5 Cara Mendidik Anak Perempuan agar Lebih Mandiri

Latih kemandirian anak agar tak selalu bergantung pada orangtua

13 Mei 2022

5 Cara Mendidik Anak Perempuan agar Lebih Mandiri
Pexels/Ron Lach

Memberikan pengasuhan pada anak adalah hal yang wajib orangtua lakukan. Namun, Mama dan Papa juga perlu menyadari bahwa anak harus dibiasakan untuk hidup mandiri agar saat dewasa nanti, mereka tak selalu bergantung pada orangtua.

Pada artikel berikut ini, Popmama.com akan mencoba merangkumkan cara mendidik anak perempuan agar lebih mandiri saat dewasa nanti. Caranya pun bisa dilakukan melalui kegiatan sederhana yang ada di rumah, Ma.

Dengan mengajarkan kemandirian sejak dini, anak pun diharapkan mampu menyelesaikan masalah dengan baik, bertanggung jawab, memiliki rasa percaya diri tinggi, serta belajar untuk menjadi seorang mama kelak nanti.

Yuk, simak beberapa cara mendidik anak perempuan agar lebih mandiri yang bisa Mama dan Papa lakukan seperti penjelasan di bawah ini.

1. Menjaga adiknya

1. Menjaga adiknya
Freepik/user850788

Jika anak perempuan mama merupakan anak tertua dalam keluarga, maka cara mudah yang bisa dilakukan adalah memintanya membantu menjaga sang adik.

Selain melatih kemandirian, anak pun bisa melatih rasa tanggung jawab dan kedewasaan mereka dengan turut serta mengurus si Kecil di rumah.

Bisa jadi cara tingkatkan bonding antara saudara juga, lho!

Editors' Picks

2. Berikan tanggung jawab pekerjaan rumah

2. Berikan tanggung jawab pekerjaan rumah
Freepik/user15285612

Di usia anak yang mulai tumbuh remaja, orangtua bisa mencoba memberikan mereka tanggung jawab untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Misalnya seperti mengajarkan anak membersihkan tempat tidurnya sendiri. 

Selain memberikan rasa tanggung jawab dan kemandirian pada anak, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak karena mereka menyadari pekerjaan yang dilakukan telah memberikan kontribusi bagi keluarga.

3. Ajak anak membuat rutinitas

3. Ajak anak membuat rutinitas
Pexels/Ivan Samkov

Menetapkan dan membuat rutinitas bisa menjadi cara yang efektif dalam mengejarkan sesuatu yang baik pada anak.

Dengan begitu, anak pun bisa mengetahui hal-hal apa saja yang harus mereka prioritaskan untuk dikerjakan sesuai urutannya mulai dari pagi hingga malam hari.

Cara ini akan membuat anak perempuan mama lebih mandiri dan bertanggung jawab akan dirinya sendiri.

4. Menyelesaikan tugas sekolah sendiri

4. Menyelesaikan tugas sekolah sendiri
Freepik/dikushin

Anak yang terbiasa mengerjakan tugas dengan bantuan Mama dan Papa tentu tidak akan membuatnya menjadi pribadi yang mandiri. Untuk itu, cobalah membiarkan anak menyelesaikan tugasnya sendiri agar tidak terus menerus bergantung pada orangtua.

Jika memang anak mama tidak bisa menyelesaikannya sendiri, Mama cukup memberikan arahan apa yang harus mereka lakukan.

Cara ini bisa membantu anak untuk meningkatkan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan permasalahan, Ma.

5. Ajak anak berpikir mandiri

5. Ajak anak berpikir mandiri
freepik/tirachardz

Hal penting lainnya adalah menerapkan jiwa mandiri pada anak sedari dini. Jika anak diberikan pemikiran demikian, maka mereka pun bisa lebih mudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengajarkan anak berpikir mandiri bisa dimulai dengan mengajak mereka memikirkan berbagai hal dan menentukan pendapat dari segi pikirannya sendiri.

Mendidik anak perempuan untuk tidak selalu bergantung pada orangtua memang tidaklah mudah, namun dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan seperti di atas, bukan tidak mungkin anak akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bertanggung jawab akan dirinya sendiri.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa diterapkan pada anak perempuan mama di rumah, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk