Tes ke Anak Mama, Apakah Ingat dengan Makna Hari Pancasila?

Fakta sejarah lahirnya Pancasila, masih hafal?

1 Juni 2020

Tes ke Anak Mama, Apakah Ingat Makna Hari Pancasila
Garudayaksa.com

Tanggal 1 Juni menjadi hari penetapan lahirnya pancasila. Itulah mengapa masyarakat Indonesia akan merayakan hari bersejarah tersebut agar dapat memaknai ideologi dasar dari bangsa ini.

Pancasila juga selalu dibacakan ketika menjalankan upacara bendera yang dilakukan seluruh sekolah di Indonesia. Bukan tanpa alasan, pengulangan ini dilakukan agar anak-anak hafal dan mampu memahami isi dari ideologi dasar bangsa Indonesia.

Meski sudah berbulan-bulan menjalankan kegiatan belajar mengajar dari rumah dan tak ada lagi kegiatan upacara bendera yang biasa dilakukan seminggu sekali, coba tes kemampuan anak tentang makna Pancasila yuk, Ma!

Berikut Popmama.com merangkum fakta sejarah tentang Pancasila yang bisa Mama ajarkan pada anak dalam memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari Senin (1/6/2020).

1. Terdiri dari dua kata yang berasal dari Sanskerta

1. Terdiri dari dua kata berasal dari Sanskerta
Wikiwand.com

Informasi dasar yang utama mengenai Pancasila adalah arti dari Pancasila itu sendiri. Pancasila terdiri dari dua kata yang berasal dari Sanskerta, yaitu pañca yang berarti ‘lima’ dan śila yang berarti 'asas'. 

2. Dibentuk BPUPKI untuk membentuk dasar negara

2. Dibentuk BPUPKI membentuk dasar negara
Wikiwand.com

Pada 1 Maret 1945, dibentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dengan dr. Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat sebagai ketua guna membentuk Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

3. Merancang dasar negara Indonesia

3. Merancang dasar negara Indonesia
Wikiwand.com

Setelah pembentukan BPUPKI, dr. Radjiman dalam pidatonya mengajukan pertanyaan kepada seluruh peserta sidang dalam merancang dasar negara bangsa Indonesia.

Pertanyaan kala itu yang disebutkan adalah, “Apa dasar negara Indonesia yang akan kita bentuk ini?”

4. M. Yamin merumuskan lima dasar Pancasila

4. M. Yamin merumuskan lima dasar Pancasila
Travel-iing.co.id

Pada 29 Mei 1945, Muhammad Yamin kemudian berpidato dan merumuskan lima dasar yang akan dijadikan dasar ideologi bangsa. Dari pidato tersebut disampaikan perumusan dasar Pancasila yang mulanya adalah peri kebangsaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, dan kesejahteraan rakyat.

Editors' Picks

5. Pidato spontan Soekarno atas lahirnya Pancasila

5. Pidato spontan Soekarno atas lahir Pancasila
Wikiwand.com

Setelah menentukan  dasar-dasar Pancasila yang sudah dirembukkan bersama, kemudian pada 1 Juni 1945, Soekarno mengemukakan pidato spontan yang disebut sebagi “Lahirnya Pancasila”.

6. Awal dasar-dasar Pancasila yang dikemukakan Soekarno

6. Awal dasar-dasar Pancasila dikemukakan Soekarno
Islami.co

Sebelum mengumumkan dasar-dasar Pancasila. Pada awalnya, Soekarno mengemukakan dasar-dasarnya yaitu kebangsaan Indonesia, internasionalisme atau peri-kemanusiaan, mufakat atau demokrasi, dasar perwakilan, dasar permusyawaratan, kesejahteraan sosial, dan ketuhanan.

7. Gagasan Pancasila Soekarno

7. Gagasan Pancasila Soekarno
Widyagama.ac.id

Pada pidatonya, Soekarno menyampaikan gagasan Pancasila sebagai berikut:

“Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.”

8. Terbentuknya Panitia Sembilan untuk merumuskan Pancasila

8. Terbentuk Panitia Sembilan merumuskan Pancasila
Travel-iing.co.id

Setelah semua dasar-dasar sudah diajukan, dibentuklah panitia kecil yang diberi nama Pancasila Sembilan. Kepanitiaan ini dibentuk untuk merumuskan kembali Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

9. Piagam Jakarta sebagai pembentukan Panitia Sembilan

9. Piagam Jakarta sebagai pembentukan Panitia Sembilan
Jakarta.go.id

Rencana pembentukan Panitia Sembilan ini kemudian disetujui pada 22 Juni 1945 yang diberi nama dengan Piagam Jakarta. Perumusan Piagam Jakarta dilakukan oleh Panitia Sembilan saat terjadinya sidang BPUPKI. 

10. Penetapan Hari Pancasila

10. Penetapan Hari Pancasila
Instagram.com/info.seputarindonesia

Setelah pidato yang dibacakan Ir. Seokarno pada 1 Juni 1945 mengenai gagasan dasar negara, pada 1 Juni 2016, Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila dan menetapkannya sebagai libur nasional terhitung sejak 2017.

Itulah yang kemudian membuat setiap tanggal 1 Juni, seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Lahirnya Pancasila dan diharapkan tetap menanamkan ideologi bangsa yang telah dirumuskan oleh para pahlawan bangsa ini.

11. Isi Pancasila

11. Isi Pancasila
Pexels/Andrea Piacquadio

Tanyakan pada anak mama, apakah sudah hafal isi Pancasila?

Berikut bunyi dari masing-masing isi Pancasila:

  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Itulah bunyi dari Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia. 

Semoga fakta tentang lahirnya Pancasila ini bisa menjadi pembelajaran bagi para orangtua untuk mengajarkan ideologi bangsa pada anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa Indonesia. Selamat Hari Pancasila!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.