Ini Dia Alasan Kenapa Anak Perempuan Mama Sebaiknya Berolahraga

Yuk, dorong anak perempuan mama aktif berolahraga!

10 Juli 2018

Ini Dia Alasan Kenapa Anak Perempuan Mama Sebaik Berolahraga
thatsfit.com

Hal yang paling mengesankan di era milenial adalah kedudukan perempuan yang sama dengan laki-laki. Banyak bidang kehidupan yang dulu didominasi laki-laki, kini mulai dikuasai perempuan. Salah satunya, bidang olahraga.

Sebenarnya, olahraga itu baik untuk semua orang, tak peduli juga jenis kelaminnya. Jadi, ini 6 alasan kenapa anak perempuan mama sebaiknya bermain olahraga berdasarkan Women’s Sports Foundation seperti dilansir dari laman kidshealth.org.

1. Menjaga kesehatan tubuh

1. Menjaga kesehatan tubuh
maxsportsandfitness.com

Olahraga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ketika anak perempuan melakukannya, mereka akan memiliki daya tahan tubuh yang jauh lebih kuat. Risiko anak perempuan mengalami osteoporosisdan kanker payudara, juga turun karena rajin olahraga.

Selain itu, gerakan-gerakan yang dilakukan saat olahraga pun akan turut menghasilkan kekuatan otot serta menciptakan berat tubuh yang sesuai sehingga meminimalisir kemungkinan obesitas.

2. Terhindar dari risiko gangguan psikologi

2. Terhindar dari risiko gangguan psikologi
schoolatoz.nsw.edu.au

Olahraga memiliki keuntungan yang mengacu pada kondisi mental dan psikologi individu, termasuk anak perempuan mama. Pasalnya, gerakan-gerakan olahraga yang dilakukan memberi reaksi pada kimiawi otak yang meningkatkan perasaan bahagia dan mood positif lainnya.

Alhasil, perasaan stres dan hal-hal negatif lainnya akan berkurang bahkan mampu teratasi ketika Si Anak menghadapi tugas dan tanggung jawab yang berat.

3. Memengaruhi performa di sekolah

3. Memengaruhi performa sekolah
huffingtonpost.com

Olahraga tidak hanya menghasilkan mood positif tetapi juga meningkatkan kinerja pada otak anak. Dengan berolahraga, daya ingat dan konsentrasi semakin baik. Semua itu tentu saja merupakan faktor penting yang membantu anak perempuan berhasil menunjukkan performa terbaik di sekolah.

Saat mereka bisa melakukannya, bagaimana mungkin mereka terjebak dalam perasaan stres dan mood negatif lainnya, bukan?

Editors' Picks

4. Diarahkan pada pencapaian sebuah target

4. Diarahkan pencapaian sebuah target
experiencelife.com

Permainan olahraga pada akhirnya memang merupakan persoalan menang dan kalah, dimana kemenangan merupakan target yang didambakan. Dari situlah, anak perempuan mama secara otomatis terdorong untuk berupaya mencapai target tersebut melalui proses yang bertahap.

Tentu, dalam menjalani proses tersebut, anak mama akan belajar banyak hal mengenai kesabaran, tidak menyerah, dan hal-hal positif lainnya yang membuatnya tetap fokus pada pencapaian sebuah target. Alhasil, hal ini akan berdampak pada pembentukan orientasi dan karakter anak mama dalam menjalani tugas dan tanggung jawab lainnya di kehidupan sehari-hari anak perempuan mama.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

5. Meningkatkan kepercayaan diri
bangordailynews.com

Sebagaimana permainan olahraga menumbuhkan perasaan atau mood positif, kepercayaan diri tentu saja menjadi salah satu wujud dari keadaan psikologi yang akan tercermin sebagai hasil terbaik. Hal ini dikarenakan olahraga yang dijalani secara konsisten akan membuat anak perempuan mama merasakan dirinya sebagai sosok yang semakin berkembang dari hari ke hari.

Melihat perubahan tersebut yang dilaluinya melalui kerja keras, latihan dan langkah yang semakin dekat pada pencapaian target, anak mama pada akhirnya akan percaya diri. Hal ini memberi keuntungan pada sikap yang tidak pantang menyerah dalam kondisi apapun.

6. Membangun sikap kerja sama yang baik

6. Membangun sikap kerja sama baik
alphamom.com

Anak perempuan mama memang masuk ke dalam olahraga sebagai individu. Akan tetapi, permainan olahraga pada akhirnya berbicara mengenai performa tim atau grup yang mengandalkan bentuk kerja sama yang baik. Mulai dari mematuhi instruksi pelatih dengan sikap hormat, bekerja bersama anggota tim lainnya hingga turut berpartisipasi dalam mengajar para pemain junior serta membangun komunikasi dengan senior. Semuanya itu merupakan bentuk dari kerja sama yang di mana hal ini selalu dibutuhkan dalam kehidupan setiap individu di masa kini dan masa depan. Bukan hanya itu, kerja sama bersama tim akan meningkatkan nilai simpati dan empati antara sesama manusia.

Sekarang, Mama tidak perlu risau dan cemas lagi mengenai minat anak perempuan mama yang ingin bergabung masuk ke dalam sebuah tim permainan olahraga. Aktivitas ini memberikan manfaat yang positif untuk Si Anak! Have fun!

Baca Juga: 8 Cara Agar Anak Suka Olahraga

Baca Juga: 10 Jenis Olahraga yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak