Ujian Sekolah Dimulai, Ini Tips Mendampingi Anak Ujian Secara Online

Sudah siap mendampingi anak ujian secara online, Ma?

30 November 2020

Ujian Sekolah Dimulai, Ini Tips Mendampingi Anak Ujian Secara Online
Pexels/Julia M Cameron

Hari ini, Senin (30/11/20) beberapa sekolah resmi memulai ujian sekolah yang dilakukan secara online. Tak hanya anak, kita sebagai orangtua juga perlu menyiapkan berbagai hal dalam mendampingi mereka mengerjakan ujiannya.

Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memang membutuhkan usaha penyesuaian yang lebih dari biasanya, terlebih ketika Mama harus menyesuaikan antara mendampingi anak sekolah online dan Work from Home (WFH) yang sama-sama butuh perhatian penuh. 

Namun meski demikian, kita sebagai orangtua tetap perlu mengawasi dan mendampingi anak dalam menjalankan sekolah secara online. Terlebih saat ini anak tengah menghadapi ujian sekolahnya.

Lantas, apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan agar anak siap mengerjakan ujiannya dengan baik meski di rumah saja?

Berikut Popmama.com telah menjabarkan tips apa saja yang bisa Mama lakukan dalam mendampingi anak mengerjakan ujian secara online. Disimak yuk, Ma!

1. Temani anak mempelajari mata pelajaran yang akan diuji esok hari

1. Temani anak mempelajari mata pelajaran akan diuji esok hari
Freepik/pressfoto

Menjelang hari ujian, biasanya para orangtua meminta anak mereka untuk mempelajari mata pelajaran yang akan diujikan dari jauh-jauh hari. Hal ini tentunya bertujuan agar anak lebih siap dalam menyambut ujiannya.

Malam hari sebelum ujiannya tiba, Mama juga bisa meminta anak membaca ulang kembali apa yang sudah ia pelajari sebelumnya agar keesokan harinya anak masih mengingat apa yang telah diperlajarinya semalam sebelum ujian dimulai.

2. Memberikan sarapan sebelum ujian

2. Memberikan sarapan sebelum ujian
Freepik

Sarapan adalah hal terpenting dalam memulai hari, ini bertujuan agar anak mendapat banyak energi dan lebih semangat mengerjakan berbagai kegiatan. Terlebih ketika ia akan mengahdapi ujian sekolah, Ma.

Untuk itu, Mama bisa menyiapkan sarapan yang bergizi untuk dimakan anak sebelum ia memulai ujian sekolahnya. Ketika anak sudah memakan sarapannya, maka ia akan lebih semangat mengerjakan ujian meski hanya di rumah saja.

Editors' Picks

3. Memastikan kuota internet dan aplikasi yang digunakan

3. Memastikan kuota internet aplikasi digunakan
Pexels/Pixabay

Dalam menjalankan PJJ selama pandemi ini, kuota internet menjadi kunci utama untuk mengikuti segala kegiatan sekolah online. Adapun saat ujian, Mama juga perlu memastikan bahwa kuota internet yang akan digunakan anak sudah siap dan cukup untuk ia menyelesaikan ujiannya.

Mama bisa memastikan ini semalam sebelum anak memulai ujiannya. Hal ini bertujuan agar keesokan harinya anak sudah siap dan tidak ada kendala pada koneksi internetnya.

Selain kuota internet, Mama juga perlu memastikan pada anak bahwa aplikasi yang digunakan untuk ujian sudah siap. Biasanya saat PJJ anak akan menggunakan aplikasi zoom meeting atau google meet. Mama perlu menanyakan padanya apakah kedua aplikasi tersebut sudah terpasang pada gadget atau laptop yang ia gunakan.

4. Menyediakan fasilitas yang memadai

4. Menyediakan fasilitas memadai
ebay.com

Adanya fasilitas yang memadai dan nyaman membuat anak lebih siap dalam menyambut ujian secara online. Selain gadget atau laptop sebagai penunjang sekolah online, pastikan faslitas pendamping lainnya sudah membuat anak merasa nyaman ya, Ma.

Misalnya meja dan kursi tempat anak belajar secara online, pastikan bahwa itu semua masih bekerja sesuai fungsinya. Headphone atau headset yang digunakan untuk mendengarkan apa yang gurunya jelaskan melalui sekolah online.

Tak hanya itu, Mama juga harus memastikan peralatan tulis yang akan anak gunakan. Meski ujian secara online, kebanyakan guru meminta anak menulisnya lalu kemudian dikirimkan file tersebut berupa foto.

Jadi, pastikan semua fasilitas yang menunjang pelaksanaan ujian sekolah online anak sudah memadai dan membuat anak merasa siap menyelesaikan ujiannya ya, Ma!

5. Memastikan anak mulai ujian sesuai jamnya

5. Memastikan anak mulai ujian sesuai jamnya
Pexels/Andrea Piacquadio

Semalam sebelum ujiannya dimulai, Mama bisa memeriksa jadwal ujian anak untuk mempersiapkan agar esok harinya ia sudah siap sebelum waktu ujian dimulai. Paling tidak 15 menit sebelum waktu ujian di mulai anak sudah siap di depan gadget atau laptopnya ya, Ma!

6. Memastikan kondusi rumah kondusif

6. Memastikan kondusi rumah kondusif
Unsplash/Thomas Park

Terakhir yang bisa Mama lakukan adalah memastikan kondisi rumah kondusif. Anak membutuhkan ketenangan dalam menyelesaikan ujiannya, jadi pastikan kondisi rumah saat itu tidak gaduh ya, Ma. Hal ini agar anak lebih nyaman dan fokus mengerjakan soal-soal yang diujikan.

Nah, itu dia tips yang bisa Mama lakukan dalam mendampingi anak yang sedang menjalani ujian sekolah secara online. Semoga bermanfaat dan anak dapat menyelesaikan ujiannya dengan baik ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.