agar tetap tentang atau tidak panik dan ketakutan ketika anak mama melihat darah. 

Ajari mereka apa yang harus pertama kali dilakukan ketika kecelakaan terjadi. Mama  bisa mengajarkan mereka dengan menggunakan sebuah simulasi. Semakin banyak mereka berlatih, semakin banyak keadaan yang mereka ketahui. Anak mama pun akan  semakin berani dan percaya diri untuk menolong diri sendiri atau menangani orang yang terluka di sekitar mereka.

Mengajarkan keterampilan-keterampilan seperti di atas untuk anak-anak memang bukanlah hal yang mudah, Ma. Tetapi, sangat penting bagi Mama untuk mengajari anak mama, agar mereka dapat mengurus diri sendiri di masa depan.

Selamat mencoba!