Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bukan Mimpi Basah, Ini Tanda Pubertas Anak Laki-Laki Menurut Dokter

Kenali tanda pubertas pada anak laki-laki dan kaitannya dengan pertumbuhan mereka

3 Desember 2022

Bukan Mimpi Basah, Ini Tanda Pubertas Anak Laki-Laki Menurut Dokter
Pexels

Pubertas adalah hal yang normal dan pasti terjadi dalam setiap pertumbuhan hidup seseorang. Sebagai orangtua, mengetahui tanda-tanda pubertas pada anak terbilang penting, Ma, Pa.

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah pubertas yang terjadi padanya normal atau tidak,serta mengetahui pertumbuhan anak terkait pubertas tersebut.

Pertanyannya, apakah Mama sudah mengetahui apa saja tanda yang akan muncul ketika anak laki-laki mama mengalai pubertas?

Jika belum dan agar lebih tahu secara jelas, berikut Popmama.com rangkumkan tanda pubertas anak laki-laki menurut dokter

1. Waktu anak laki-laki pubertas

1. Waktu anak laki-laki pubertas
Freepik

Melalui Instagram pribadinya dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K) selaku Dokter Spesialis Anak - Endokrinologi memaparkan dalam sebuah video, tanda pertama dari pubertas anak laki-laki bisa dilihat dari waktu terjadinya pubertas.

Adapun untuk anak laki-laki, biasanya mereka akan mengalami pubertas pada usiakisaran 9 - 14 tahun. Jadi, saat usia anak mama memasuki 9 tahun, biasanya ia akan mulai mengalami pubertas, dan paling telat biasanya terjadi di usia 14 tahun.

Ada pula beberapa anak laki-laki yang juga mengalami pubertas di atas usia tersebut. Namun, secara umum usia pubertas yang mungkin terjadi pada laki-laki adalah di usia 9 - 14 tahun.

2. Tanda pubertas anak laki-laki

2. Tanda pubertas anak laki-laki
Freepik

Selain melihat dari waktu terjadinya pubertas, tanda pubertas anak laki-laki berikutna yang perlu Mama dan Papa ketahui adalah pada pertumbuhan buah zakar mereka.

Dalam video edukasi yang dibagikan dr. Aman beberapa waktu lalu, ia menjelaskan bahwa pembesaran buah ada ukuran yang berbeda pada buah zakar anak laki-laki di setiap pertumbuhannya.

Dijelaskan oleh dr. Aman, pembesaran buah zakar anak laki-laki di awal pubertasnya akan berada di angka 4. Jadi, tanda yang umumnya diketahui adalah pembesaran buah zakar, bukan mimpi basah, ya.

3. Tahapan pubertas anak laki-laki

Lebih lanjut, dr. Aman menjelaskan bahwa pubertas anak laki-laki juga memiliki tahapan pada pertubmuhan buah zakarnya. Di tahap ke-2, ukuran buah zakar anak berkisar 4 - 6 cm. Kemudian di tahap ke-3, yaitu 8 - 10 cm. Lalu di tahapan ke-4, anak mulai mengalami pertumbuhan buah zakar berkisar 12 - 15 cm.

Menurut dr. Aman, pubertas anak laki-laki akan mulai mengalami tahap pertumbuhan di tahap ke-4. Lantas, bagaimana sih cara kita sebagai orangtua menyikapinya?

Pada saat anak mengalami pubertas pertamanya di tahap pertama, pertumbuhan anak biasanya maksimal berada di angka 23 - 37 cm, Ma.

Contohnya, jika anak laki-laki mama pada saat pubertas memiliki festis di tahap 4 dan tinggi badannya saat ini di bawah 140 cm, maka tinggi akhirnya kira-kira sekitar 165 cm. Sementara kalau tinggi badannya 135 cm, maka tinggi badan anak rata-rata nantinya sekitar 160 cm.

Jadi, tanda dari pubertas anak laki-laki bisa dilihat dari pembesaran buah zakarnya di usia 9 - 14 tahun, bukan karena munculnya mimpi basah, ya.

Dengan mengetahui tahapan pubertas di atas, orangtua pun dapat membantu pertumbuhan anak dengan optimal. Jika masih ragu dengan pertumbuhan yang anak alami di usianya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa dipantau tahapan pertumbuhannya ya, Ma, Pa.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk