5 Game PlayStation 1 Bertema Memancing untuk Melatih Kesabaran Anak

Melatih anak supaya menjadi lebih sabar dengan game memancing, coba ini yuk!

15 Juni 2021

5 Game PlayStation 1 Bertema Memancing Melatih Kesabaran Anak
Freepik/Prostooleh

Kebanyakan dari anak zaman sekarang kurang mengenal dengan game yang dikeluarkan oleh PlayStation (PS), terutama PS1. Mereka lebih familier dengan game online yang dimainkan lewat gawai.

Padahal, game yang disuguhkan oleh PS1 gak kalah menarik dan tidak sedikit juga yang bisa membantu proses tumbuh-kembang anak. Sebagai contoh, game yang bertema memancing akan sangat bermanfaat untuk melatih kesabaran anak.

Nah, kali ini, Popmama.com sudah merangkum 5 buah game PS1 bertema memancing yang bisa dimainkan anak untuk melatih kesabaran. Ada apa saja, ya?

1. Fisherman’s Bait 2

Fisherman’s Bait 2 bukan hanya menyuguhkan pengalaman memancing biasa, tapi dalam permainan ini, anak mama bisa menemui berbagai ikan monster yang tak bisa dijumpai di dunia nyata.

Terdapat 7 buah peta yang harus dikunjungi dan di tiap peta tersebut, ikan-ikan raksasa tertentu wajib untuk ditangkap, seperti ikan coelacanth yang ada di Komoro ataupun rong yuigh di Cina.

Bukan hanya kesabaran anak saja yang dilatih, anak mama juga harus bertarung dengan waktu yang akan mengulang permainan dari awal apabila habis.

2. Saltwater Sportfishing

Ingin merasakan memancing di laut lepas, tapi terhalang karena pandemi? Nah, keinginan anak mama tetap bisa terkabul, kok. Lewat game Saltwater Sportfishing, kita akan menyelami sejumlah perairan untuk memancing aneka jenis marlin dan bahkan hiu.

Sama seperti Fisherman’s Bait 2, game ini juga menuntut kemampuan kecepatan dan time management anak untuk mampu menyelesaikan misi sebelum waktu berakhir.

Ada satu hal yang menarik, nih. Ketika ikan berhasil ditarik, akan terdengar background music (latar musik) sesuai dengan tangkapannya. Jadi, pancing semua ikan untuk mendengarkan musiknya!

Editors' Picks

3. Big Bass Fishing

Dari air asin, kita kembali menyusuri perairan tawar bersama game Big Bass Fishing. Meskipun namanya menunjukkan ikan bass, ada banyak jenis ikan air tawar yang juga bisa dipancing.

Sebagai informasi, Big Bass Fishing dan Saltwater Sportfishing dikembangkan oleh perusahaan yang sama, yakni Coresoft sehingga baik animasi maupun cara bermainnya memiliki beberapa kemiripan, seperti batasan waktu di tiap permainannya.

Terlepas dari itu, lewat game ini, si Anak bisa mengenal beragam jenis ikan beserta ‘monster’ penghuni perairan air tawar.

Bocoran, nih. Anak mama akan menjumpai ikan chain pickerel dan muskellunge yang ukurannya raksasa!

4. Bass Landing

Semisal permainan-permainan tadi belum cukup menantang si Anak, coba rekomendasikan kepadanya untuk bermain Bass Landing. Bisa dibilang, game ini cukuplah rumit karena kita terasa seperti mancing sungguhan.

Kalau untuk game di poin-poin sebelumnya, posisi pemain sudah tetap dan tinggal menunggu keberuntungan saja untuk berhasil menarik ikan. Akan tetapi, di Bass Landing, kita harus mengemudikan perahu untuk menemukan spot/titik tempat ikan berada.

Belum lagi kita harus mengerti umpan yang tepat dan posisi di mana ikan sering berkerumun sehingga kesulitannya semakin ekstra. Gimana? Apakah anak mama berani mencobanya?

5. Reel Fishing 2

Game PS1 bertema memancing yang terakhir adalah Reel Fishing 2. Dirilis pada tahun 2000 silam, game ini menawarkan pengalaman memancing ikan musiman.

Tak tanggung-tanggung, ada 19 map/peta yang bisa dimainkan oleh pemain yang tersebar meliputi laut, rawa-rawa, sungai, hingga danau.

Selain itu, Reel Fishing 2 juga cukup mudah untuk dimainkan dan ditamatkan. Tidak ada batasan waktu yang mengejar si pemain.

Hanya saja, ingatkan selalu anak supaya bersabar karena memang ada jenis ikan tertentu yang sangat sulit didapatkan karena memerlukan trik khusus untuk menangkapnya.

Cara Memainkan Game PS1 di Laptop/Komputer

Cara Memainkan Game PS1 Laptop/Komputer
Freepik

Pastinya, tidak semua keluarga memiliki game consolePS1 berupa barang fisiknya. Kendati demikian, anak mama tetap bisa memainkan game PS1 di laptop/komputer dengan cara mengunduh emulator dan bios PS1-nya terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah yang bisa Mama lakukan untuk membantu anak:

  • Ketik di kotak mesin pencarian Google, ‘downloadpsxfinpc’. Lalu, masuk ke salah satu situs dari hasil pencarian dan unduh emulator psxfin-nya;
  • Biasanya, di tiap situs download emulator, sudah sekaligus tersedia bios dari aplikasinya. Jangan lupa untuk mengunduhnya juga;
  • Kedua file umumnya dalam bentuk rar sehingga setelah berhasil di-download, pindahkan dahulu seluruh file psxfin-nya dengan meng-klik tombol ‘extract to’, lalu pilih folder atau tempat sesuka hati untuk menyimpannya;
  • Selanjutnya, giliran file bios-nya yang perlu diekstrak/dipindahkan. Lakukan hal serupa, namun pilih folder bios yang ada di psxfin sebagai folder tujuannya.
  • Maka, emulator pun sudah bisa dijalankan;

Untuk memainkan game PS1 pada emulator, maka Mama juga harus meng-download terlebih dahulu ISO game-nya. Ikuti tahapan di bawah ini:

  • Pada kotak mesin pencarian Google, ketik nama game yang ingin diunduh. Misalnya, Mama bisa menulis ‘download Reel Fishing 2 ISO’;
  • Setelah selesai mengunduh file ISO-nya, jangan lupa untuk mengekstrak seluruh file-nya ke tempat yang diinginkan;
  • Kemudian, buka kembali emulator dan pilih menu ‘file’ untuk mengklik ‘insert CD image’;
  • Game Reel Fishing 2 pun akan langsung memutar secara otomatis.

Itulah tadi informasi tentang 5 rekomendasi game PS1 bertema memancing yang bisa melatih kesabaran anak. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.