Jadwal Penyaluran Kuota Gratis untuk Pelajar Dari Kemendikbud

Diharapkan kuota gratis ini dapat meringankan pelajar serta tenaga pendidik

24 September 2020

Jadwal Penyaluran Kuota Gratis Pelajar Dari Kemendikbud
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI (Dok.IDN Times/BKHumas Kemendikbud)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan bantuan kuota bagi pelajar, guru, dosen dan mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Penyaluran bantuan kuota internet ini disalurkan bertahap, mulai September hingga Desember 2020. Proses penyaluran tahap pertama dimulai hari Selasa (22/9/2020), hingga Kamis (24/9/2020).

Dengan adanya bantuan kuota gratis diharapkan bagi pelajar serta guru dan dosen yang menjalani pembelajaran jarak jauh dapat merasa diringankan biaya untuk membeli kuota.

Simak informasi yang sudah Popmama.com rangkum mengenai kuota gratis dari Kemendikbud! 

1. Cara daftar nomor ponsel di DapodikKemendikbud

1. Cara daftar nomor ponsel DapodikKemendikbud
Freepik/tirachardz

Siswa dan mahasiswa diimbau untuk mengumpulkan data nomor ponsel siswa dan mahasiswa. Pihak sekolah dan perguruan tinggi akan mengumpulkan data nomor ponsel yang nantinya akan dimasukkan kedalam aplikasi Dapodik.

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud berfungsi untuk menjaring data pokok pendidikan mulai dari satuan pendidikan, peserta didik serta pendidik dan tenaga kependidikan.

Data di Dapodik ini bakal dimanfaatkan dalam berbagai kebijakan pendidikan pemerintah atau Kemendikbud seperti untuk BOS, bansos, tunjangan, ujian nasional, dan lain-lain.

Berikut ini tata cara menginput data nomor ponsel untuk anak didik tingkat PAUD, sekolah dasar, dan sekolah menengah.

  1. Ketika mencantumkan nomor telepon seluler (ponsel), kepala sekolah juga turut mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) peserta didik. Setelahnya, kepala sekolah pun harus mengisi akta pakta integritas.
  2. Kemudian, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud akan menyaring nomor-nomor tersebut sesuai dengan provider masing-masing untuk diisi paket kuota data. Bagi yang baru memiliki nomor ponsel juga tetap dapat didata oleh sekolah.
  3. Nomor baru juga boleh dimasukkan untuk diberi pulsa kuota. Bagi yang belum tercantum pada tahap pertama ini bisa punya peluang untuk masuk ke tahap berikutnya.

Editors' Picks

2. Pembagian kuota

2. Pembagian kuota
Freepik

Sesuai dengan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud Nomor 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, bantuan kuota dibagi dalam dua penggunaan.

  1. Kuota umum: Kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh platform dan aplikasi
  2. Kuota belajar: Kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Terkait hal tersebut, Wakil Sekertaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia Satriwan Salim mengaku kecewa dengan adanya substansi penjatahan penggunaan kuota.

Hal ini karena menurutnya praktik pembelajaran jarak jauh (PJJ) akan lebih banyak guru dan siswa yang bergantung pada ‘jatah’ kuota umum.

3. Rincian kuota gratis dari Kemendikbud

3. Rincian kuota gratis dari Kemendikbud
Freepik

Secara lengkap berikut ini rincian ‘jatah’ kuota gratis Kemendikbud:

  1. Peserta Didik Jenjang PAUD: 20 GB per bulan dengan rincian: 5 GB kuota umum 15 GB Kuota Belajar 4 Bulan Durasi Bantuan
  2. Peserta Didik Kjenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: 35 GB/bulan dengan rincian: 5 GB Kuota Umum 30 GB Kuota Belajar 4 Bulan Durasi Bantuan
  3. Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 42 GB/bulan dengan rincian: 5 GB Kuota Umum 37 GB Kuota Belajar 4 Bulan Durasi Bantuan
  4. Dosen dan Mahasiswa: 50 GB per bulan dengan rincian: 5 GB Kuota Umum 45 GB Kuota Belajar 4 Bulan Durasi Bantuan

Untuk bantuan ini Kemendikbud mengalokasikan dana Rp8,9 triliun dari optimalisasi anggaran Kemendikbud serta dukungan anggaran Bagian Anggaran dan Bendahara Umum Negara (BA BUN) 2020.

Dari total Rp8,9 triliun tersebut, sebanyak Rp7,2 triliun akan diberikan subsidi kuota internet selama empat bulan dan Rp1,7 triliun untuk para penerima tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, dosen, serta guru besar.
 

4. Jadwal penyaluran kuota gratis

4. Jadwal penyaluran kuota gratis
Freepik/drobotdean

Juknis baru untuk implementasi program ini tertuang dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020. Peraturan baru ini terbit pada 18 September 2020. Berdasarkan ketentuan dalam Juknis tersebut penyaluran bantuan kuota internet gratis pemerintah ini akan dilakukan selama bulan September-Desember 2020. Sementara jadwal panyaluran kuota gratis dari Kemendikbud adalah sebagai berikut.

  1. Jadwal penyaluran bantuan kuota gratis bulan pertama: Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020. Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.
  2. Jadwal penyaluran bantuan kuota gratis bulan kedua: Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020. Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.
  3. Jadwal penyaluran bantuan kuota internet bulan ke-3 dan ke-4: Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020. Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

Bantuan kuota internet untuk bulan pertama dan kedua memiliki masa berlaku masing-masing 30 hari, terhitung sejak kuota diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Sedangkan bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat yang dikirim bersamaan di bulan November 2020 akan berlaku selama 75 hari, sejak kuota diterima nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Kemendikbud menyatakan setiap penerima bantuan hanya dapat menerima kuota internet gratis untuk 1 nomor ponsel, pada setiap bulannya.

Itu dia Ma informasi mengenai pembagian kuota yang dilakukan oleh Kemendikbud kepada pelajar dan tenaga pendidik, dengan adanya upaya ini Kemendikbud berharap dapat sedikit membantu untuk biaya pembelian kuota lho, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.