Yuk Ma, Ajarkan Anak Menabung Sejak Kecil

Agar terbiasa, Mama harus mengajarkan si Kecil menabung sejak kecil

20 Juli 2020

Yuk Ma, Ajarkan Anak Menabung Sejak Kecil
Freepik/Asier Romero

Mengajarkan anak menabung sejak kecil merupakan hal yang penting, Ma. Sebab saat anak sudah terbiasa, kegiatan menabung bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan dalam keseharian.

Manfaat yang bisa didapat dari mengajarkan anak menabung sejak kecil terbilang beragam.

Selain menjadi tidak boros, anak yang sudah dibiasakan menabung sejak kecil juga cenderung bisa mengelola keuangannya dengan baik ketika sudah dewasa nanti. 

Untuk Mama yang tertarik mengajarkan anak menabung sejak dini, berikut Popmama.com sebutkan beberapa langkah yang bisa Mama terapkan.

1. Mengenalkan konsep uang

1. Mengenalkan konsep uang
Freepik/Supreeya Chantalao

Mengenalkan konsep uang kepada anak sedari kecil rupanya penting. Mama perlu untuk memberi tahu kepada anak apa itu uang dan apa kegunaanya.

Dalam memperkenalkan uang kepada anak, Mama dapat memberitahu mereka bahwa setiap uang baik koin ataupun lembar memiliki nominal yang berbeda.

Ajak anak untuk mengelompokkan uang berdasarkan warna atau nominalnya agar anak menjadi lebih paham

Editors' Picks

2. Ajak bermain jual beli

2. Ajak bermain jual beli
Unsplash/Jordan Rowland

Karena dunia anak adalah dunia bermain, Mama dapat mengajarkan anak mengenal uang lewat permainan. Ajak anak untuk bermain jual-beli dengan aturan Mama sebagai penjual dan anak sebagai pembeli. 

Dari permainan ini, Mama dapat mengajarkan kepada anak bahwa tidak semua barang yang dijual bisa dibeli.

Mereka harus  memilih mana barang yang ingin didahulukan untuk dibeli sesuai dengan uang yang dimiliki.

Dengan permainan seperti ini, secara perlahan anak akan mulai mengenal uang dan fungsinya serta sedikit mengetahui bagaimana cara mengelolanya. 

3. Berikan uang saku

3. Berikan uang saku
Unsplash/Kelly Sikkema

Jika anak mulai sekolah, Mama bisa mulai mengenalkan uang lebih dalam lagi dengan cara memberinya uang saku secukupnya.

Saat anak duduk di bangku Sekolah Dasar misalnya, Mama bisa memberikannya uang saku sebesar Rp 10.000 dan jangan berikan uang lebih meskipun anak merengek memintanya.

Beritahu kepadanya bahwa ia harus memanfaatkan uang tersebut dengan baik untuk membeli apa yang diinginkan. 

Saat ada mainan yang ingin ia beli misalnya, beri pemahaman bahwa uang yang dimilikinya tidaklah cukup untuk membeli barang tersebut.

Berikan penjelasan kepadanya bahwa untuk membeli mainan tersebut, anak perlu untuk menyimpan atau menyisihkan uang saku yang dimiliknya.

Beri pengertian secara perlahan agar anak dapat mengerti apa yang Mama maksud. 

4. Belikan Celengan

4. Belikan Celengan
Freepik/Awesome Content

Jika anak sudah mulai sedikit belajar menyisihkan uang untuk membeli barang yang diinginkkannya, belikanlah anak celengan yang menarik.

Mama bisa membelikan celengan karakter yang disuka anak mama.

Beri semangat kepadanya dan beri tahu pula bahwa semakin sering ia menyisihkan uang yang dimilikinya maka celengan akan semakin cepat untuk penuh dan bisa segera digunakan untuk membeli barang yang diinginkan. 

5. Berikan contoh juga

5. Berikan contoh juga
Freepik/David Franklin

Memberikan contoh merupakan cara terbaik untuk mengajarkan anak. Agar anak lebih mengerti lagi soal pentingnya menabung, Mama juga harus memberikan contoh kepadanya secara langsung.

Saat Mama membeli celengan, berikan untuk anak satu dan beli satu untuk Mama. Perlihatkan kepadanya bahwa Mama juga turut menabung untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Dengan sama-sama menabung, anak akan semakin tertarik dan semangat lho Ma. 

Itu dia Ma cara mengajarkan anak menabung sejak kecil. Dengan mengajarkan anak menabung, anak akan bisa lebih menghargai uang. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.