Tingkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Anak Melalui Mind Mapping

Sudah tau metode belajar mind mapping, Ma?

30 April 2021

Tingkatkan Daya Ingat Kecerdasan Anak Melalui Mind Mapping
Freepik

Memiliki anak usia sekolah tentu membutuhkan perhatian khusus yang diperlukan orangtua kepada anak-anaknya. Sebab, tumbuh kembang pendidikan anak tak hanya bergantung pada guru di sekolah, melainkan orangtua pun memberikan peran penting di dalamnya.

Terlebih di tengah kondisi pandemi, anak-anak hingga saat ini masih menghadapi kegiatan sekolah jarak jauh secara online.

Ini tentu membuat Mama sebagai orangtua harus berperan sebagai guru baginya.

Dalam mendukung semangat anak untuk belajar meski di rumah saja, Mama bisa menggunakan berbagai gaya belajar yang ada. Seperti visual, auditori, dan kinestetik.

Selain itu, Mama juga bisa menggunakan gaya belajar alternatif menggunakan metode mind mapping.

Ditemui dalam Kuliah WhatsApp (Kulwap) yang diadakan oleh Popmama.com bersama Wendy Said, M.Psi salah satu Psikolog Klinis dari Smart Mind Center pada Jumat (30/04).

Wendy menjelaskan bahwa metode mind mapping bisa dimanfaatkan sebagai gaya belajar alternatif untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

Untuk mengetahui lebih jelas apa itu metode mind mapping dan mengapa menjadi gaya belajar yang dapat memudahkan anak, berikut Popmama.com telah merangkum sesi Kulwap bersama Wendy Said.

1. Apa itu mind mapping?

1. Apa itu mind mapping
Freepik/Pressfoto

Dalam penjelasannya, Wendy menyebutkan bahwa metode mind mapping adalah suatu cara untuk mencatat atau sebagai gaya belajar alternatif untuk menyusun informasi yang dimiliki anak mengenai suatu konten pelajaran dan disusun lebih rapih agar mudah diingat.

Biasanya pembuatan mind mapping bertujuan agar anak lebih mudah mengingat suatu pelajaran dengan bentuk diagram informatif bergambar.

Jika metode merangkum kurang memumpuni, metode ini bisa jadi pilihan, Ma.

Editors' Picks

2. Mind mapping membuat otak anak kerja lebih maksimal

2. Mind mapping membuat otak anak kerja lebih maksimal
Pexels/katerina-holmes

Melalui mind mapping, anak akan belajar lebih maksimal untuk membentuk daya ingatnya. Sebagaimana dalam paparan yang dibagikan Wendy, berikut alasan mengapa mind mapping menjadi alternatif belajar yang efektif:

  • Memaksimalkan kinerja otak

Ketika anak merangkum suatu pelajaran dengan metode ini, informasi yang mereka dapat pun lebih lama diingat untuk digabungkan dengan informasi baru yang ada pada memori anak.

  • Membantu mengingat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa melalui mind mapping, dapat membantu anak lebih mudah mengingat informasi. Dengan diagram menarik yang informatif, tentu saja membuat anak lebih tertarik dan mudah memahami maksud dari informasi yang didapat.

  • Kreatif

Mind mapping juga akan meningkatkan kreatifitas anak mama dalam menuangkan ide pada suatu tema atau informasi yang mereka pelajari.

  • Fleksibel

Mind mapping juga tidak seperti merangkum pada umumnya, Ma. Sebab metode ini sifatnya fleksibel, yang mana dapat dibentuk sesuai dengan keinginan Mama dan anak di rumah. 

  • Simpel

Lebih simpel dan anti monoton seperti rangkuman biasa, mind mapping dapat membuat anak menyusun informasi penting yang lebih luas menjadi satu kesatuan.

3. Kendala menggunakan metode mind mapping

3. Kendala menggunakan metode mind mapping
Freepik

Meski memiliki manfaat sebagai alternatif pembelajaran untuk anak, namun dalam penerapannya terdapat kesulitan atau kendala bagi Mama dan anak yang menggunakannya.

Seperti yang dijelaskan Wendy bahwa mind mapping menjadi suatu hal yang cukup sulit dibuat oleh anak.

Menurutnya, "Ketika anak membuat mind map, mereka akan membutuhkan waktu yang cukup banyak agar mind map dapat terlihat rapi dan memuaskan."

Mengapa demikian?

Sebab jika tidak disusun secara rapi dan jelas, biasanya akan mengundang komentar dari Mama yang membuat anak menjadi kecil hati dan tak semangat belajar.

Selain itu, Wendy juga menyebutkan bahwa mind mapping juga bisa menjadi sesuatu yang kurang praktis, karena ide dan informasi yang ingin dicatat perlu disusun sedemikian rupa agar mudah diingat dan dipahami.

Kendala lainnya, mind mapping juga memiliki keterbatasan karena anak tidak bisa menjabarkan informasi yang lebih detail.

"Karena biasanya mind map terdiri dari kata-kata yang singkat dan mudah untuk diingat," ujarnya.

4. Tips membuat mind mapping agar lebih menyenangkan dan informatif

4. Tips membuat mind mapping agar lebih menyenangkan informatif
Freepik/prostooleh

Dari kendala yang sudah disebutkan di atas, Mama tetap bisa kok mengajarkan metode ini pada anak. Namun, agar lebih menyenangkan sebaiknya coba tips a la Wendy Said berikut ini yuk, Ma!

"Pertama, perlu dipahami bahwa belajar merupakan proses interaktif untuk mencari tahu atau mengenal suatu hal, serta proses aktif untuk mengkonstruksi pemahaman," jelas Wendy.

Mama bisa persiapkan alat tulis lebih dulu sebelum memulai pembuatan mind mapping bersama anak.

Gunakanlah alat tulis dengan varian warna yang banyak agar lebih memungkinkan anak untuk mendapat hasil yang baik.

Setelah itu, persiapkan juga informasi apa saja yang ingin anak pelajari lebih cepat dan tersusun lebih rapi melalui mind mapping. Dan terpenting, jadikan metode ini sebagai kegiatan yang menyenangkan, bebas dari kritikan atau tuntutan.

Terakhir yang disampaikan Wendy untuk seluruh Mama, pahamilah ketertarikan dan kemampuan anak dalam belajar.

Jadikanlah mind mapping sebagai metode belajar alternatif yang menyenangkan, bukan suatu kegiatan yang diharuskan ya, Ma.

Itulah informasi seputar metode mind mapping yang bisa diajarkan pada anak. Bentuk seni mencatat yang lebih menyenangkan ini bisa banget lho Mama manfaatkan sebagai dukungan untuk anak mengingat, meluaskan pengetahauan, serta membuat anak lebih cerdas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.