TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

4 Cara agar Anak Berani Tampil di Depan Umum ala Kak Awam Prakoso

Melatih keberanian diri anak tampil di depan umum, yuk intip tips dari Kak Awam Prakoso

12 Agustus 2022

4 Cara agar Anak Berani Tampil Depan Umum ala Kak Awam Prakoso
Freepik/tirachardz

Setiap anak terlahir dengan sifat yang berbeda-beda. Ada anak yang memang sudah memiliki keberanian sejak dini, namun ada pula yang cenderung pemalu dan menutup diri.

Anak yang tumbuh menjadi sosok pemalu biasanya terbentuk karena pengalaman hidup yang kurang menyenangkan. Bisa juga hal ini terjadi karena memang kebanyakan anak pemalu sudah terlahir dengan bawaan sifat seperti itu.

Sebenarnya, tak ada yang salah kok dengan anak pemalu. Hanya saja, anak dengan sifat ini biasanya cenderung tidak berani untuk tampil di depan umum. Hal ini berkaitan dengan kurangnya rasa percaya diri yang mereka miliki, Ma.

Melansir dari Instagram pribadi miliknya, berikut Popmama.com rangkum beberapa cara agar anak berani tampil di depan umum ala pendongeng Awam Prakoso. Yuk, coba terapkan pada anak-anak di rumah.

1. Selalu ajak anak dalam diskusi keluarga

1. Selalu ajak anak dalam diskusi keluarga
Freepik/tirachardz

Kebanyakan orangtua mungkin masih beranggapan bahwa setiap diskusi keluarga, anak tak wajib untuk diikutsertakan. Padahal, mengikutsertakan anak dalam setiap diskusi keluarga menjadi satu cara terbaik dalam melatih keberanian diri mereka, Ma.

Dijelaskan oleh Kak Awam, cara pertama yang bisa Mama dan Papa lakukan agar anak berani tampil di depan umum adalah dengan ajak mereka untuk ikut di dalam diskusi keluarga.

Mengapa hal ini penting dilakukan? Sebab di dalam sebuah diskusi, orangtua akan mendengar dan menyampaikan pendapat mereka. Pun sebaliknya pada anak-anak. Di sini mereka akan belajar bagaimana mendengar pendapat orang lain, kemudian bagaimana mereka menyampaikan pendapatnya.

Dengan begitu, anak pun akan terlatih untuk bersuara di depan umum karena sudah terbiasa dilibatkan dalam setiap diskusi di dalam keluarganya. Apakah Mama dan Papa sudah menerapkan cara ini?

Editors' Picks

2. Dorong anak untuk mau bercerita

2. Dorong anak mau bercerita
Freepik/Jcomp

Cara selanjutnya yang disarankan oleh Kak Awam adalah dengan mendorong anak untuk mau atau bisa bercerita. Melakukan kebiasaan ini akan membantu anak untuk mulai berani mengutarakan apa yang mereka rasakan.

Mama bisa memulainya dengan hal-hal ringan seperti menanyakan kegiatan yang mereka lakukan saat di sekolah. Dengan memancing anak untuk memulai cerita, mereka pun akan tertantang untuk bercerita lebih banyak kepada orangtuanya.

Cara inilah yang kemudian akan melatih anak untuk berani tampil di depan umum, Ma. Sebab mereka sudah terlatih untuk mau bercerita atau pun berpendapat atas apa yang mereka rasakan.

3. Menyaksikan berbagai macam pentas

3. Menyaksikan berbagai macam pentas
Pixabay/skeeze

Cara lainnya yang bisa Mama dan Papa lakukan untuk membuat anak berani tampil di depan umum adalah mengajak mereka menyaksikan berbagai macam pentas atau pertunjukan.

Selain menjadi kegiatan seru yang menghibur bagi keluarga, mengajak anak menyaksikan pertunjukan juga mampu mendorong mereka untuk berani tampil di depan umum, Ma.

Melalui pertunjukan yang mereka saksikan, anak pun mulai belajar bagaimana caranya berbicara atau bersikap yang baik ketika di hadapan orang lain. Dengan begitu, ini akan membantu melatih keberanian anak mama.

4. Kerucutkan minat dan bakat anak

4. Kerucutkan minat bakat anak
Freepik/tirachardz

Last but not least, orangtua juga perlu mengamati minat dan bakat yang anak miliki sedari dini. Ketika sudah mengetahuinya, cobalah untuk mengerucutkan agar dapat dilatih semaksimal mungkin sesuai keinginan mereka.

Misalnya ketika anak memiliki bakat dalam menggambar dan mewarnai, cobalah untuk mengajak anak mengikuti berbagai kegiatan atau lomba terkait minat dan bakat tersebut. Dengan begitu, anak semakin terlatih keberaniannya untuk memperlihatkan bakat mereka di depan umum.

Demikianlah beberapa cara agar anak berani tampil di depan umum a la pendongeng Awam Prakoso. Dengan cara-cara di atas, diharapkan orangtua bisa melatih kemampuan anak untuk terus melatih keberanian dirinya.

Yuk, mulai terapkan pada anak-anak kita, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk