Selain Kurma, Ini 10 Buah yang Bagus untuk Dikonsumsi saat Buka Puasa

Ajak anak berbukan dengan yang manis-manis yuk, Ma!

12 Mei 2021

Selain Kurma, Ini 10 Buah Bagus Dikonsumsi saat Buka Puasa
Pexels/Gabby K

Pernah mendengar ungkapan "berbukalah dengan yang manis-manis" kan, Ma? Ungkapan ini umumnya kita dengar ketika memasuki bulan Ramadan. Bulan di mana umat Islam akan menjalankan ibadah puasa.

Tak hanya ungkapan biasa, berbuka puasa dengan memakan yang manis seperti halnya kurma yang disunahkan, ternyata baik untuk mengembalikan energi yang hilang setelah berjam-jam lamanya menjalankan puasa.

Ketika anak mama ikut berpuasa, yuk cukupi asupan gizi harian mereka ketika sahur dan berbuka, Ma. Salah satunya dengan memberikan ragam jenis buah untuk mengoptimalkan nutrisi hariannya.

Tak hanya kurma, Mama bisa kok memberikan anak buah lainnya yang baik mereka konsumsi sebagai menu berbuka puasa. 

Seperti deretan buah yang bagus untuk buka puasa dan cocok untuk diberikan pada si Kecil. Berikut Popmama.com telah merangkumnya!

1. Semangka

1. Semangka
Pixabay/JillWellington

Salah satu buah yang menjadi sumber antioksidan dan vitamin C serta A yang melimpah, buah semangka bisa dijadikan menu buah untuk berbuka puasa anak mama nih! Tak heran jika buah yang memiliki daging berwarna merah ini menjadi buah yang baik dikonsumsi selama bulan Ramadan.

2. Melon

2. Melon
Freepik/topntp26

Selain semangka, melon juga sama baiknya dikonsumsi ketika bulan Ramadan, Ma. Buah ini bisa membantu anak untuk terhidrasi dengan baik lantaran kandungan air yang melimpah. Selain itu, vitamin A dan C dalam buah melon juga baik untuk sistem kekebalan tubuh agar anak kembali siap menjalani puasa di hari berikutnya.

3. Mangga

3. Mangga
Unsplash/Hotchicksing

Selain banyaknya kandungan air, mangga juga kaya akan kandungan serat, karbohidrat, tanin, volatil, vitamin dan mineral, gula seperti sukrosa, glukosa, fruktosa, pati, dan selulosa. Kandungan tersebut sangat baik untuk membangun mengembalikan energi anak yang hilang setelah seharian menjalankan ibadah puasanya, Ma.

4. Stroberi

4. Stroberi
Pixabay/AllNikArt

Memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang menyegarkan, buah stroberi yang kaya akan vitamin C dan kandungan antosianin sebagai antioksidan tubuh ini juga baik dikonsumsi saat berbuka puasa, Ma. Buah ini akan membantu menjaga sistem pencernaan anak tetap optimal selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Editors' Picks

5. Pepaya

5. Pepaya
Freepik/Jcomp

Selain stroberi, buah pepaya juga dikenal sebagai buah yang baik untuk sistem pencernaan. Kandungan betakaroten, beta-cryptoxanthin, lutein dan zeaksantin serta kandungan vitamin C tinggi dalam pepaya tentunya baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh anak dan baik dikonsumsi sebagai menu buah saat berbuka puasa, Ma.

6. Pisang

6. Pisang
Freepik/lifeforstock

Buah pisang dikenal sebagai salah satu buah yang memberikan energi dalam waktu singkat, sehingga baik dikonsumsi anak saat berbuka puasa untuk mengembalikan energinya yang hilang setelah berpuasa. Selain mengembalikan energi tubuh, kandungan potasium tinggi dalam pisang juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung sejak dini juga, Ma.

7. Apel

7. Apel
Pexels/suzyhazelwood

Apel menjadi buah yang kaya akan kandungan gizi seperti vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Buah satu ini juga mampu menangkan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit. Jadi, akan sangat baik dikonsumsi anak selama bulan Ramadan agar mereka tetap sehat selama menjalankan puasa.

8. Jeruk

8. Jeruk
Freepik/jcomp

Buah yang kaya akan kandungan seperti asam folat dan antioksidan ini sangat baik untuk kekebalan tubuh dalam membantu melawan penyakit, Ma. Sehingga sangat baik dikonsumsi untuk berbuka puasa karena banyaknya kandungan air yang akan membantu tubuh anak tetap terhidrasi.

9. Anggur

9. Anggur
Freepik/8photo

Dalam buah anggur terkandung vitamin C, B1, B6, serta mineral seperti mangan dan kalium yang mampu menjaga sintetis energi yang baik dikonsumsi selama bulan Ramadan. Kandungan air yang cukup banyak pada anggur juga baik untuk menghidrasi anak mama nih!

10. Nanas

10. Nanas
Pexels/Snapwire

Satu lagi buah yang kaya akan kandungan air yang baik untuk mengdehidrasi tubuh adalah nanas. Kandungan vitamin C pada nanas juga bisa anak rasakan untuk melindungi mereka dari panas dalam, salah satu penyakit yang umum terjadi ketika sedang berpuasa. Jadi nggak hanya segar, manfaatnya pun baik untuk tubuh anak selama bulan Ramadan, Ma.

Nah, itulah 10 buah yang bagus untuk buka puasa, baik bagi anak dan juga orang dewasa. Bisa disiapkan untuk berbuka puasa selama bulan Ramadan. Selamat menyambut bulan Ramadan dan semoga selalu diberikan kesehatan untuk Mama dan keluarga di rumah ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.