Nggak Perlu Beli, Yuk Ajak Anak Buat Kaos Tie Dye Sendiri di Rumah

Bisa jadi ide berkreasi bersama anak nih, Ma

8 Januari 2021

Nggak Perlu Beli, Yuk Ajak Anak Buat Kaos Tie Dye Sendiri Rumah
Atcharlotteshouse.com

Beberapa waktu lalu, trend kaos tie dye sempat ramai dicoba banyak orang lantaran beragam warna yang dapat dikreasikan. Trend satu ini pun sampai sekarang masih banyak diminati oleh beberapa orang.

Nggak hanya mengikuti trend saja, Ma. Membuat kaos tie dye bisa menjadi kegiatan seru dan menyenangkan yang dapat dilakukan bersama buah hati di rumah. 

Meski Mama dan Papa tidak begitu memahami cara pembuatannya, tak perlu takut karena pembuatan kaos tie dye sendiri sangat mudah dilakukan. Terlebih, kegiatan bermain warna ini bisa menjadi waktu bersenang-senang bersama anak ketika di rumah saja.

Nggak perlu beli baju baru, Mama bisa mengajak anak mengkreasikan kaos yang akan diwarnai dengan warna kesukaannya. Hasilnya pun bisa dijadikan kaos keluarga yang sangat menggemaskan.

Lantas, bagaimana cara membuatnya? Yuk, ikuti langkah cara membuat kaos tie dye di rumah yang sudah Popmama.com siapkan berikut ini.

Editors' Picks

1. Bahan serta alat yang dibutuhkan

1. Bahan serta alat dibutuhkan
Happinessishomemade.net

Pertama yang perlu Mama siapkan adalah kaos warna putih polos yang akan dikreasikan sesuai warna kesukaan anak mama.

Selain kaos, Mama juga perlu menyiapkan pewarna kain, botol plastik dengan ujung aplikator, karet gelang (sekitar 4-7 untuk setiap baju yang akan dibuat), sarung tangan plastik, rak kawat, tisu, alas kaos bisa menggunakan plastik besar atau kain lama yang sudah tak terpakai.

Ajak anak memilih warna apa yang akan ia kreasikan untuk diwarani pada kaos nanti. Mama bisa mengajak anak membuat kaos tie dye dengan warna seragam, atau pun dicampur warna lain.

Tips untuk Mama jika bingung membeli perlengkapan untuk membuat kaos tie dye, Mama bisa kok langsung membeli tie dye kit yang saat ini banyak dipasarkan secara online.

2. Lakukan di tempat terbuka

2. Lakukan tempat terbuka
Happinessishomemade.net

Sebelum memulai proses pewarnaan pada kaos, Mama dan anak bisa menyiapkan seluruh bahan di tempat terbuka yang cukup lebar dan aman, misal di halaman rumah, garasi, atau teras rumah.

Selain itu, Mama juga bisa menyediakan plastik besar atau kain lama yang akan digunakan sebagai pelindung kaus saat diwarnai nanti.

Siapkan juga handuk atau seprai lama sebagai pelindung kaus yang akan diwarnai. Kemudian, tempatkan kaos yang akan diwarnai di wadah plastik cukup besar seperti baskom atau ember.

3. Cara membuat kaos tie dye

3. Cara membuat kaos tie dye
Momtastic.com

Setelah semua sudah siap, selanjutnya Mama bisa langsung mengajarkan anak step by step pembuat tie dye sebagai berikut ini:

  1. Alasi permukaan dengan plastik besar atau kain, kemudian siapkan semua bahan.
  2. Basahi kaos terlebih dahulu dengan air bersih dan peras sebelum dilipat.
  3. Lipat dan ikat bagian kaos yang akan diberi pewarna dengan karet gelang. Pada bagian ini, Mama bisa mengajak anak menyesuaikan apakah ia mau diwarnai vertikal, spiral, atau bulat bulat. 
  4. Setelah bagian yang akan diberi warna sudah diikat dengan kuat, selanjutnya siapkan pewarna kain. Ajak anak menggunakan sarung tangan pelindung sebelum memulai pewarnaan. Kemudian tambahkan air ke botol pewarna sesuai instruksi, goyangkan botol agar seluruh bahan tercampur.
  5. Selanjutnya letakan beberapa lapis koran atau kertas tisu di bawah rak kawat untuk digunakan sebagai area penjemuran pertama.
  6. Sebelum diwarnai pastikan kaos dalam keadaan basah namun tidak menetes air. Lalu tempatkan kaos yang diikat di rak kawat dan mulailah mewarnai satu bagian sekaligus.
  7. Langkah selanjutnya bungkus kaos yang sudah diwarnai dengan plastik dan biarkan selama kurang lebih 6 jam.
  8. Setelah sudah didiamkan beberapa jam, bilas dan cuci baju. Mama bisa menggunakan air panas dan menambahkan sedikit detergen. Baru keringkan dan jemur kaos tie dye sebelum bsia digunakan anak.

Nah, itu dia cara mudah mengajarkan anak membuat kaos tie dye sendiri di rumah. Nggak perlu takut salah, Ma. Jadikan kegiatan membuat kaos tie dye ini sebagai kegiatan edukasi bermain warna yang menyenangkan bersama anak.

Semoga informasi cara membuat kaos tie dye bermanfaat dan selamat mencoba bersama buah hati tercinta ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.