TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Mengajarkan Anak Membaca Bahasa Inggris, Mulai Sejak Dini!

Yuk, mulai latih kemampuan membaca bahasa Inggris anak dengan cara-cara ini

14 September 2022

7 Cara Mengajarkan Anak Membaca Bahasa Inggris, Mulai Sejak Dini
Freepik/freepik

Bahasa Inggris menjadi bahasa asing yang paling sering digunakan setelah bahasa ibu. Mempelajari bahasa Inggris sendiri bisa orangtua ajarkan pada anak sedari dini, Ma.

Sebelum mempelajarinya, orangtua perlu mengetahui bahwa ada berbagai macam hal yang perlu diajarkan pada anak dalam menguasai bahasa Inggris, salah satunya yang utama adalah membaca.

Butuh waktu, serta kesabaran ekstra untuk mengajak anak mama dalam membaca bahasa Inggris. Namun, kunci penting lainnya adalah dengan tidak memaksa dan membuat mereka merasa tertekan.

Lakukanlah dengan cara yang menyenangkan agar anak menikmati pembelajaran yang diajarkan, dan pelajaran yang diberikan pun menjadi lebih mudah diserap oleh mereka, Ma.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan orangtua? Berikut Popmama.com rangkum beberapa cara mengajarkan anak membaca bahasa Inggris. Yuk, mulai sejak dini!

Memahami Keterampilan Sebelum Mengajarkan Membaca

Memahami Keterampilan Sebelum Mengajarkan Membaca
Freepik/pvproductions

Sebelum memulai tahapan apa saja yang perlu dilakukan dalam mengajarkan anak membaca bahasa Inggris, hal pertama yang penting dan harus Mama pahami adalah mengetahui apa saja keterampilan yang ada dalam mengajarkan anak membaca.

Tak hanya membaca bahasa Inggris, tetapi juga bisa jadi pedoman untuk mengajarkan anak membaca secara keseluruhan. Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Memahami kesadaran fonemik atau bunyi bahasa
    Ini adalah kemampuan mendengar dan memanipulasi suara yang ada disekitar. Misalnya saja ketika anak mama mendengar bunyi 'than' dan 'then'. Meski dalam pelafalannya sama, namun kedua kata tersebut memiliki perbedaan makna. Di mana 'than' artinya dibandingkan, sementara 'then' artinya kemudian.
  2. Fonik/metode mengenal kata dari gabungan huruf vokal dan konsonan
    Berikutnya adalah fonik, metode membaca dari bunyi huruf yang berkaitan dengan kata. Keterampilan ini akan membantu anak melafalkan kata yang memiliki bunyi gabungan huruf serupa. Misalnya, seperti penggabungan huruf 'sh' dalam kata 'she', 'share', 'shading', dan lainnya.
  3. Kosakata 
    Kosakata atau vocabulary juga menjadi keterampilan yang perlu dimiliki anak untuk bisa membaca. Sehingga anak dapat dengan mudah mendefinisi kata, maksud dan konteks setiap kata yang ditemukan dalam bacaan.
  4. Kelancaran
    Selanjutnya kemampuan membaca dengan lantang, cepat, serta dengan pemahaman dan ketepatan juga jadi keterampilan lainnya yang diperlukan untuk melatih anak membaca
  5. Pemahaman membaca
    Anak juga perlu memahami isi atau makna dari sebuah kata atau kalimat yang ada dalam bacaan buku, baik itu buku pelajaran atau buku cerita. 

Nah, jika beberapa keterampilan di atas sudah dimiliki anak mama, maka mengajarkan membaca bahasa Inggris pun akan menjadi lebih mudah untuk anak kuasai. Berikut adalah beberapa cara mengajarkan anak membaca bahasa Inggris:

1. Berbicara secara perlahan dan jelas

1. Berbicara secara perlahan jelas
Pexels/Ron Lach

Cara mengajarkan anak membaca bahasa Inggris yang pertama dan utama adalah dengan berbicara menggunakan bahasa tersebut secara perlahan dan jelas. Jika anak baru mempelajarinya, maka yang perlu dilakukan adalah melakukannya secara perlahan.

Tujuannya adalah agar anak bisa memahami apa yang Mama sampaikan, serta bisa mengingat setiap kata yang terucap dengan baik. Selain itu, cara ini juga akan memudahkan anak untuk memahami setiap kalimat yang diucapkan.

Cara satu ini bisa orangtua mulai sejak usia balita. Meski anak belum bisa baca tulis, namun berbicara bahasa Inggris secara perlahan dan jelas akan melatih anak untuk lebih mudah belajar membaca dan menulis dalam bahasa Inggris.

2. Bermain permainan kata

2. Bermain permainan kata
freepik/tirachardz

Seperti yang kita ketahui, dunia anak adalah dunia bermain. Nah, cara selanjutnya yang bisa Mama lakukan adalah dengan menggunakan permainan sebagai media belajar yang menyenangkan untuk mengajarkan anak.

Salah satu permainan mengajarkan anak membaca dalam bahasa Inggris adalah melalui permainan kata, atau bisa juga memanfaatkan magnet huruf. Mama bisa menyebutkan suatu kata sederhana kepada anak, lalu minta mereka untuk menyusun kata yang tadi sudah Mama ucapkan menggunakan magnet huruf yang ada.

Editors' Picks

3. Menggunakan lagu dan kata berirama

3. Menggunakan lagu kata berirama
Freepik/Cookie-studio

Selain melalui permainan, Mama juga bisa mengajarkan mereka dengan menggunakan lagu dan kata berirama. Dengan begitu, anak nantinya akan terbiasa untuk mendengarkan bunyi dan suku kata di dalam kata-kata.

Agar kegiatan belajar dengan cara ini menjadi lebih menyenangkan, Mama bisa melakukannya sambil meminta anak bertepuk tangan sesuai dengan ritme yang ada.

Selain melatih anak mendengarkan bunyi dan suku kata, cara ini juga akan mengembangkan kesadaran fonemik mereka, sehingga lebih memudahkan anak dalam membaca, serta membuat bonding orangtua dan anak menjadi lebih kuat.

4. Membacakan buku cerita bahasa Inggris

4. Membacakan buku cerita bahasa Inggris
Pexels/RODNAE Production

Cara mengajarkan anak membaca bahasa Inggris berikutnya adalah dengan membacakan buku cerita yang menggunakan bahasa Inggris. Meski usia anak sudah memasuki usia sekolah, nggak ada salahnya lho membacakan cerita kepada mereka.

Selain melatih kemampuan membaca dan mendengarkan bahasa Inggris, cara ini juga bisa membangun ikatan kuat antara Mama dan anak yang sudah memasuki usia sekolah.

Agar anak lebih mudah menyerap informasi dari setiap bacaan yang didengarnya, Mama bisa membacakan buku cerita di malam hari menjelang tidur. Sebab waktu ini disebut cukup efektif dan bacaan yang mereka dengar dapat lebih mudah diingat.

Selain membacakan buku cerita, Mama juga bisa memberikan pertanyaan sederhana yang ada di dalam buku. Misalnya menunjuk sebuah gambar dan bertanya, “Do you see the bird? What color is the house?”. Atau menggunakan pertanyaan yang lebih kompleks seperti, “Why do you think the deer was angry?” 

5. Banyak bicara

5. Banyak bicara
Freepik/Pch.vector

Tak hanya membacakan buku, cara lain yang bisa Mama lakukan untuk mengembangkan kemampuan membaca anak adalah dengan berbicara. Di usianya yang masih sangat muda, mereka akan cepat menyerap banyak hal dari apa yang didengarnya.

Cobalah untuk mengajak anak berbicara setiap hari dan dengan suara yang seperti biasanya. Selain melatih kemampuan membaca, ini juga akan meningkatkan kemampuan menyimak, membentuk kalimat, serta terbiasa menggunakan kata yang digunakan sesuai konteks.

Nggak harus menggunakan buku cerita, Mama bisa kok mengajak anak bercerita banyak hal. Misalnya menanyakan, "What did you do today in school?". Melalui cara ini, anak juga akan lebih memperkaya kosakata yang mereka miliki, Ma.

6. Mendaftarkan anak ke pendidikan formal

6. Mendaftarkan anak ke pendidikan formal
Pexels/Julia M Cameron

Jika memungkinan, Mama juga bisa mendaftarkan anak untuk mendapat pelajaran tambahan bahasa Inggris melalui pendidikan formal yang ada. Cara ini biasanya dilakukan banyak orangtua ketika anaknya sudah memasuki usia sekolah, antara usia 6-9 tahun.

Di usia ini, anak masih lebih mudah menyerap informasi yang ia terima, Ma. Selain itu, melalui pendidikan formal juga mereka akan diajarkan membaca, menulis, dan berbicara bahasa Inggris dengan lebih serius dan juga tersistem.

Sebelum mendaftarkan anak pada tempat-tempat yang mengedepankan bahasa Inggris, pastikan juga anak mengikutinya tanpa paksaan ya, Ma. Dengan begitu, mereka pun bisa enjoy mempelajarinya tanpa merasa ada tekanan.

7. Tetap sabar dan tidak memaksa anak

7. Tetap sabar tidak memaksa anak
Freepik

Mengajarkan anak membaca memang menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan kesabaran. Namanya belajar, tentu memerlukan proses dan tahapan yang panjang, Ma.

Kita tidak bisa berharap bahwa anak langsung dapat membaca bahasa Inggris dengan lancar dan tepat dalam waktu tertentu. Perlu orangtua pahami bahwa setiap anak memiliki cara belajar dan waktu yang berbeda.

Ketika cara-cara di atas telah dilakukan, cara yang tak kalah penting adalah orangtua harus terus sabar dan berusaha membuat kegiatan membaca menjadi menyenangkan. Perlahan tapi pasti, anak pun bisa mudah memahami dan lancar dalam membaca bahasa Inggris.

Itulah beberapa cara mengajarkan anak membaca bahasa Inggris yang bisa orangtua terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat dalam mengajarkan buah hati kita ya, Ma, Pa. Tetap semangat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk