5 Cara Merayakan Imlek di Tengah Pandemi Bersama Anak di Rumah

Tetap perhatikan protokol kesehatan demi keamanan anak dan keluarga ya!

27 Januari 2022

5 Cara Merayakan Imlek Tengah Pandemi Bersama Anak Rumah
Pexels/HONG SON

Hari Raya Imlek 2022 sudah di depan mata. Setiap masyarakat Tionghoa di seluruh dunia umumnya merayakan Imlek dengan berkumpul bersama keluarga besar dan melakukan berbagai tradisi lainnya bersama.

Namun, pandemi Covid-19 hingga kini belum juga mereda. Sehingga masyarakat kembai dihimbau untuk tetap merayakannya bersama keluarga di rumah demi keamanan bersama.

Agar perayaan Imlek tetap meriah di tengah pandemi, berikut Popmama.com rangkumkan cara merayakan Imlek di tengah pandemi bersama anak dan keluarga di rumah.

1. Gunakan pakaian serba merah

1. Gunakan pakaian serba merah
Pexels/RODNAE Production

Hal utama yang tak pernah absen dalam perayaan Imlek adalah penggunaan warna merah, salah satunya adalah pakaian yang identik serba merah.

Di mana warna merah sendiri memiliki beberapa makna baik seperti kegembiraan dan keberuntungan, serta dipercaya mampu mengusir Nian atau makhluk buas.

Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya menghindari penggunaan pakaian yang terlalu banyak berwarna hitam. Sebab masyarakat Tionghoa meyakini bahwa warna ini melambangkan nasib buruk, bahkan kematian, Ma.

Editors' Picks

2. Membersihkan rumah bersama

2. Membersihkan rumah bersama
Freepik

Dalam setiap penyambutan hari raya tertentu, masyarakat Indonesia umumnya akan melakukan sesi bersih-bersih rumah untuk menyambut sanak saudara yang akan datang berkunjung.

Meski masih belum bisa berkunjung atau dikunjungi, namun kegiatan membersihkan rumah masih bisa dilakukan untuk menyambut Imlek, Ma. Caranya adalah dengan mengikutsertakan anak mama agar kegiatan bersih-bersih rumah menjadi lebih menyenangkan.

3. Ajak anak memasang dekorasi Imlek

3. Ajak anak memasang dekorasi Imlek
Pinterest

Selain membersihkan rumah, Mama juga bisa mengajak anak untuk memasak dekorasi Imlek yang identik dengan warna merah. Misalnya memasang kertas merah di depan pintu yang menjadi tradisi Imlek, atau memasang lampion merah yang digantung di beberapa sudut rumah.

Mama juga bisa meminta anak menyusun beberapa jeruk Mandarin di sekitar rumah, yang mana buah ini melambangkan buah kebahagiaan pada tahun baru penanggalan Tionghoa. Dijamin perayaan Imlek Mama dan keluarga di rumah tetap meriah dan penuh makna!

4. Makan malam bersama

4. Makan malam bersama
Pexels/Angela Roma

Sama seperti perayaan besar lainnya, setiap masyarakat yang merayakan umumnya akan merayakannya dengan makan malam bersama. Begitu pula saat Imlek, Mama bisa mengajak anak menyiapkan kebutuhan makan malam yang akan disantap sebagai salah satu momen kehangatan pada perayaan Tahun Baru Imlek. 

Beberapa makanan khas Imlek yang bisa Mama siapkan di antaranya kue keranjang, ikan bandeng, jeruk Mandarin, siu mie, yu sheng (salad segar), dan hidangan lainnya.

5. Tak lupa siapkan angpao

5. Tak lupa siapkan angpao
Pexels/Rodnae Production

Anak-anak menjadi orang paling bahagia ketika menyambut perayaan Imlek. Hal ini lantaran mereka akan banyak menerima angpao dari orangtua atau keluarga yang sudah menikah dan wajib memberikan angpao.

Tradisi bagi-bagi angpao sendiri sudah berlangsung lama dan masih menjadi ciri khas perayaan Imlek. Nah, Mama dan Papa bisa menyiapkan angpao dengan ragam motif menyenangkan untuk diberikan nanti kepada anak saat perayaan Imlek.

Itulah cara merayakan imlek di tengah pandemi bersama anak dan seluruh keluarga tersayang.

Mama dan Papa juga bisa memberikan angpao digital, serta melakukan panggilan video bersama sanak saudara lainnya yang turut merayakan. Dengan begitu, Hari Raya Imlek pun masih bisa dirayakan dengan meriah dan penuh makna.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk