Menyambut Hari Guru Sedunia 2021, Ini Sejarah yang Perlu Anak Ketahui

Yuk, ajak anak mengetahui sejarah dibalik perayaan hari guru sedunia

5 Oktober 2021

Menyambut Hari Guru Sedunia 2021, Ini Sejarah Perlu Anak Ketahui
Freepik/Pch.vector

Setiap tanggal 5 Oktober, masyarakat seluruh dunia memperingati perayaa Hari Guru Sedunia. Hal ini sebagaimana telah dicetuskan oleh UNESCO yang mana tanggal 5 Oktober tiap tahunnya dijadikan sebagai Hari Guru Sedunia atau World Teachers' Day.

Perayaan ini dicetuskan untuk merayakan jasa guru di seluruh dunia. Selain itu, pada laman UNSECO disebutkan bahwa Hari Guru Sedunia bertujuan untuk memperingati ulang tahun penandatanganan Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tentang Status Guru yang menetapkan tolak ukur hak dan tanggung jawab guru, standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, serta kondisi belajar-mengajar.

Saat masa pandemi seperti sekarang ini, peran guru sangatlah penting bagi anak-anak seluruh dunia. Meski sama-sama melawan pandemi yang tak kunjung usai, guru tetap dengan semangat menyediakan pembelajaran jarak jauh, serta memberi dukungan kepada seluruh peserta didiknya.

Nah, menyambut perayaan Hari Guru Sedunia tahun 2021 ini, berikut Popmama.com telah merangkum sejarah dibalik perayaan yang bisa diajarkan kepada anak-anak mama. 

Editors' Picks

1. Sejarah Hari Guru Sedunia

1. Sejarah Hari Guru Sedunia
Pexels/maxfischer

Jika melihat pada laman resmi UNESCO, perayaan Hari Guru Sedunia ini sudah ada dan dirayakan sejak tahun 1994 silam. Sejarah dibalik perayaan ini dicetuskan adalah untuk memperingati penandatanganan Rekomendasi ILO/ UNESCO.

Adapun Rekomendasi ILO/UNESCO yang disebutkan berisikan seputar hak serta tanggung jawab para guru, standar untuk persiapan awal, pengembangan profesional berkelanjutan, pengerahan pekerjaan, serta kondisi pengajaran dan pembelajaran.

Melalui pertemuan yang melibatkan para ahli, Rekomendasi ILO/UNESCO ini juga berisikan dialog terkait rekomendasi para guru terhadap kebijakan di bidang pendidikan. Itulah mengapa kemudian UNESCO mencetuskan adanya perayaan Hari Guru Sedunia.

2. Tema dari Hari Guru Sedunia 2021

2. Tema dari Hari Guru Sedunia 2021
Freepik

Setiap tahunnya, UNESCO mencetuskan berbagai macam tema berbeda untuk menyambut perayaan tersebut. Adapun untuk tema Hari Guru Sedunia tahun 2021 ini adalah 'Teachers at the heart of education recovery'.

DI tahun ini, perayaan Hari Guru Sedunia akan berfokus pada dukungan yang dibutuhkan oleh seluruh guru agar turut berkontribusi dalam proses pemulihan pandemi yang turut berdampak pada sektor pendidikan.

Sesuai dengan temanya, Hari Guru Sedunia 2021 ini akan memerhatikan dampak dari pandemi terhadap pendidikan serta langkah apa yang akan diambil untuk tetap memastikan para guru dapat mengembangkan potensi penuh dalam proses pemulihan dari pandemi.

3. Perayaan yang dilakukan UNESCO

3. Perayaan dilakukan UNESCO
Freepik

Masih melansir dari laman UNESCO, acara perayaan Hari Guru Sedunia 2021 ini akan dilakukan dengan pertemuan Komite Ahli Gabungan ILO-UNESCO untuk membahas Penerapan Rekomendasi tentang Tenaga Pengajar (CEART).

Adapun acara ini akan berlangsung sejak 4 hingga 8 Oktober mendatang. Selama lima hari ini, serangkaian acara global dan regional akan memperlihatkan apa saja dampak pandemi terhadap profesi guru, menyoroti tanggapan kebijakan yang efektif dengan tujuan untuk menetapkan langkah-langkah yang perlu diambil, serta memastikan bahwa guru dapat mengembangkan kemampuan mereka sepenuhnya.

Masih mewabahnya pandemi diberbagai negara, acara perayaan tahun ini pun masih dilaksanakan secara virtual. Tepat pada perayaan di tanggal 5 Oktober ini, nantinya akan dihadiri oleh Audrey Azoulay selaku Direktur Jenderal UNESCO.

Itu dia sejarah dan tema dari perayaan Hari Guru Sedunia tahun 2021 ini. Semoga dengan memahaminya, anak dapat lebih mengharagai semua jasa yang sudah diberikan oleh guru mereka. Sekali lagi, selamat Hari Guru Sedunia!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.