Viral Video Air Mengalir Bak Membeku, Fakta yang Anak Perlu Ketahui

Ini penjelasan dari pakar Guru Besar Fisika Teori dari Institut Pertanian Bogor

30 Oktober 2020

Viral Video Air Mengalir Bak Membeku, Fakta Anak Perlu Ketahui
Instagram.com/makassar_iinfo

Mama, beberapa waktu yang lalu dunia Instagram dihebohkan dengan salah satu video air mengalir namun terlihat beku.  Video tersebut diunggah di akun @makassar_iinfo yang memiliki pengikut sebesar 1 juta lho, Ma!

Video tersebut diunggah dengan keterangan "Terlihat air ini seperti beku, tenyata air mengalir. Ini terjadi akibat kecepatan air konstan makanya bentuk air yang mengalir tetap. Video: keane_daddy"

Hal ini menjadi viral dan membuat banyak orang bertanya-tanya bahkan mungkin termasuk si Kecil. Mengapa hal itu bisa terjadi ya, Ma? Terdapat beberapa penjelasan dari pakar Guru Besar Fisika Teori dari Institut Pertanian Bogor lho, Ma.

Kira-kira apa sih penjelasannya yang bisa Mama sampaikan ke si Kecil jika si Kecil bertanya kepada Mama? Popmama.com sudah merangkumnya untuk Mama berikut ini.

Editors' Picks

1. Faktor yang seolah air seperti membeku

1. Faktor seolah air seperti membeku
Pexels/Markus Spiske

Mama, perihal video yang viral tersebut pasti membuat Mama juga bertanya-tanya kan? Nah, sebenarnya mengapa hal itu bisa terjadi dikarenakan dinamika laju aliran mungkin tidak dapat ditangkap secara baik oleh kamera sehingga air terlihat beku.

Bukan hanya itu, ternyata fenemona ini dinamakan aliran laminar lho, Ma!

Aliran laminar mengacu pada aliran fluida ke arah garis aliran, yang arahnya bersinggungan dengan vektor kecepatan di setiap titik fluida, dan di sepanjang jalur yang tidak saling berpotongan dan tidak bersifat rotasional.

Hal tersebut dibenarkan oleh Guru Besar Fisika Teori dari Institut Pertanian Bogor, Husin Alatas.

"Benar bahwa air yang terlihat mengalir di video membentuk aliran laminar,” kata Husin.

2. Fenomena ini dimungkinkan karena diameter lubang

2. Fenomena ini dimungkinkan karena diameter lubang
Freepik

Menurut penjelasan dari Husin Alatas sebagai Guru Besar Fisika Teori dari Institut Pertanian Bogor, fenomena ini terjadi juga dimungkinkan jika diameter lubang tempat air keluar memiliki diameter yang relatif cukup dan kontur permukaan lubang yang relatif rata.

Oleh karena itu, relatif tidak ada hambatan, yang akan menyebabkan arah vektor kecepatan pada permukaan luar fluida berubah, dan perubahan ini akan mempengaruhi titik aliran fluida lainnya.

3. Fenomena ini dinamakan fenomena aliran laminar

3. Fenomena ini dinamakan fenomena aliran laminar
Pexels/Rawpixel.com

Sementara itu mengutip dari Science Alert, ternyata memang fenomena mengalirnya air seolah beku ini merupakan aliran laminar ya, Ma.

Pada aliran laminar, ketika fluida mengalir dalam lapisan paralel, maka itu tidak akan terputus.. Aliran laminar terjadi saat saluran aliran relatif kecil.

Fluida bergerak relatif lambat dan viskositasnya relatif tinggi. Air dapat mengalir perlahan dari lubang di titik aliran mana pun dengan kecepatan, tekanan, dan karakteristik aliran tertentu untuk mempertahankan nilai konstan yang sempurna.

Aliran laminar sendiri merupakan kebalikan dari fenomena lain yang disebut turbulensi, yaitu mengalami fluktuasi yang konstan dan tidak teratur.

Itu dia Ma penjelasan mengapa air yang mengalir bisa terlihat membeku. Selain bisa menjawab pertanyaan anak tentang fenomena tersebut, semoga informasi di atas juga menjadi ilmu baru untuk Mama ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.