TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hari Anak Nasional 2022: Sejarah, Tema, Logo, dan Twibbon

Peringati HAN 2022 dengan ceria dan bahagia!

21 Juli 2022

Hari Anak Nasional 2022 Sejarah, Tema, Logo, Twibbon
Instagram.com/kemenpppa

Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli tersebut dimulai sejak 1984 pada era Presiden Soeharto.

Peringatan Hari Anak digagas sejak tahun 1951 oleh Kongres Wanita Indonesia (Kowani) melalui keputusan sidangnya. Gagasan tersebut kemudian membuahkan hasil, Pekan Kanak-Kanak dapat diselenggarakan pada tahun 1952.

Kegiatan itu mendapat sambutan langsung dari Presiden Soekarno. Di mana menjadi cikal bakal peringatan Hari Anak Nasional di masa depan.

Berikut Popmama.com rangkum lengkap sejarahHari Anak Nasional 2022beserta tema, logo dan twibbon-nya. 

1. Sejarah Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli

1. Sejarah Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli
Freepik/Rawpixel-com

Melihat respons yang baik dari Presiden Soekarno, Kowani kemudian melakukan perumusan yang lebih serius lagi untuk pelaksanaan Pekan Kanak-Kanak di tahun 1953. Dulu Pekan Kanak-Kanak diselenggarakan secara rutin setiap pekan kedua di bulan Juli, saat anak-anak memasuki masa liburnya. 

Karena penetapan itu dinilai tidak memiliki nilai historis, muncul usulan terkait kapan waktu yang tepat untuk peringatan hari anak di Tanah Air.

Awalnya Hari Anak Nasional diperingati setaip tanggal 1 Juni mengikuti dengan tanggal Hari Anak Internasional. Namun, kemudian Kowani mengusulkan dan menetapkan 6 Juni sebagai Hari Kanak-Kanak Indonesia.

Lantaran 6 Juni sama dengan hari ulang tahun Soekarno, ini sempat menjadi masalah di masa pemerintahan Presiden Soeharto. Peringatan Hari Anak Nasional kemudian sempat dihapuskan, hingga kemudian ditetapkan kembali menjadi tanggal 23 Juli.

Tanggal ini dipilih karena menyesuaikan tanggal ditetapkannya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak pada tanggal 23 Juli 1979. Pemilihan tanggal itu ditetapkan oleh Presiden Soeharto pada 19 Juli 1984 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984.

Pasal 1 ayat (1) Keppres tersebut berbunyi "Dalam rangka pembinaan untuk mewujudkan kesejahteraan anak, tanggal 23 Juli ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional". Adapun dasar pemikiran Hari Anak Nasional ini yakni anak adalah aset yang sangat berharga bagi Bangsa Indonesia.

Editors' Picks

2. Penatapan Hari Anak Nasional 2022

2. Penatapan Hari Anak Nasional 2022
Pexels/Peter Kambey

Sementara untuk Hari Anak Nasional 2022 menurut situs resminya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemenpppa RI) menyampaikan tema perayaan Hari Anak Nasional 2022 yakni "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".

Peringatan HAN dilaksanakan sebagai amanat dari peraturan perundang-undangan di bawah ini:

  • Pasal 28B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-Undang;
  • Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  • Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tentang Hari Anak Nasional;
  • Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Convention on the Rights of the Child (Konvensi Hak Anak); dan
  • Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2020 tentang Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

3. Tema Hari Anak Nasional 2022

3. Tema Hari Anak Nasional 2022
Freepik/pressfoto

Dalam Buku Pedoman Hari Anak Nasional (HAN) 2022, Kemenpppa RI menyebutkan bahwa tema Hari Anak Nasional tahun ini adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju." Selain itu, ada tiga subtema yakni "Peduli Pasca Pandemi Covid-19", "Anak Tangguh Pasca Pandemi Covid-19", dan "Anak Tangguh, Indonesia Lestari."

Tujuan diperingatinya Hari Anak Nasional umumnya adalah sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Sedangkan tujuan khususnya untuk memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. 

Pasalnya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

4. Filosofi logo Hari Anak Nasional 2022

4. Filosofi logo Hari Anak Nasional 2022
kemenpppa.go.id

HAN 2022 memiliki logo serta slogan yang menjadi tema pelaksanaannya. Arti dari logo HAN 2022 adalah:

  • Tiga anak yang memegang bendera Merah Putih

Setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (cita-cita) yang dapat diraih dengan doa, semangat, dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi, agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sang saka merah putih.

  • Warna merah dan putih

Melambangkan kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap kreatif dan semangat serta saling mendukung dalam melewati masa sulit.

  • Garis berwarna abu

Situasi pasca pandemi Covid-19 berdampak pada dunia anak dengan perubahan pola hidup. Meskipun demikian, tetap harus diupayakan pemenuhan haknya, bergembira dan penuh kreativitas, dalam perlindungan keluarga.

5. Twibbon Hari Anak Nasional 2022

5. Twibbon Hari Anak Nasional 2022
twibbonize.com

Selain mengetahui logo dan tema HAN 2022, ada pula twibbon untuk memperingatinya. Twibbon ini bisa dipakai untuk unggah foto di media sosial seperti Twitter dan Instagram.

Berikut link twibbon HAN 2022 : download di sini

Itulah tadi rangkuman lengkap sejarah Hari Anak Nasional 2022 beserta tema, logo dan twibbon-nya. Semoga bermanfaat untuk mama, papa dan si Kecil merayakan HAN 2022 dengan ceria!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk