Belum Tentu Buruk, 5 Hal Positif Memiliki Mama yang Bekerja bagi Anak

Mama bekerja tidak selamanya buruk bagi anak, lho

2 Agustus 2021

Belum Tentu Buruk, 5 Hal Positif Memiliki Mama Bekerja bagi Anak
Freepik/Prostooleh

Banyak orang yang masih punya stigma buruk terhadap mama yang bekerja. Mereka menganggap bahwa perempuan karier tidak mampu secara optimal menjalankan peran sebagai orangtua. Pasalnya karena sudah bekerja, fokus yang dimiliki pun terbagi-bagi, yaitu antara menyeimbangkan urusan keluarga dengan pekerjaan.

Kendati demikian, anak yang dibesarkan oleh seorang perempuan karier belum tentu tumbuh menjadi individu yang kurang baik. Nyatanya, terdapat sejumlah hal positif yang akan dipelajari anak ketika memiliki mama yang bekerja.

Apa sajakah hal-hal positif tersebut? Kalau Mama penasaran, berikut Popmama.com sajikan rangkuman informasi tentang 5 hal positif memiliki mama yang bekerja bagi anak. Baca sampai habis ya, Ma!

1. Anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri

1. Anak tumbuh menjadi pribadi mandiri
Pexels/Olia Danilevich

Ada yang bilang kalau meninggalkan anak untuk bekerja akan menyebabkannya menjadi nakal lantaran kurangnya kasih sayang. Padahal, itu tidak sepenuhnya benar ya, Ma.

“Anak yang menerima kasih sayang dan perhatian yang cukup dari keluarga akan terlepas dari berbagai masalah, sekalipun sang ibu harus bekerja di luar rumah," kata Michelle Terry, dokter anak.

Bahkan, anak yang memiliki ibu pekerja memiliki kemungkinan menjadi sosok yang mandiri. Hal ini disebabkan karena sedikitnya bantuan Mama dalam aktivitas sehari-harinya, anak menjadi terbiasa melakukan segala hal sendiri.

Anak mama yang bijak juga akan paham terhadap kesibukan kedua orangtuanya. Lantas, dirinya pun juga mencoba untuk membantu meringankan pekerjaan Mama, misalnya, dengan membereskan ruang tamu.

Editors' Picks

2. Mama menjadi sosok role model

2. Mama menjadi sosok role model
Freepik/Ansiia

Hal positif bagi anak memiliki mama yang bekerja selanjutnya adalah dirinya memiliki role model langsung yang berasal dari rumah. Tentu, memastikan anak memiliki role model yang tepat sangatlah penting.

Mama yang seorang perempuan karier tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Sebab, anak bisa saja menjadikan Mama sebagai role model-nya, lho. Perlu diingat bahwa anak adalah pemerhati yang sangat baik.

Melihat Mama yang bekerja begitu keras seolah mendorong dirinya untuk melakukan hal yang serupa.

3. Menganggap Mama sebagai seseorang yang tangguh

3. Menganggap Mama sebagai seseorang tangguh
Freepik/wayhomestudio

Menjadi orangtua sekaligus perempuan karier bukanlah perkara yang mudah. Jika lengah sedikit saja, Mama dapat berakhir mengacaukan urusan rumah tangga dengan pekerjaan.

Karena senantiasa memerhatikan, anak mama mampu melihat ketekunan dan kerja keras dalam diri Mama. Dirinya lantas menganggap Mama sebagai seorang yang tangguh dan hebat.

Secara spesifik, anak perempuan mama akan mengerti bahwa seorang perempuan juga tetap boleh mengejar karier dan impian.

Untuk anak laki-laki mama pula, ia akan mengerti bahwa butuh kerja sama dalam kehidupan berkeluarga sehingga tugas rumah tangga bukanlah sekadar tanggung jawab perempuan.

4. Anak mama mulai memiliki pandangan tentang masa depannya

4. Anak mama mulai memiliki pandangan tentang masa depannya
Freepik/ArthurHidden

Anak punya pandangan tentang masa depan merupakan salah satu hal positif baginya memiliki ibu pekerja. Menjadikan Mama sebagai role model-nya berarti dirinya kagum terhadap Mama.

Alhasil, tidak heran kalau anak mama tiba-tiba datang dan mengatakan kalau dirinya ingin menjadi seperti Mama ketika besar nanti.

Meskipun terdengar seperti lelucon belaka, hal ini perlu diapresiasi lho, Ma. Sebab di usianya yang masih belia itu, ia sudah punya pandangan dan tujuan tentang hidup.

5. Kerja keras Mama merupakan motivasi baginya

5. Kerja keras Mama merupakan motivasi baginya
Freepik/Valuavitaly

Anak yang memiliki mama yang bekerja mungkin menjadi individu yang mandiri dan memiliki inisiatif. Alhasil, dirinya punya kepercayaan diri lebih terhadap apa yang akan dilakukannya.

Akan tetapi, dengan memerhatikan Mama juga, anak akan paham bahwa butuh perjuangan ekstra jika ingin meraih sesuatu.

Semua kerja keras maupun penat yang Mama tunjukkan selama ini mendorongnya untuk lebih menguatkan hati dan pantang menyerah terutama ketika menghadapi kegagalan.

Itulah 5 hal positif memiliki mama yang bekerja bagi anak. Mulai sekarang, nggak perlu minder lagi dengan mama-mama yang di rumah saja ya, Ma. Buktinya, ada beberapa hal positif yang bisa dipelajari anak ketika Mama bekerja.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.