5 Tips Membangunkan Anak untuk Sekolah di Pagi Hari, Anti Drama!

Bangun pagi untuk sekolah memang selalu jadi drama di pagi hari

7 Desember 2021

5 Tips Membangunkan Anak Sekolah Pagi Hari, Anti Drama
Freepik/Gpointstudio

Kebanyakan orangtua mungkin berpikir bahwa mengurus dan mengasuh bayi adalah hal terberat yang perlu orangtua jalani. Padahal, mengurus toddler atau pun anak usia sekolah nggak kalah kewalahan.

Terlebih ketika harus membangunkannya di pagi hari untuk bersiap sekolah. Tak jarang akan ada saja drama yang terjadi. Mulai dari sulit dibangunkan tidur, menunda bersiap-siap ke sekolah, dan drama lainnya.

Bagi Mama yang sering kali merasakan hal seperti ini, tentu saja jadi tantangan tersendiri, bukan? Nah, untuk mengatasi drama membangunkan anak di pagi hari, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 tips yang mungkin bisa dicoba.

Yuk, simak dan coba terapkan pada anak mama di rumah.

1. Mencukupi jam tidur siang

1. Mencukupi jam tidur siang
Freepik/gpointstudio

Setiap orangtua biasanya memiliki jadwal tersendiri untuk memberikan anak mereka jam tidur siang. Jam tidur siang ini biasanya dilakukan setelah anak pulang sekolah sebagai waktu istirahat usai belajar.

Nah, waktu inilah yang perlu Mama maksimalkan secara penuh padanya. Pastikan anak mendapat jam tidur siang yang cukup dan tidak terganggu karena terlalu lama bermain. Dengan memaksimalkan waktu ini, anak pun tidak akan tidur terlalu larut dan bisa lebih mudah dibangunkan saat akan bersiap sekolah.

Editors' Picks

2. Selalu membuat aturan jam tidur

2. Selalu membuat aturan jam tidur
Freepik

Tak hanya mencukupi jam tidur siangnya, Mama juga perlu menerapkan aturan jam tidur bagi keluarga. Tujuannya adalah agar anak juga bisa mengikuti apa yang anggota keluarga lainnya lakukan.

Jika tidak diberlakukan demikian, nantinya anak akan sulit tidur secara teratur dan berakhir sulit dibangunkan keesokan paginya. Untuk, itu cobalah membuat aturan jam tidur yang bisa diikuti oleh anak mama di rumah.

3. Membuat aturan screen time

3. Membuat aturan screen time
Freepik

Sudah tak dipungkiri bahwa anak zaman sekarang tak lepas dari penggunaan gadget di setiap harinya. Bahkan, saat ini sekolah pun membutuhkannya sebagai alat bantu belajar mengajar secara daring. 

Tak hanya untuk belajar, gadget juga dijadikan alat yang membantu anak mengurangi rasa bosan saat di rumah saja. Meski demikian, Mama tetap perlu mendampinginya dalam bermain gadget agar tidak berlebihan dan membuatnya kurang istirahat.

Untuk itu, cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan aturan screen time untuk mengurangi intensitas penggunaan gadget menjelang tidur. Jadi, saat menjelang tidur anak sudah tidak lagi bermain dengan gadget miliknya.

4. Membagi waktu bersiap di pagi hari

4. Membagi waktu bersiap pagi hari
Pexels/Tiger Lily

Nggak hanya membangunkan anak yang sering membuat keributan di pagi hari, saat akan bersiap-siap sekolah pun tak jarang ada saja drama yang terjadi. Saat anak enggan bersiap-siap, biasanya Mama akan terlibat sedikit keributan padanya. Bukan begitu, Ma?

Untuk menyiasati hal ini terjadi, cobalah membagi waktu bersiap secara bijak di pagi hari. Waktu ini dimaksudkan agar anak tidak saling berebut atau nantinya bisa membantu anak memahami jadwal saat mereka harus bersiap-siap.

5. Berikan apresiasi terhadap anak

5. Berikan apresiasi terhadap anak
Pexels/August de Richelieu

Membangun anak di pagi hari untuk sekolah memang sering kali jadi drama pagi yang tak kunjung usai. Meski begitu, ada kalanya juga membangunkan anak bisa lebih mudah dari biasanya.

Saat hal ini terjadi, Mama bisa memberikan apresiasi dengan memuji anak. Misalnya memberikan kalimat seperti, "Hebat banget anak mama bangunnya nggak susah nih, yuk sekarang siap-siap biar bisa lebih santai sebelum sekolah."

Dengan memberikan apresiasi pada anak, mereka pun bisa lebih bersemangat untuk melakukan kebiasaan baik lainnya setiap hari. Jadi bisa membantu anak menurangi drama bangun pagi nih, Ma.

Itu dia beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi drama membangun anak di pagi hari. Semoga cara di atas bisa dipraktikkan untuk anak mama di rumah ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.