6 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan Anak

Sayur kangkung ternyata banyak manfaatnya lho, Ma

26 November 2020

6 Manfaat Kangkung Kesehatan Anak
Pertanianku.com

Kangkung adalah salah satu sayuran yang banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tahukah Mama kalau kangkung ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan terutama untuk si Kecil? 

Sayur kangkung dipercaya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk anak-anak. Sejumlah nutrisi penting terkandung dalam sayur kangkung yaitu vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalsium dan fosfor.

Selain rasanya yang tentu sudah enak jika diolah, dapat disimpulkan bahwa manfaat sayur kangkung untuk kesehatan cukup banyak. Warna yang hijau dan segarnya sayur kangkung seakan membuat mata kita terasa dimanjakan saat melihatnya.

Kali ini Popmama.com akan membahas mengenai manfaat dari sayur kangkung untuk kesehatan si Kecil dan bagaimana cara memasak kangkung yang disukai anak serta cara membersihkannya agar tak ada ulat yang tertinggal.

Simak yuk manfaat kangkung untuk anak, Ma.

Cara Membersihkan Kangkung yang Benar

Cara Membersihkan Kangkung Benar
Freepik/maria_sbytova

Daun kangkung memang biasa tumbuh di sawah dan di dalam air. Wajar jika banyak cacing, ulat yang berukuran kecil, atau bakteri lain yang bisa masuk ke dalam batang kangkung yang berongga.

Jika masuk ke dalam mulut tentu sangat mengerikan, bukan? Maka dari itu, sebelum mengonsumsi ada baiknya Mama membersihkan kangkung dengan cara berikut ini:

  1. Petik daun kangkung dari batangnya satu per satu. Cara ini bisa membantu kita untuk membuang kotoran yang menempel.
  2. Belah batang kangkung menjadi dua bagian. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk melihat apakah ada serangga seperti cacing, ulat, atau lintah yang bersarang di batangnya.
  3. Cuci kangkung di bawah air yang mengalir. Mencuci sayuran memang lebih baik jika menggunakan air yang mengalir. Dengan begitu kotoran yang menempel di sela-sela batang kangkung tidak akan tersangkut lagi ke daun kangkung yang sudah bersih.
  4. Membelah batang kangkung menjadi dua bagian. Mama bisa menemukan kotoran atau hama jika membelah batangnya jadi dua bagian. Selain itu, juga bisa membuatnya lebih cepat matang. jadi batang dan daun kangkung bisa matang bersamaan

Bagaimana Cara Aman Mengolah Kangkung untuk Dimakan?

Bagaimana Cara Aman Mengolah Kangkung Dimakan
Pinterest.com/The Woks of Life

Mama tak perlu bingung untuk mengolah kangkung ini, banyak sekali berbagai resep kangkung yang menarik untuk dicoba. Namun, cara pengolahan kangkung yang paling umum ada dua cara, yaitu direbus dan ditumis. 

Biasanya untuk si Kecil lebih suka ditumis ya Ma, tumis kangkung juga bisa divariasikan dengan bahan lain seperti jamur, udang, tauco, atau bahkan daging sapi. Tumis kangkung ini juga banyak ditemukan direstoran-restoran seafood.

Untuk pengolahan kangkung dengan cara direbus biasanya disajikan dalam bentuk plecing kangkung dengan siraman sambal sedap yang menggigit.

Agar tak mengurangi manfaat kangkung, Mama cukup memasak kangkung selama 30 detik saja. Selain menghindari hilangnya nutrisi yang terkandung kangkung karena terlalu lama dimasak, hal ini juga dapat memberikan kesan renyah terhadap kangkung.

Ada juga yang mengolah kangkung dengan cara digoreng hingga kering dengan tepung sampai menyerupai keripik, atau mengolahnya bersama bubur atau yang kerap dikenal sebagai bubur manado.

Manfaat Kangkung untuk Anak

Ternyata selain mudah didapat, sayuran kangkung ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan si Keci lho. Yuk, simak beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan anak berikut ini:

Editors' Picks

1. Baik untuk kesehatan mata

1. Baik kesehatan mata
Freepik

Manfaat kangkung bagi anak yang pertama adalah baik untuk kesehatan mata nih, Ma. Seperti yang diketahui kangkung kaya akan Vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A dipercaya mampu melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri atau virus. Dari Vitamin A ini juga bisa meningkatkan produksi cairan sehingga mata tidak kering.

2. Melawan kerusakan hati (liver)

2. Melawan kerusakan hati (liver)
Pexels/Tatiana Syrikova

Kangkung juga punya manfaat untuk melawan kerusakan organ hati lho, Ma. Kangkung memiliki manfaat yang dapat melindungi hati dari kerusakan, luka dan peradangan.

Karena kangkung dapat memproduksi enzim yang bisa mengeluarkan racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan hati atau liver.

3. Mencegah diabetes

3. Mencegah diabetes
Unsplash/CDC

Perlu diketahui bahwa penyakit diabetes ini bisa menyerang anak kapan saja. Maka dari itu Mama bisa mencegah diabetes yang terjadi pada anak dengan mengonsumsi kangkung.

Ekstrak kangkung dapat membantu penyerapan gula dalam darah dan si Kecil dapat terhindar dari penyakit diabetes yang cukup berbahaya sejak dini.

4. Mengatasi anemia

4. Mengatasi anemia
Freepik

Gejala anemia bisa diatasi dengan kandungan yang terdapat dalam sayur kangkung, karena kangkung mengandung zat besi dan fosfor.

Anemia bisa menyerang anak-anak hingga membuatnya sering pusing. Dengan sering mengonsumsi kangkung, dapat menghindarkan dari anemia.

Zat besi yang terdapat dikangkung membantu dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah dibutuhkan untuk mendorong oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh, seperti jantung dan otak.

5. Mencegah dehidrasi

5. Mencegah dehidrasi
hiplatina.com

Manfaat kangkung untuk anak yang selanjutnya adalah baik untuk mencegah dehidrasi. Kangkung memiliki berbagai jenis kandungan mineral yang bisa membantu anak terhindar dari dehidrasi karena mineral seperti kalium dan natrium yang ada di dalamnya.

Kalium dan natrium bisa menjaga keseimbangan cairan dan kadar elktrolit dalam tubuh yang bisa mencegah kehilangan terlalu banyak cairan.

6. Meningkatkan kualitas otak

6. Meningkatkan kualitas otak
Freepik/prostooleh

Kangkung mengandung vitamin B kompleks dan omega 4 yang bisa meningkatkan kinerja otak agar lebih baik.

Sayur kangkung ini sangat baik dikonsumsi saat anak-anak dalam masa pertumbuhan agar kapasitas otak si Kecil bisa meningkat dan menjadi lebih cerdas.

Itu dia Mama manfaat kangkung untuk anak. Mulai sekarang, jangan khawatir jika kangkung menjadi salah satu sayur favorit bagi si Kecil ya Ma, karena sayur hijau ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.