TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bukan Bintit, Ini Penyebab, Gejala, Pengobatan Kalazion pada Mata Anak

Ketahui apa itu Kalazion, cara diagnosis, penanganan dan pencegahannya Ma

12 September 2022

Bukan Bintit, Ini Penyebab, Gejala, Pengobatan Kalazion Mata Anak
Getty Images/Gail Shumway

Kalazion adalah sebuah penyakit berupa benjolan merah kecil pada mata atau bisa juga bengkak di area kelopak mata yang biasanya tidak nyeri. Bengkak yang muncul di area mata ini biasanya tidak nyeri. 

Kalazion sendiri umum terjadi pada anak-anak, penyakit ini juga biasanya mudah diobati dan jarang serius. Tetapi meski tak terasa sakit, kalazion bisa mengganggu penglihatan dan kegiatan harian anak.

Kelopak mata kita memiliki ratusan kelenjar minyak kecil di dekat bulu mata. Kelenjar inilah yang membantu melumasi mata dan kadang-kadang dapat tersumbat atau terinfeksi yang kemudian menyebabkan benjolan merah kecil. Ketika sebuah kelenjar minyak tersumbat, ini yang disebut kalazion.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai penyebab, gejala dan cara pengobatan Kalazion, yuk simak pembahasan dari Popmama.com berikut ini, Ma!

1. Penyebab kalazion

1. Penyebab kalazion
healthline.com

Penyakit yang menyerang bagian garis mata ini disebabkan oleh adanya penyumbatan pada salah satu kelenjar meibomian kecil di kelopak mata, baik di bagian atas atau pun bawah.

Kelenjar meibomian memproduksi minyak yang berguna untuk melembapkan mata. Ketika peradangan atau virus yang menyerenag kelenjar ini, itulah yang menjadi penyebab dasar terjadinya kalazion.

Kalazion sendiri lebih umum pada orang dengan kondisi peradangan seperti seborrhea, jerawat, rosacea, blepharitis kronis, atau peradangan kelopak mata jangka panjang. Mereka juga umum terjadi orang dengan konjungtivitis viral atau infeksi yang menutupi bagian dalam mata dan kelopak mata mereka.

Editors' Picks

2. Gejala kalazion

2. Gejala kalazion
Flo.health

Gejala kalazion dimulai dengan adanya benjolan atau kista di bawah kulit kelopak mata. Gejala selengkapnya yang bisa dialami anak mama meliputi:

  • Merasa seperti ada sesuatu dibagian kelopak mata.
  • Terdapat benjolan di dalam kelopak mata tetapi tidak terasa sakit.
  • Jika kalazion cukup besar, hal ini bisa memengaruhi penglihatan.
  • Terasa gatal.
  • Lebih peka terhadap cahaya
  • Peradangan dan pembengkakan dapat menyebar ke daerah sekitar mata.

Kalazion bisa terjadi berulang dan penyakit ini juga sering reda seiring berjalannya waktu tanpa pengobatan. Tetapi jika menganggu kegiatan harian anak, lebih baik segera perika ke dokter spesialis mata ya, Ma.

3. Pengobatan kalazion

3. Pengobatan kalazion
Freepik

Biasanya dokter akan mendiagnosis bahwa itu adalah kalazion hanya dengan melihatnya tanpa perlu tes lain, kecuali ada kekhawatiran bahwa itu adalah sesuatu yang lebih serius.

Kalazion bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Jangan mencoba menekan atau memecahkan benjolan, tetapi gunakan kompres hangat untuk mempercepat penyembuhan.

Saat benjolan di kelopak mata muncul, Mama bisa memberikan kompres hangat selama 5 sampai 10 menit pada area benjolan, lakukan cara ini 3-6 kali per hari. Hal ini biasanya membantu daerah yang terkena untuk lebih cepat sembuh.

Cara ini juga dapat membantu membuka pori-pori tersumbat sehingga dapat menguras dan mengeluarkan isi benjolan di mata anak yang terkena kalazion.

Jika kalazion tak cukup membaik dan infeksi telah menyebar ke kelopak mata atau mata, dokter biasanya akan meresepkan salep mata antibiotik atau obat tetes mata untuk meregulasi ulang jaringan minyak yang tersumbat pada mata.

Jika kalazion sangat besar, dokter juga mungkin akan menusuk sedikit jaringan kelopak sehingga isinya akan keluar dan sembuh. Tetapi ingat, jangan mencoba untuk menusuknya sendiri di rumah ya, Ma.

4. Cara mencegah kalazion

4. Cara mencegah kalazion
Freepik/freepic.diller

Cara terbaik mencegah kalazion ialah dengan tidak memegang atau mengucek mata dengan tangan, hal ini bisa menyebabkan mata iritasi dan membiarkan bakteri menyebar. Jika anak ingin menyentuh matanya yang terasa gatal atau mengganggu, ingatkan untuk cuci tangan terlebih dahulu.

Menggunakan kacamata kesalamatan untuk lindungi mata dari debu dan polusi udara. Ini bisa digunakan saat pergi keluar rumah atau saat mereka membantu Mama mengerjakan pekerjaan rumah.

Hal terpenting adalah, Mama perlu mengingatkan anak untuk tidak sering mengucek mata, membasuh muka hanya boleh dengan air bersih yang mengalir, dan jangan menggaruk atau menusuk bagian bengkak termasuk dengan kuku.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kalazion pada anak, meski tidak nyeri tetap bisa membuat anak merasa nggak nyaman. Jadi ragu untuk tanyakan kondisi anak mama jika menemukan gejalanya.

Baca juga:

Apa Perbedaan Kalazion dengan Bintitan?

Kalzion terjadi bukan karena adanya infeksi yang disebabkan bakteri. Sementara penyebab bintitan terjadi karena infeksi, entah itu pada folikel rambut atau pada kelenjar penghasil minyak di kelopak mata. Berbeda dengan bintitan yang terasa super nyeri, kalau kalazion tidak menyebabkan rasa sakit, hanya saja kenyal saat disentuh dan terasa tidak nyaman karena terkadang mengganggu penglihatan pada anak.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk