TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Membuat Desain Baju dari Sketsa Mode yang Bisa Anak Pelajari

Ramai perhelatan Paris Fashion Week, yuk coba ajak anak mama belajar desain baju dari sketsa mode

8 Maret 2022

7 Cara Membuat Desain Baju dari Sketsa Mode Bisa Anak Pelajari
Pexels/cottonbro

Bagi anak mama yang gemar menggambar dan tertarik akan dunia fashion, tentu mereka tak hentinya terpukau dengan seluruh koleksi yang diperlihatkan dalam perhelatan Paris Fashion Week Autumn/Winter 2022.

Perhelatan fashion ternama tersebut digelar mulai tanggal 28 Februari hingga 8 Maret 2022 dengan memperlihatkan berbagai koleksi dari brand kenamaan dunia. Koleksi yang diperlihatkan tersebut sontak mencuri perhatian para fashionista terkait desain pakaian yang digunakan.

Terkait desain pakaian yang digunakan dalam Paris Fashion Week 2022, kali ini Popmama.com akan merangkum cara mudah membuat desain baju dari skesta mode yang bisa anak mama pelajari. 

Selain berguna untuk memudahkan para desainer yang membuat, cara ini juga bisa membantu anak mama untuk belajar menjadi seorang desainer melalui hal-hal mudah dalam pembuatan sebuah desain.

Tanpa berlama-lama, yuk langsung simak artikel di bawah ini sampai akhir ya!

Hal yang harus dipersiapkan

Hal harus dipersiapkan
Freepik/Kbza

Sebelum membuat desain baju menggunakan sketsa mode, ada beberapa hal yang perlu anak persiapkan terlebih dahulu. Di antaranya adalah:

  • Kertas putih untuk alas menggambar.
  • Pensil H atau pensil B bernomor 2 agar mudah dihapus.
  • Pensil B bernomor 4 untuk menebalkan sketsa.
  • Penghapus.

Tips dalam membuat desain melalui sketsa:

  • Cobalah latih diri dalam membuat croquis dengan proporsi yang tepat untuk menghasilkan sketsa yang diinginkan secara sempurna.
  • Cara mudahnya adalah mengunduh croquis sesuai jenis pakaian untuk siapa akan dibuat. Bisa untuk laki-laki, atau perempuan. Anak mama tinggal mencarinya dari internet sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.
  • Cara mudah lainnya adalah menjiplak garis tepi foto model dari sebuah iklan yang ada, kemudian buatlah garis tepi secara halus.

1. Tentukan pose yang diinginkan

1. Tentukan pose diinginkan
Freepik/Master1305

Langkah pertama dalam membuat desain baju melalui sketsa mode adalah menentukan pose apa yang anak inginkan. Untuk permulaan, anak bisa mencoba menggambarkan model yang sedang berdiri atau berjalan seperti meragakan busana. Ini akan membantu memudahkan anak dalam langkah awal pembuatan desain baju.

2. Buat proporsi tubuh dengan garis tipis

2. Buat proporsi tubuh garis tipis
Pexels/cottonbro

Setelahnya, pastikan juga bahwa proprsi tubuh yang dibuat sudah sesuai dari segi perbandingan dan juga kedudukannya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat proporsi tubuh dalam sketsa mode:

  • Buat kepala dan garis tubuh manusia secara halus.
  • Tambahkan bagian dada dan pinggul.
  • Buat memanjang agar menyerupai bentuk tubuh manusia sesungguhnya.
  • Perhatikan juga garis lengkung pada setiap sisi.
  • Jangan lupa membentuk leher dan wajah setiap model yang dibuat.
  • Memulai gambar sketsa tubuh dari kepala hingga kaki.

Editors' Picks

3. Mulai pembuatan busana pada proporsi tubuh

3. Mulai pembuatan busana proporsi tubuh
Freepik/Mego-studio

Jika desain proporsi tubuh sudah selesai dibuat, maka anak bisa memulai pembuatan busana pada proprsi tubuh tersebut. Untuk memudahkan anak, pastikan ia membuatnya dimulai dari bagian atas busana, kemudian turun ke bawah mengikuti pose yang anak gambar sebelumnya.

4. Buat kreasi sesuai keinginan

4. Buat kreasi sesuai keinginan
Freepik/Mego-studio

Sebagai seorang desainer, anak bisa berkreasi menentukan desain pakaian seperti apa yang akan dibuatnya. Untuk itu, kreasikanlah sketsa mode tersebut sesuai dengan keinginan anak. Tipsnya, isilah busana pada bagian-bagian terlipat dengan drape sesuai dengan bentuk pakaian yang akan dibuat dan juga sesuai dengan pose model yang dibuat.

5. Lengkapi detail tubuh model

5. Lengkapi detail tubuh model
Pexels/Andrea Piacquadio

Jika desain baju sudah selesai disketsa, langkah penting selanjutnya adalah menggambar detail tubuh dari model yang dibuat tadi. Misalnya seperti rambut, aksesoris, motif baju, dan lainnya secara lebih detail. Hal ini berguna untuk memudahkan proses penjahitan baju agar lebih detail dan bisa digunakan sesuai model yang diharapkan.

6. Pertebal rancangan sketsa

6. Pertebal rancangan sketsa
Freepik

Jika dirasa sudah cukup puas dengan hasil sketsa yang dilakukan, maka anak bisa melakukan pengecekan ulang dengan menghapus bagian-bagian yang tidak diperlukan dan diakhiri dengan mempertebal rancangan desain menggunakan pensil bernomor tebal seperti nomor 4 yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

7. Pindahkan ke dalam kertas gambar

7. Pindahkan ke dalam kertas gambar
Freepik

Jika sketsa pakaian yang dibuat sudah selesai dan difinalisasi, maka selanjutnya yang dilakukan para desainer adalah memindahkan sketsa tersebut ke dalam kertas gambar yang sesungguhnya. Dengan begitu, maka hasil skesta sudah dipastikan selesai dan siap ke proses selanjutnya yakni penjahitan pakaian dengan para penjahit.

Demikianlah cara membuat desain baju dari sketsa mode yang bisa anak pelajari. Jika anak mama memliki ketertarikan pada gambar dan dunia fashion, mungkin cara di atas bisa membantu mengembangkan kemampuan dan minatnya, Ma. 

Selamat mencoba, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk