TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mulai Masuk SD, Jan Ethes Ungkap CIta-Cita Ingin Jadi Presiden

Jan Ethes ingin seperti kakeknya menjadi seorang presiden

8 Agustus 2022

Mulai Masuk SD, Jan Ethes Ungkap CIta-Cita Ingin Jadi Presiden
Instagram.com/jokowi

Jan Ethes Srinarendra, cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini mulai masuk jenjang sekolah pertamanya yakni Sekolah Dasar (SD).

Lelaki yang akrab disapa Ethes itu diketahui telah resmi menjadi siswa di Focus Independent School Solo. Di usianya yang baru duduk di bangku kelas 1 SD, Ethes mengaku kepada para wartawan mengenai cita-cita yang diinginkannya.

Dalam video yang diunggah sang kakek di Instagram, Jan Ethes mendapat pertanyaan dari para wartawan terkait cita-citanya. Dengan mantap, ia menjawab ingin menjadi presiden seperti kakeknya.

Berikut Popmama.com rangkumkan informasi selengkap tentang Jan Ethes masuk SD.

Editors' Picks

1. Ungkap ingin jadi presiden

1. Ungkap ingin jadi presiden
Instagram.com/jokowi

"Cita-citanya Mas Ethes kalau udah gede mau jadi atlet apa?" ujar seorang wartawan kepada Jan Ethes yang ditemui usai menyaksikan ajang olahraga Asean Para Games beberapa waktu lalu.

Meski mendapat pertanyaan ingin menjadi seorang atlet apa, namun dengan mantap anak dari Gibran Rakabuming Raka itu menjawab bahwa dirinya ingin menjadi seorang presiden.

"Hmm... mau jadi presiden!" jawab Jan Ethes seperti dilansir dari video yang dibagikan akun Instagram milik Jokowi.

2. Hafal nama-nama presiden dunia

2. Hafal nama-nama presiden dunia
Instagram.com/jokowi

Mengetahui cita-citanya yang ingin menjadi seorang pemimpin negara, Jan Ethes kembali diberi pertanyaan terkait kemampuannya dalam memahami nama-nama pemimpin dunia lainnya.

Ketika ditanya, apakah dirinya hafal nama-nama presiden lainnya? Cucu pertama Presiden Joko Widodo itu pun menjawab dengan mantap bahwa dirinya hafal nama-nama presiden lain selain sang kakek.

"Presiden Rusia, Putin. Presiden Amerika, (Joe) Biden. Presiden China, Xi Jinping," ujar Jan Ethes menyebutkan beberapa nama presiden dunia.

Jawaban Jan Ethes pun sukses membuat wartawan di sana terkejut dan bangga akan kemampuan menghafal yang dimiliki lelaki 10 Maret 2006 itu. Para wartawan pun dibuat penasaran, dari mana Jan Ethes belajar itu semua.

Tanpa ragu Ethes menjawab, "Dikasih tahuin Mbah, terus jadi tahu." Ia juga mengaku sering mempelajari banyak hal dari sang kakek sehingga wawasannya menjadi lebih terbuka.

3. Reaksi Jokowi atas jawaban Jan Ethes

3. Reaksi Jokowi atas jawaban Jan Ethes
Instagram.com/jokowi

Tak berselang lama ketika dirinya diwawancarai, sang kakek pun datang menghampiri cucunya dengan berpenampilan senada. Dalam video tersebut, terlihat Presiden Jokowi langsung memeluk Ethes dari belakang.

Melihat presiden sekaligus kakek dari Ethes sudah ada di belakangnya, salah satu wartawan kemudian kembali melempar pertanyaan yang sama terkait cita-cita yang diinginkan Jan Ethes.

"Kan tadi kalau sudah gede cita-citanya mau jadi apa?" tanya salah satu wartawan.

"Mau jadi presiden kayak Mbah," singkat Ethes yang langsung mendapat reaksi gelak tawa oleh Jokowi.

Kita doakan bersama semoga impian Ethes agar bisa menjadi presiden seperti sang kakek dapat terwujud, ya. Semangat selalu untuk Jan Ethes yang baru saja duduk di bangku Sekolah Dasar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk