hanco

Khawatir Dengan Masa Depan Anak? Lakukan 5 Langkah ini Saja Ma

Mama nggak perlu khawatir lagi

17 Oktober 2019

Khawatir Masa Depan Anak Lakukan 5 Langkah ini Saja Ma
Shutterstock/Sorapop Udomsri

Mama baru pertama kali punya anak? Atau saat ini Mama tengah bingung dengan perkembangan si Kecil? Tak jarang beberapa Mama memiliki kekhawatiran pada masa depan anak, mulai dari tumbuh kembangnya hingga bingung dengan minat dan bakat si Kecil. Tenang, Mama nggak perlu khawatir. Popmama kali ini akan memberikan 5 tips bagaimana mengarahkan si Kecil demi masa depan yang cerah. Siapa tahu bisa langsung dipraktikkan.

1. Mendeteksi minat dan bakat anak sejak dini

1. Mendeteksi minat bakat anak sejak dini
Shutterstock/People Image Studio

Yang pertama harus Mama cari tahu adalah mengetahui minat dan bakat anak. Biasanya hal-hal kecil berhubungan dengan si Kecil akan menunjukkan ketertarikannya pada suatu minat. Misal si Kecil gemar menggambar, itu merupakan salah satu tanda jika anak Mama punya minat dan bakat di dunia itu. Lain lagi jika ia menunjukkan ketertarikan dengan gemar bernyanyi atau menarik, bisa jadi itu juga petunjuk jika ia punya minat dan bakat di dunia seni. Jadi, Mama sebagai orangtua wajib peka ya.

2. Jangan paksakan anak lakukan apa yang Mama mau

2. Jangan paksakan anak lakukan apa Mama mau
Shutterstock/Makistock

Kedua, jika Mama punya minat di suatu hal, namun Mama tidak bisa melakukannya, jangan paksakan hal itu untuk dilakukan anak Mama ya. Sebaiknya Mama jangan memaksakan anak melakukan apa yang Mama mau. Biarkan si Kecil yang menentukan minat dan bakatnya sesuai apa yang ia mau. Jika Mama sudah tahu, Mama hanya perlu mengarahkan dan membimbing si Kecil sesuai kemauannya.

3. Selalu jaga kebersihan si Kecil sejak dini

3. Selalu jaga kebersihan si Kecil sejak dini
Shutterstock/Mcimage

Ini yang nggak boleh dilupakan oleh Mama. Selain mengetahui minat dan bakat si Kecil, Mama harus selalu menjaga kesehatan si Kecil. Salah satu cara praktis yang harus Mama lakukan adalah menjaga kebersihannya. Biasakan sejak dini agar si Kecil memiliki kebiasaan mencuci tangan agar tidak mudah tertular penyakit. Mama pasti tahu kan banyak penyakit yang mengintai jika kita abai pada kebersihan. 

Editors' Picks

Khawatir Masa Depan Anak Lakukan 5 Langkah ini Saja Ma
Instagram/popmama.parenting.academy

Baiknya sebelum mengajari si Kecil, Mama yang harus menjadi role model terlebih dahulu agar anak mengikuti kebiasaan baik ini dari orangtuanya. Hal itu dijelaskan oleh Psikolog Anak, Saskhya Aulia Prima, dalam acara Popmama Arisan yang digelar di Summarecon Mall Serpong, Sabtu (12/11).

"Misalnya, kita kasih tahu ke anak harus cuci tangan. Anak pasti akan tanya kenapa? Jadi bukan hanya menjelaskan buruknya, tapi harus memberi contoh kepada anak agar mereka lebih mengerti," tutur Saskhya.

Khawatir Masa Depan Anak Lakukan 5 Langkah ini Saja Ma
Instagram/popmama.parenting.academy

Kebiasaan tersebut harus dibarengi dengan dukungan lingkungan sekitar, mulai dari Ayah, serta Kakek dan Nenek. Dengan itu, Mama bisa mengajari perihal menjaga kebersihan sejak dini. Untuk urusan anak, Popmama pasti kasih yang terbaik termasuk lewat pilihan sabun terpercaya, Lifebuoy. 

Sabun Cuci Tangan Lifebuoy merupakan sabun cuci tangan antibakteri yang dapat melindungi Mama dan keluarga dari kuman penyebab penyakit. Edukasi cuci tangan pakai sabun oleh Lifebuoy, sudah menjangkau 1 Milyar orang di dunia. Lifebuoy pun turut menjadi salah satu sponsor dalam acara Popmama Arisan kemarin. Dan pada tanggal 15 Oktober lalu, Lifebuoy juga mengadakan event spesial di SD 01 Besuki Menteng lho. Untuk info lebih lengkapnya bisa cek di sini ya Ma. 

4. Ajarkan sesuai minat dan bakatnya sejak dini

4. Ajarkan sesuai minat bakat sejak dini
Shutterstock/Travelerpix

Nah jika Mama sudah berhasil mengetahui minat dan bakat si Kecil sejak dini, saatnya Mama memberikan dukungan kepada si Kecil. Ajarkan lebih dalam mengenai minat dan bakatnya. Tak lupa berikan pujian atau apresiasi atas usaha yang dilakukan si Kecil ya Ma. Seimbangkan dengan hal-hal lain seperti bermain dengan teman atau menggunakan gadget di bawah pengawasan orangtua.

5. Yakinkan diri jika menjadi Mama adalah sebuah karier yang mulia

5. Yakinkan diri jika menjadi Mama adalah sebuah karier mulia
Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Terakhir nih, Mama sebagai orangtua harus menyadari jika masa depan anak ada di tangan Mama juga. Peran orangtua terutama Mama tak hanya sebagai orang yang melahirkan si Kecil, melainkan juga harus bisa mendedikasikan diri untuk anak. Menjadi seorang Mama adalah karier yang mulia, dan sebisa mungkin membimbing si Kecil menentukan masa depannya. Jadi, mau jadi seperti apa anak Mama, juga tergantung bagaimana Mama mendidiknya sejak awal.

Gimana Ma? Sudah siap membimbing si Kecil menuju masa depan yang cerah?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!