7 Cara Mencegah Infeksi Lambung pada Anak

Infeksi lambung tidak hanya menyerang orang dewasa saja lho, tapi anak pun rentan mengalaminya

5 Desember 2021

7 Cara Mencegah Infeksi Lambung Anak
Pinterest.com/familie.de

Penyakit infeksi lambung adalah penyakit yang menyerang saluran cerna dalam tubuh. Nah, penyakit ini bukan hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi anak-anak pun rentan lho, Ma dengan penyakit yang satu ini. 

Ada beberapa gejala infeksi lambung yang mungkin bisa dialami anak seperti mual, muntah, tidak nafsu makan hingga mengalami diare. Jika salah satu gejala dirasakan oleh si Anak itu bisa disebabkan karena ia mungkin mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. 

Nah maka dari itu, jangan remehkan kondisi ini ya Ma. Sebab jika tidak ditangani, penyakit ini malah akan menghambat perkembangan si Anak. 

Untuk itu, Popmama.com sudah menyiapkan 7 cara untuk mencegah infeksi lambung pada anak. Mama penasaran? Yuk langsung disimak di bawah ini ya, Ma.

1. Hindari makanan dan minuman ini

1. Hindari makanan minuman ini
Pinterest.com/@Ashley - BakerbyNature

Walaupun si Anak harus sering diberikan makan, Bukan berarti semua makanan dan minuman aman untuk dikonsumsi ketika ia sedang menderita penyakit infeksi lambung ya, Ma.

Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari ketika penyakit infeksi lambung ini sedang di derita oleh anak, Seperti buah-buah yang asam (jeruk dan lemon), cokelat, makanan dan minuman yang mengandung kafein, makanan pedas, permen pedas, dan lainnya. 

5. Hindari memberi makanan anak yang mengandung bahan pengawet kimia

5. Hindari memberi makanan anak mengandung bahan pengawet kimia
Pinterest.com/@alloramii

Pengawet makanan pasti sudah sering kita temui. Sebenarnya sulit sekali untuk menghindari paparannya ketika bahan pengawet ada di berbagai makanan maupun pembungkusnya. 

Apalagi untuk anak-anak yang sangat rentan terhadap berbagai penyakit karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah. Sering kali kita temui anak masih diberi makanan yang mengandung pengawet kimia, Padahal itu bisa berdampak buruk bagi kondisi kesehatan anak.

Ingatlah Ma, bahwa makanan dengan perasa, pewarna, dan pengawet kimia itu dapat menyebabkan penyakit infeksi lambungpada anak. Untuk itu, Hindari makanan tersebut agar tidak membuat si Anak terkena penyakit berbahaya ya, Ma. 

Editors' Picks

2. Berikan anak makanan yang lembut agar mudah dikunyah dan dicerna

2. Berikan anak makanan lembut agar mudah dikunyah dicerna
Pixabay.com/@kkppwoshizhu

Faktor yang membuat si Anak kerap kali mengidap infeksi lambung adalah makanan yang dikonsumsi sulit untuk dicerna. Maka dari itu, Mama perlu memberikan makanan yang lembut, Sehingga mudah untuk dikunyah dan dicerna oleh si Anak. 

Apalagi di usia anak yang masih dalam proses pertumbuhan, Makanan yang dikonsumsi juga harus bertekstur lembut dapat mudah ditelan. 

3. Memberikan porsi sedikit untuk makanan anak, tetapi harus sesering mungkin

3. Memberikan porsi sedikit makanan anak, tetapi harus sesering mungkin
Pixabay.com/@user_id:894430

Dukungan nutrisi itu sangat penting bagi anak-anak untuk menjalani kehidupan sehari-hari mereka, Tetapi untuk anak yang menderita penyakit infeksi lambung harus mengonsumsi makanan dalam porsi yang sedikit namun harus sesering mungkin dalam satu hari ya, Ma. 

Hal ini penting, Supaya anak tetap mendapatkan asupan makanan tanpa berlebihan. Pola ini juga dapat membantu si Anak untuk tetap memperoleh nutrisi dengan baik walaupun dalam kondisi sedang sakit.

Hindari untuk memberikan makanan dalam jumlah banyak kepada anak ya Ma, Apalagi dengan jam makan yang jarang. Misalnya, Dalam sehari si Anak hanya mendapatkan asupan makanan satu atau dua kali saja. 

4. Hentikan pemberian susu untuk sementara waktu

4. Hentikan pemberian susu sementara waktu
Pinterest.com/behance

Susu merupakan salah satu minuman favorit bagi banyak orang, Salah satunya anak-anak. Selain memiliki rasa yang manis, Susu kaya akan zat besi dan bagus untuk tumbuh kembang si Anak. 

Namun, Jika anak sedang menderita infeksi lambung sebaiknya hentikan pemberian susu kepada anak untuk sementara waktu dulu ya Ma, Apalagi jika anak sedang menderita diare yang mana diare itu adalah salah satu gejala dari penyakit infeksi lambung ini. 

6. Saat gejala semakin parah, Mama perlu membawa anak konsultasi ke dokter

6. Saat gejala semakin parah, Mama perlu membawa anak konsultasi ke dokter
Freepik/@snowing

Ketika penyakit infeksi lambung anak mulai semakin parah, Mama perlu membawa si Anak untuk berkonsultasi ke dokter yang tepat untuk menangani hal ini ya, Ma. 

Biasanya yang menjadi tujuan konsultasi adalah dokter umum ataupun dokter anak. Dengan berkonsultasi kepada dokter, Mama akan tahu seberapa parah gejala yang dialaminya dan dokter akan memberikan obat untuk membantu si Anak agar segera pulih dari penyakit tersebut. 

7. Jika anak sudah sembuh, ajak untuk rajin bergerak ya Ma!

7. Jika anak sudah sembuh, ajak rajin bergerak ya Ma
Freepik/master1305

Setelah anak sudah sembuh nanti, Mama bisa ajak ia untuk lebih banyak bergerak ya, Ma. Mama bisa batasi penggunaan gadget dahulu nih agar si Anak bisa bermain hal lain diluar yang membutuhkan banyak pergerakan, Misalnya lari-larian, bersepeda, ataupun kegiatan lainnya.  

Dengan lebih banyak bergerak, Nantinya energi anak akan lebih banyak terkuras sehingga bisa merasakan lapar. Alhasil si Anak tidak akan telat makan lagi dan tidak akan menimbulkan penyakit infeksi lambung lagi deh, Ma. 

Nah itu tadi cara mencegah penyakit infeksi lambung pada anak. Yuk Ma, Mulai perhatikan lagi anak mama supaya nantinya tidak akan menderita penyakit infeksi lambung ini. 

Baca juga : 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.