Ajarkan Anak Manfaatkan Kaos Lama Menjadi 5 Barang Bermanfaat

Kaos lama tak terpakai bisa dimanfaatkan kembali lho, Ma

9 Januari 2021

Ajarkan Anak Manfaatkan Kaos Lama Menjadi 5 Barang Bermanfaat
Weekendnotes.com

Mama dan anak punya banyak koleksi kaos namun sudah lama tak terpakai? Jika masih layak pakai, mungkin tumpukan kaos tersebut bisa Mama dan anak sumbangkan kepada yang membutuhkan.

Namun jika kaos yang sudah tak layak pakai, jangan buru-buru dibuang, Ma. Yuk, coba kreasikan ide daur ulang dari kaos lama menjadi kreasi baru yang bermanfaat dan dapat digunakan sehari-hari.

Selain itu, kegiatan daur ulang dengan kaos lama ini juga bisa dimanfaatkan Mama sebagai kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu luang selama di rumah saja. 

Tertarik mencoba kegiatan satu ini, Ma? Jika iya, berikut ini Popmama.com telah menyiapkan 5 ide daur ulang yang bisa dibuat dari kaos lama tak terpakai. Yuk, ajak anak mengerjakannya bersama!

1. Tas belanja

1. Tas belanja
Amazon.com

Agar lebih ramah lingkungan, saat ini pemerintah memberlakukan tiadanya kantong plastik ketika berbelanja. Nah, kaos-kaos tak terpakai di rumah bisa lho dijadikan alternatif untuk tas belanja.

Dengan begitu, Mama sudah ikut berpartisipasi dalam membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Anak pun akan terbiasa sejak dini untuk ikut melakukan hal yang sama.

Cara membuat tas belanja dengan kaos lama pun cukup mudah, Ma. Caranya cukup menggunting-gunting kaos lama hingga membentuk pola tas yang telah disesuaikan, kemudian jahit hingga menjadi satu kesatuan. Mama bisa menambahkan kancing atau resleting pada bagian penutup tas agar lebih aman.

Mudah dan bermanfaat banget kan, Ma?

Editors' Picks

2. Pengait masker

2. Pengait masker
Youtube.com/Kreasi Nyonya Liang

Di tengah kasus Covid-19 yang semakin bertambah setiap harinya, semua orang kembali digalakkan untuk menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan selalu menggunakan masker.

Untuk Mama dan anak perempuan mama yang mengenakan hijab, kaos-kaos lama tak terpakai juga bisa lho dimanfaatkan sebagai pengait masker ketika digunakan.

Daripada beli, yuk coba buat bersama!

Caranya mudah kok, Ma. Mama dan anak hanya perlu menggunting sedikit bagian kaos. Gunting dengan ukuran memanjang kurang lebih 6-8 cm, Mama bisa menyesuaikan dengan ukuran anak ketika menggunakan masker.

Setelah terpotong rapih, lipat menjadi dua tumpuk agar pengait masker lebih tebal dan jahit untuk merapihkannya. Dibagian ujung atas dan bawah pengait masker, beri kancing untuk memudahkan masker terkait saat digunakan.

Untuk mempercantik pengait masker, Mama juga bisa membiarkan anak menambahkan hiasan seperti manik-manik dibagian yang kosong. Pengait masker pun siap anak gunakan!

3. Baju untuk hewan piaraan

3. Baju hewan piaraan
Diyprojects.com

Jika anak mama memiliki kucing atau anjing piaraan, kaos lama tak terpakai yang ia miliki bisa juga dimanfaatkan sebagai baju untuk hewan piaran mereka itu, Ma.

Hewan piarannya akan terlihat lebih menggemaskan ketika mengenakan pakaian yang telah disiapkan. Selain lebih menggemaskan, tentunya tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli.

Caranya, pertama buat pola sesuai ukuran hewan piaraan anak, kemudian letakan pola pada kaos dan gunting sesuai pola yang telah dibuat.

Setelah guntingan pola sudah siap, Mama bisa membantu anak menjahitnya agar menyerupai baju yang bisa digunakan kepada hewan piaraan anak.

Dijamin peliharaan kesayangan anak mama akan lebih menggemaskan!

4. Pita rambut atau bandana

4. Pita rambut atau bandana
Trinketsinbloom.com

Mama memiliki anak perempuan yang senang dengan aksesoris rambut? Jika iya, yuk ajak anak membuat pita rambut atau bandana yang dibuat dari kaos lama tak terpakai.

Alih-alih membeli aksesoris rambut baru, memanfaatkan kaos lama tak terpakai bisa jadi alternatif nih, Ma.

Caranya juga mudah, cukup gunting kaos lama menjadi potongan yang panjang kemudian jahit agar lebih rapih. Mama juga bisa meminta anak menambahkan hiasan seperti kancing atau manik-manik untuk mempercantik pita rambut atau bandana.

5. Sarung bantal

5. Sarung bantal
Alyssaandcarla.com

Selain dari kain perca, Mama juga bisa kok mengajarkan anak membuat sarung bantal dari kaos lama yang sudah tak terpakai. Daripada membeli baru, manfaatkan kaos lama yang menumpuk saja yuk, Ma.

Caranya pun cukup mudah. Pertama gunting kaos menjadi bentuk kotak atau sesuaikan dengan bantal yang ada di rumah. Setelah itu, gunting bagian ujung-ujungnya sebagai batas membuat aksen rumbai.

Lalu, gunting setiap sisi hingga berbentuk rumbai. Terakhir, ikat bagian aksen rumbai tanpa perlu dijahit. Namun jika ingin dijahit agar lebih rapih pun bisa kok!

Nah, itu tadi 5 ide daur ulang dari kaos lama tak terpakai yang bisa dicoba bersama anak di rumah.

Jika kaos di rumah sudah tak terpakai, jangan buru-buru dibuang ya, Ma. Manfaatkan menjadi barang-barang bermanfaat seperti di atas yuk!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.