Ajarkan Anak 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Sejak Dini

Mulai biasakan merawat giginya sejak dini yuk, Ma

16 Januari 2021

Ajarkan Anak 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Sejak Dini
Freepik/drobotdean

Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi bisa dimulai sejak usia dini. Hal ini berguna agar gigi anak selalu terawat hingga ia dewasa kelak.

Jika tidak dirawat dengan baik, anak akan banyak mengalami permasalahan gigi seperti gigi berlubang. Permasalahan satu ini menjadi masalah yang paling banyak dialami oleh anak-anak atau pun orang dewasa.

Jika gigi berlubang dibiarkan begitu saja, ini akan menyebabkan berbagai komplikasi seperti munculnya rasa nyeri, gigi patah, muncul nanah di sekitar gigi, hingga kesulitan mengunyah makanan.

Sebagai orangtua, penting untuk membantu anak melakukan pencegahan gigi berlubang. Berikut ini Popmama.com telah merangkum 5 cara mencegah gigi berlubang yang bisa Mama ajarkan pada anak mama di rumah.

1. Menggosok gigi

1. Menggosok gigi
Freepik

Di usia anak yang sudah menginjak 6 tahun ke atas, anak-anak sudah terbiasa menggosok giginya sendiri. Namun, Mama masih perlu membantu anak mengaplikasikan pasta gigi serta mengajarkan cara menyikat giginya dengan benar.

Mama bisa menunjukkan cara menyikat gigi yang benar dengan membuat gerakan-gerakan melingkar mulai dari gusi ke enamel – ketika gigi digosok dengan gerakan horizontal – 

Lakukan secara perlahan agar gusi anak tidak tergores dan menyebabkan terluka ya, Ma. Dengan begitu, anak pun akan lebih mandiri melakukannya sendiri tanpa bantuan dan bimbingan Mama lagi.

Lakukan kegiatan menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu pagi hari dan malam hari sebelum anak tidur.

Editors' Picks

2. Membersihkan mulut dan gigi

2. Membersihkan mulut gigi
carefreedental.com

Selain menggosok gigi sebanyak dua kali sehari, penting juga menjaga kebersihan mulut anak, Ma. Sebab mulut menjadi sarang mikroba yang menjadi pemicu kerusakan gigi.

Terlebih ketika anak makan dan minum, kotoran pun akan lebih mudah menempel dan meninggalkan plak. Plak inilah yang membuat mikroba muncul dan membuat mulut menjadi asam.

Asam yang terbentuk dari mikroba nantinya bisa meruskan enamel gigi dan menyebabkan gigi anak berlubang. Itu sebabnya membersihkan gigi secara berkala setelah makan dan sebelum tidur penting dilakukan agar bakteri tersebut hilang.

3. Menggunakan mouthwas

3. Menggunakan mouthwas
playgrounddad.com

Setiap bagian dari gigi tentunya memerlukan pembersihan secara rutin. Namun, menggosok gigi saja ternyata kurang efektif dalam membersihkan kotoran pada gigi. 

Untuk anak usia 7 tahun ke atas, Mama bisa mengajarkan penggunaan mouthwash atau obat kumur sebagai perawatan gigi ekstra setelah sikat gigi.

Penggunaan mouthwash ini dapat membantu anak membersihkan kotoran di sela-sela gigi yang sulit ia jangkau, serta membantu membuat mulut anak jauh lebih segar setelahnya.

Namun sebelum memberikan mouthwash pada anak, pastikan ia melakukannya dengan benar sesuai yang Mama ajarkan ya. Hal ini guna menghindari mouthwash yang tertelan oleh anak.

4. Mengurangi konsumsi manis dan asam

4. Mengurangi konsumsi manis asam
Freepik/senivpetro

Makanan manis dan asam identik sebagai makanan kesukaan anak-anak. Namun, hal ini harus lebih diperhatikan untuk kebersihan giginya, Ma.

Sebab, zat manis dan asam dapat menempel lama di air liur, yang pada akhirnya mengundang mikroba perusak gigi dan menimbulkan gigi anak berlubang.

Tak masalah jika anak mama gemar mengonsumsi manis dan asam, namun ada baiknya jumlah konsumsinya dikurangi ya, Ma.

Sebagai gantinya, berikan anak air putih yang banyak untuk menghilangkan sisa-sisa gula dan zat asam yang menempel di mulut atau gigi mereka setelah mengonsumsinya.

5. Rutin periksa gigi

5. Rutin periksa gigi
Pexels/Pixabay

Setelah semua cara di atas sudah dilakukan, cara paling ampuh lainnya adalah mengajak anak memeriksakan giginya secara rutin ke dokter gigi.

Melalui pemeriksaan rutin, maka Mama dapat mengetahui persis bagaimana kondisi gigi dan mulut anak. Pemeriksaan ini juga akan membantunya menjaga kebersihan mulut dan gigi yang baik dan benar sesuai anjuran dokter gigi.

Sejak usia dini, anak sudah harus diajak memeriksakan giginya ke dokter gigi, Ma. Dengan begitu, anak akan terbiasa melakukannya untuk kebersihan dan kesehatan giginya.

Itu tadi 5 cara mudah yang bisa Mama ajarkan pada anak untuk mencegah gigi berlubang. Semoga informasinya bermanfaat dan dapat diterapkan pada anak-anak mama ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.