Cari Tahu Apa Itu Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Materi Kelas 6 SD

Kira-kira bagaimana ya cara kerja pembangkit listrik tenaga surya?

17 Oktober 2021

Cari Tahu Apa Itu Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Materi Kelas 6 SD
Freepik/wirestock

Tahukah kamu, bahwa energi matahari bisa diubah menjadi energi listrik? Ya, energi matahari adalah pancaran cahaya dan panas dari matahari yang dimanfaatkan dengan menggunakan berbagai teknologi. Matahari telah memberikan banyak sekali manfaat bagi kita sebagai makhluk hidup, salah satunya adalah dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.

Lantas, apa itu pembangkit listrik tenaga surya? Yuk belajar seputar pembangkit listrik tenaga surya bersama Popmama.com. Langsung saja disimak ya!

1. Apa itu pembangkit listrik tenaga surya?

1. Apa itu pembangkit listrik tenaga surya
Freepik/Tbaodatui

Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) merupakan pembangkit listrik yang memanfaatkan paparan cahaya matahari agar dapat menghasilkan arus listrik.

Pembangkit listrik tenaga surya menggunakan panel-panel surya untuk menangkap cahaya matahari sebagai energi utama yang nantinya diubah menjadi listrik.

Pemanfaatan panel surya bisa digunakan untuk menyalakan lampu penerangan jalan, radio pemancar, dan juga perangkat komunikasi. Wah, banyak sekali ya manfaatnya.

Editors' Picks

2. Sejarah pembangkit listrik tenaga surya.

2. Sejarah pembangkit listrik tenaga surya.
Freepik/jcomp

Tenaga listrik yang memanfaatkan cahaya matahari pertama kali ditemukan oleh Alexandre Edmund Becquerel yaitu seorang ahli fisika Perancis pada tahun 1839. Temuannya ini merupakan awal dari perkembangan teknologi solar cell.

Penelitian Bacquerel kemudian dilanjutkan oleh peneliti-peneliti lainnya, yaitu seorang insinyur Inggris Willoughby Smith pada tahun 1873 dan William Grylls dan Richard Evans Day pada tahun 1876. Kemudian pada tahun 1954, cahaya matahari mulai menjadi sumber listrik yang layak untuk digunakan dalam periode waktu yang lama.

3. Bagaimana cara kerja panel surya?

3. Bagaimana cara kerja panel surya
Pixabay/skeeze

Panel surya terdiri dari lapisan tipis yang dapat menyerap dan mengubah cahaya matahari menjadi tenaga listrik. Panel surya terbuat dari silikon yang diberi muatan positif dan muatan negatif. Ketika silikon menangkap cahaya matahari, kemudian akan memicu muatan positif untuk bertemu dengan muatan negatif sehingga terjadilah arus listrik.

4. Kelebihan pembangkit listrik tenaga surya

4. Kelebihan pembangkit listrik tenaga surya
Freepik/kjpargeter

Pembangkit listrik tenaga surya bersifat ramah lingkungan sehingga bisa bisa membantu menyelamatkan lingkungan kita dari polusi. PLTS melalui proses yang tidak melakukan pencemaran udara maupun suara. Selain itu, pembangkit listrik tenaga surya juga tidak menghasilkan sisa emisi yang berbahaya.

5. Manfaat pembangkit listrik tenaga surya

5. Manfaat pembangkit listrik tenaga surya
Freepik/freepik

Pembangkit listrik tenaga surya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, beberapa manfaatnya antara lain:

  • Dapat menyediakan tenaga listrik bagi siapa pun.

  • Bermanfaat bagi kebutuhan rumah tangga.

  • Dapat beradaptasi di iklim apapun.

  • Dapat menyediakan penerangan di daerah terpencil.

  • Dapat menyediakan fasilitas komunikasi di daerah terpencil.

  • Dapat menjadi bantuan pertama saat terjadi bencana.

Nah sudah tahu kan apa itu pembangkit listrik tenaga surya untuk materi kelas 6 SD. Tetap semangat belajar ya! Semoga informasi ini membantu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.