6 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh Anak

Ada beragam makanan yang bisa meningkatan imunitas tubuh anak

1 April 2019

6 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh Anak
Freepik

Imunitas tubuh merupakan “benteng” dari kesehatan. Anak yang memiliki sistem imunitas tubuh yang baik cenderung tidak mudah terserang penyakit dan memiliki tubuh yang sehat.

Menjaga imunitas tubuh anak agar tetap optimal memang tugas yang harus Mama lakukan. Namun ini bukan hal yang mudah. Selain harus mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan baik, Mama juga harus mengajarkan pola hidup sehat.

Mama harus memastikan asupan makanan yang dikonsumsi anak mengandung gizi yang seimbang, termasuk mengandung nutrisi yang bisa menyokong imunitas tubuh anak. anak tidak mudah terserang penyakit. Tak hanya itu saja, anak juga harus mengonsumsi makanan bergizi agar imunitas tubuhnya tetap terjaga.

Mama ingin tahu apa saja makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh anak? Dilansir dari Super Healthy Kids, berikut beberapa diantaranya:

1. Yogurt

1. Yogurt
Freepik/Bearfotos

Yogurt merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh anak. Kandungan probiotik yang terdapat pada yogurt baik untuk kesehatan saluran cerna dan dapat meningkatkan imunitas tubuh anak.

Namun Mama harus jeli dalam memilih yogurt untuk dikonsumsi anak. Pastikan yogurt yang Mama berikan rendah gula. Jadi lebih baik berikan anak yogurt tanpa rasa agar manfaatnya dapat diperoleh. Apabila anak kurang menyukainya, tambahkan sedikit jus buah atau smoothies yang bisa Mama buat sendiri. 

2. Telur

2. Telur
Freepik

Kekurangan vitamin D pada anak dapat membuat anak mudah terserang penyakit. Untuk itulah, agar imunitas tubuh anak terjaga dengan baik, pastikan anak mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D, seperti telur misalnya.

Telur tak hanya  mengandung vitamin D, tetapi juga mengandung  nutrisi lain yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh anak, seperti vitamin B dan selenium. Kandungan antioksidan yang tinggi pada telur juga baik untuk kesehatan anak.

Editors' Picks

3. Ubi jalar

3. Ubi jalar
Pixabay/Einladung_zum_Essen

Makanan peningkat imunitas tubuh anak berikutnya adalah ubi jalar. Ubi jalar masuk ke dalam makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung vitamin C, salah satu vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain kandungan vitamin C, dalam ubi jalar juga mengandung beta karoten yang tinggi untuk meningkatkan jumlah sel darah putih.

4. Kacang kenari

4. Kacang kenari
Pixabay/Marijana1

Dilansir dari Webmd, kacang kenari kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Para ahli percaya bahwa kandungan omega 3 memiliki peran dalam membantu tubuh melawan penyakit.

Adapun selain kandungan omega 3, kenari juga masuk ke dalam salah satu makanan yang tinggi akan kandungan antioksidan berkat kandungan vitamin E yang cukup tinggi di dalamnya. Beberapa jenis kacang bahkan diklaim hanya memiliki setengah kandungan antioksidan dari kenari.  

5. Brokoli

5. Brokoli
Freepik

Sayuran satu ini harus masuk ke dalam menu makanan yang dikonsumsi anak karena ada beragam nutrisi penting dalam brokoli yang membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C, A, E, dan sejumlah antioksidan lainnya misalnya, dapat menjadi “senjata” untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika anak mama termasuk yang tidak dengan sayuran, siasati dengan penyajian yang berbeda. Mama dapat menambahkan brokoli yang dipotong kecil-kecil ke dalam pasta favoritnya. Atau bisa pula menambahkan cocolan atau lelehan keju diatasnya agar rasa brokoli menjadi ‘lebih ramah’ di lidah anak.

6. Buah beri

6. Buah beri
Freepik/xb100

Aneka jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry, cranberry, dan blackberry juga masuk ke dalam makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh anak. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam buah berries cukuplah tinggi sehingga mampu membantu tubuh melawan radikal bebas.

Tak hanya kandungan antioksidannya saja yang tinggi,  buah beri juga kaya akan kandungan vitamin C sehingga membawa manfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh anak. Jadi,  berikan si Anak camilan sehat berupa buah berries yuk Ma, agar imunitas tubuhnya terjaga dengan baik.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.