Punya Anak Pendiam, Ini 7 Sikap yang Diharapkan dari Orangtua

Meskipun pendiam, anak tetap sayang kok

13 Mei 2020

Pu Anak Pendiam, Ini 7 Sikap Diharapkan dari Orangtua
parenting.firstcry.com

Setiap anak terlahir dengan karakter yang berbeda-beda, tak semua bisa disamaratakan. Justru terkadang, karakter itulah yang menjadikannya istimewa. Sebagai orangtua tentu harus mampu menyesuaikan diri agar dapat menjalin hubungan antar orangtua dan anak yang harmonis.

Salah satu karakter anak yang juga memiliki beberapa keistimewaan adalah pendiam. Meski tertutup dan tak banyak bicara, jangan anggap jelek mereka tak seaktif karena sifat sueknya ya, Ma.

Dibalik diamnya itu justru bermakna untuk saling melengkapi dan mendekatkan.

Meski begitu, orangtua terkadang masih dinilai kurang memahami sikap yang sebenarnya diharapkan oleh anak yang pendiam. Nah, berikut Popmama.com telah merangkum sikap-sikap yang diharapkan oleh anak pendiam dari orangtua mereka. Disimak yuk, Ma!

1. Sosok orangtua yang perhatian

1. Sosok orangtua perhatian
Freepik/nensuria

Orangtua seringkali salah mengartikan anak yang pendiam. Anak yang pendiam mungkin terkesan cuek dan tak membutuhkan orang diskeitarnya, padahal sebenarnya tak begitu, Ma.

Mereka bukan tak membutuhkan orang sekitarnya, tetapi lebih cenderung sungkan meminta atau memulai hal terlebih dahulu. Jadi anak butuh diberi perhatian lebih nih, Ma. Mulailah dari hal sederhana seperti bertanya apakah dia sudah makan atau ingin disiapkan makan apa.

2. Sosok orangtua yang memiliki inisiatif untuk membantu dalam mengambil tindakan

2. Sosok orangtua memiliki inisiatif membantu dalam mengambil tindakan
Freepik/prostooleh

Anak sering berkata "terserah saja" atau "aku ikut saja" mungkin terdengar tak peduli dengan pilihannya. Padahal, dalam sebuah diskusi dijelaskan bahwa tipe anak pendiam lebih menyerahkan keputusannya pada orang lain. Disinilah inisiatif Mama sebagai orangtua harus diperlihatkan.

Contoh sederhananya, Mama bisa membantu menjelaskan terlebih dahulu pada anak tentang kelebihan dan kelemahan diantara dua pilihan yang akan dipertimbangkannya. Setelahnya Mama bisa mengarahkan pilihan mereka agar bisa memilih salah satu dari pilihan yang ada. Dengan begitu anak tau tindakan apa yang akan diambil.

Editors' Picks

3. Sosok orangtua yang bisa mengharagai tanpa dijelaskan

3. Sosok orangtua bisa mengharagai tanpa dijelaskan
Freepik/Yanalya

Anak pendiam memang lebih tertutup karena tak banyak bicara, bahkan untuk berkeluh kesah pun jarang dilakukannya. Disinilah orangtua harus bisa menghargai meski mereka tak menjelaskan.

Contohnya ketika ia memberikan hasil belajarnya yang tak sesuai harapan Mama, Mama harus lebih mengharagai apapun hasil yang ia berikan. Meski pendiam, anak juga sudah bekerja keras untuk selalu dihargai.

4. Sosok orangtua yang sering mengajak curhat

4. Sosok orangtua sering mengajak curhat
healthline.com

Anak pendiam mungkin cenderung lebih tertarik untuk mendengarkan daripada harus berbicara. Padahal sebenarnya mereka juga memiliki keinginan untuk berinteraksi dengan lingkungannya, Ma. Hanya saja mereka adalah tipe anak yang sulit memulai sesuatu.

Nah, disinilah Mama bisa berinisiatif memulai obrolan dengannya. Terlebih jika topik obrolan Mama adalah hal yang disukainya. Dijamin anak bisa menjadi lebih aktif lagi lho, Ma!

5. Sosok orangtua yang sabar dan mau memahami

5. Sosok orangtua sabar mau memahami
Freepik/prostooleh

Menjadi seorang pendiam bukanlah kesalahan, sebab ini merupakan karakter bawaan yang sudah terbentuk sejak lahir. Namun, terkadang ada beberapa situasi yang seolah tak 'berpihak' pada orang dengan karakter yang satu ini.

Jika sudah begitu, orangtua tentu harus berusaha memahami dan bersabar dengan karakter pendiam anak yang mungkin bisa menjengkelkan. Anak pendiam juga bisa menjadi latihan kesabaran untuk orangtua lho!

6. Sosok orangtua yang bisa mengerti emosi anak

6. Sosok orangtua bisa mengerti emosi anak
Freepik/peoplecreations

Meski pendiam, bukan berarti anak tak memiliki emosi yang mereka luapkan. Disinilah anak mengharapkan orangtuanya bisa mengerti emosi yang ia rasakan. Kapan anak sedih, malu, marah, dan kecewa, Mama harus bisa memahami emosi-emosi seperti itu yang mungkin tak diperlihatkan padanya.

7. Sosok orangtua yang mampu menghidupkan suasana

7. Sosok orangtua mampu menghidupkan suasana
picryl.com

Jangan pertemukan anak pendiam dengan teman yang karakternya sama dengannya. Sebab suasana nantinya akan terasa sepi dan membuat anak mudah bosan. Nah, jika sudah begitu Mama bisa menjadi lebih aktif dihadapan anak sehingga bisa membangun suasana yang lebih hidup dengan orang sekitarnya.

Walaupun anak pendiam, tetapi mereka juga membutuhkan suasana yang cerita agar hidupnya lebih berwarna. Jadi, saat anak mulai diam ketika berada dilingkungan lain, Mama bisa menjadi pendorong baginya untuk menjadi lebih aktif agar terbangun suasana yang tak membuatnya canggung.

Itulah tujuh sikap yang diharapkan anak pendiam dari Mama dan Papa. Anak pendiam tak boleh dianggap jelek, Ma. Sebab mereka adalah sosok istimewa yang tak bsia dilepaskan begitu saja dalam proses tumbuh kembangnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.