Tetap Penuhi Nutrsi, Ini Menu Buka Puasa yang Baik untuk Anak-Anak

Persiapan Ramadan! Jaga asupan nutrisi anak dengan menu yang bergizi dan seimbang ya, Ma

6 Mei 2021

Tetap Penuhi Nutrsi, Ini Menu Buka Puasa Baik Anak-Anak
Pexels/Gabby K

Meski puasa hukumnya wajib bagi seluruh umat Islam, namun untuk anak-anak yang belum memasuki usia baligh hukumnya tidak diwajibkan, Ma. Tetapi, tetap perlu dilatih dan diajarkan sejak dini ya!

Ketika melatih anak mama berpuasa, Mama tentunya perlu memerhatikan asupan gizi anak ketika sahur dan berbuka. Utamanya, Mama bisa menyediakan ragam jenis buah sebagai asupan gizi ketika berbuka puasa.

Buah dengan kadar gula yang cukup tinggi baik dikonsumsi ketika berbuka sebagai penambah energi setelah berjam-jam berpuasa. Itulah mengapa orang yang berpuasa dianjurkan berbuka dengan yang manis-manis. Begitu pun anak-anak, Ma.

Tak hanya itu, kebutuhan karbohidrat, lemak, dan protein pun  perlu diperhatikan dalam menu makan sahur dan berbuka anak-anak mama. Jadi, tak asal memberikan makanan, Ma

Lalu, apa saja menu buka puasa yang baik untuk anak? Pilih menu yang bisa dikonsumsi oleh anak ketika berbuka puasa yuk!

Berikut Popmama.com telah merangkum ide menu buka puasa yang cocok dan baik untuk anak-anak mama. 

1. Takjil dengan buah-buahan

1. Takjil buah-buahan
Freepik/Xb100

"Berbukalah dengan yang manis-manis."

Kata-kata seperti itu mungkin sudah tak asing didengar ketika memasuki bulan Ramadan. Bukan tanpa alasan, Ma. Berbuka dengan yang manis memang baik dikonsumsi untuk mengganti energi yang hilang setelah berpuasa.

Umumnya, buah kurma menjadi salah satu takjil yang dianjurkan sebelum Mama dan keluarga mengonsumsi makanan berat. Selain kurma, ada pula buah lainnya yang bisa dijadikan takjil berbuka puasa, Ma.

Buah-buahan yang tinggi kandungan airnya seperti mangga, jeruk, anggur, semangka bisa banget nih, Ma dijadikan menu takjil yang sehat sebelum mereka memulai makan berat.

Editors' Picks

2. Bola-bola nasi keju

2. Bola-bola nasi keju
Easykookingkorean.com

Setelah anak berbuka dengan buah manis yang menyegarkan tubuhnya, anak bisa langsung mengonsumsi makanan yang cukup berat. Mama bisa memenuhi asupan karbohidrat anak dengan cara yang menyenangkan.

Mama bisa mengkreasikan nasi menjadi menu yang lebih menyenangkan dengan membuat bola-bola nasi yang dipadukan dengan keju atau toping lain yang mereka suka seperti rumput laut dan lainnya. Menu satu ini dijamin akan membuat anak mama lahap mengonsumsi makanan buka puasanya, serta akan memenuhi asupan nutrisi anak yang hilang selama berpuasa.

3. Tahu kukus isi

3. Tahu kukus isi
http://Youtube.com/Ala_Dapurkuu

Gorengan juga menjadi makanan yang identik bulan Ramadan, bukan begitu, Ma? Namun, memberikan gorengan pada anak untuk berbuka sangatlah tidak tepat karena kadar minyak berlebih yang akan menganggu tenggorokannya.

Namun jangan bingung, Ma. Mama tetap bisa kok memberikan anak gorengan yang lebih sehat dengan cara memasak yang dikukus.

Contohnya adalah tahu kukus is yang bisa divariasikan dengan toping kesukaan anak, seperti ayam, keju, daging sapi, sayuran dan lainnya.

Tahu juga menjadi makanan yang mudah didapat dan relatif murah, Ma. Tak hanya itu, tahu juga menjadi makanan yang kaya nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

4. Sup ayam brokoli

4. Sup ayam brokoli
Freepik/timolina

Tak hanya untuk anak, menu satu ini juga bisa dikonsumsi keluarga di rumah, Ma. Jadi, tak hanya anak saja yang mendapat asupan nutrisi hariannya, Mama, Papa dan keluarga lainnya pun bisa merasakan.

Kaldu ayam yang dibuat untuk sup mengandung vitamin, mineral dan beberapa kandungan lemak yang baik untuk mengembalikan energi dan nutrisi tubuh yang hilang saat berpuasa. Selain ayam, Mama juga bisa menambahkan sayur brokoli yang juga tak kalah sehat dan cocok untuk dijadikan menu buka puasa anak.

5. Mashed potato cheese

5. Mashed potato cheese
Freepik/timolina

Bosan dengan asupan karbohidrat dari nasi? Mama bisa kok menggantinya agar lebih bervariasi, contohnya mengganti nasi dengan kentang. Salah satu menu dari kentang yang bisa Mama berikan untuk berbuka puasa adalah dengan membuat mashed potato.

Jika mashed potato terlalu hambar, Mama bisa menambahkan keju yang akan menambah cita rasa kentang menjadi lebih nikmat. Tak hanya keju, Mama juga bisa menambahkan potongan sayur seperti wortel untuk menambah nutrisi yang lebih lengkap dan sehat.

Nah, itu dia 5 menu buka puasa yang baik untuk anak. Yuk, jangan lupa tetap penuhi asupan nutrisinya ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.