Eksklusif: Tips Menerapkan Pola Makan Sehat Anak a la Shireen Sungkar

Sejak dini, Shireen Sungkar membiasakan ketiga anaknya ngemil buah-buahan dibanding camilan kemasan

24 Mei 2022

Eksklusif Tips Menerapkan Pola Makan Sehat Anak a la Shireen Sungkar
Instagram.com/shireensungkar

Setelah tiga tahun berpacaran, Shireen Sungkar mantap memutuskan untuk menikah dengan Teuku Wisnu pada 17 November 2013.

Kini, rumah tangga pasangan hasil cinlok dari sinetron ‘Cinta Fitri’ ini telah dikaruniai dua orang buah hati yang masing-masing mempunyai selisih perbedaan umur dua tahun.

Anak pertamanya lahir pada 10 September 2014 yang diberi nama Teuku Adam Al Fatih. Kemudian anak keduanya bernama Cut Hawwa Medina Al Fatih, lahir pada 25 Juli 2016. Sedangkan putri bungsunya, Cut Shafiyyah Mecca Al Fatih, lahir pada 25 April 2018.

Masih dalam masa pertumbuhan, membuat Shireen harus ekstra memperhatikan asupan yang dimakan ketiga buah hatinya. Bahkan sejak dini, ia sudah membiasakan anak-anaknya ngemil dengan buah-buahan dibanding camilan kemasan.

Melalui interview eksklusif bersama Popmama.com, Shireen pun membagikan tips menerapkan pola makan makan sehat pada ketiga anaknya.

Seperti apa ya? Yuk, simak informasi selengkapnya Ma!

1. Menyukai makanan sehat, Shireen Sungkar berusaha menularkan kepada tiga anaknya

1. Menyukai makanan sehat, Shireen Sungkar berusaha menularkan kepada tiga anaknya
Popmama.com/Sania Chandra

Shireen Sungkar menjadi salah satu artis yang membiasakan ketiga anaknya makan makanan sehat sejak kecil. Menurutnya, salah satu kriteria makanan sehat dan bergizi untuk dikonsumsi keluarga kecilnya ialah perlu bersertifikat halal.

“Karena kan banyak orang kayak dulu aku masih nggak paham kalau halal bukan no pork aja, padahal dari pemilihan bumbu itu banyak banget yang perlu diperhatikan kehalalannya,” katanya saat ditemui oleh Popmama.com dalam acara Silaturahmi Halal Bi Halal bersama Shireen Sungkar di kawasan Tangerang, Senin (23/5/2022).

Makanan sehat sering kali identik dengan makanan yang memiliki cita rasa kurang, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Padahal tidak demikian. Sebagai orangtua, Shireen memiliki cara khusus agar anak-anaknya mau makan buah-buahan atau sayur-sayuran.

“Misalnya ngecreate sehat untuk anak gampang banget, tinggal bikin cake terus didalamnya dikasih buah-buahan atau pudding buah yang manisnya dikurangin. Jadi banyak hal yang bisa dilakukan tanpa mereka mikir kalau makanan sehat tuh horor,” ujarnya.

Editors' Picks

2. Menyediakan sarapan sehat pengisi energi untuk anak-anaknya sebelum pergi ke sekolah

2. Menyediakan sarapan sehat pengisi energi anak-anak sebelum pergi ke sekolah
Instagram.com/shireensungkar

Persis seperti karakter masyarakat Indonesia pada umumnya, keluarga kecil Shireen dan Teuku Wisnu juga menerapkan makan tiga kali sehari. Namun, menu yang dimakan tidak semuanya berisi makanan berat.

Di pagi hari, Shireen memilih untuk menyediakan makanan ringan namun kaya akan energi, seperti sereal atau roti. Roti yang dipilih pun bukan roti sembarangan, melainkan roti gandum. Karena tahu anak-anaknya suka manis, Shireen suka memadukan roti dengan madu.

“Jadi kalau pagi anak-anak biasanya makan sereal atau roti. Rotinya pun biasanya kasihnya roti gandum. Karena anak-anak suka manis, aku biasa pakai margarin terus pakai gula. Lalu besoknya aku ganti madu,” ucap Shireen Sungkar.

Selain roti, terkadang Shireen juga menyiapkan susu dan buah-buahan untuk menu makan sehat pagi ketiga anaknya. Hal ini dilakukan agar anak-anaknya mendapatkan asupan energi yang cukup sebelum memulai hari ke sekolah.

“Yang pagi makanannya benar-benar yang ringan. Anak-anak aku kasih terkadang ada susu, buah, karena mereka sarapan untuk ke sekolah jadi harus kuat,” tuturnya.

3. Menu wajib demi kebaikan tumbuh kembang ketiga anaknya adalah buah-buahan dan sayur-sayuran

3. Menu wajib demi kebaikan tumbuh kembang ketiga anak adalah buah-buahan sayur-sayuran
Popmama.com/Sania Chandra

Bagi Shireen, buah dan sayur merupakan makanan wajib yang harus dikonsumi anak-anaknya setiap hari. Beruntungnya, ketiga anaknya tersebut menyukai buah walaupun buah favorit masing-masing dari mereka berbeda.

Karena mengetahui kesukaan ketiga anaknya berbeda, Shireen pun mengakalinya dengan menyediakan satu mangkok berisi berbagai macam buah. Sehingga, mereka tinggal memilih ingin makan buah yang mana.

“Buah sama sayur harus (dimakan) setiap hari. Tiga anak ini beda-beda, ada yang suka banget sama apel, ada yang suka banget sama jeruk, itu beda-beda. Biasanya aku kasih fruit ball jadi mangkok isinya buah-buahan, tinggal mereka pilih mau yang mana aja,” ungkap Shireen Sungkar.

Sedangkan untuk sayur sendiri, pemeran utama sinetron ‘Cinta Fitri’ ini mengatakan jika ketiga buah hatinya sangat menyukai brokoli, wortel, dan bayam. Sehingga untuk makanan sehat sehari-hari, dirinya lebih suka menyajikan aneka macam sop.

“Kalau anak-anak sukanya sayur dibikin sop, suka banget brokoli, wortel, sama bayem. Jadi kadang bikin sayur bening, kadang sop, jadi ganti-ganti,” lanjutnya.

4. Merasa bersyukur karena ketiga anaknya tidak ada yang mempunyai alergi makanan

4. Merasa bersyukur karena ketiga anak tidak ada mempunyai alergi makanan
Instagram.com/shireensungkar

Pada beberapa kasus, sering kali orangtua mendapati anaknya ternyata mempunyai alergi pada makanan tertentu. Apalagi, alergi makanan biasanya berlangsung sejak masa kanak-kanak. Jika tidak mendapat pertolongan cepat, alergi makanab pada anak bisa berujung fatal.

Shireen merasa bersyukur karena ketiga anaknya tidak ada satu pun yang mempunyai alergi terhadap makanan tertentu. Namun putri bungsunya, yaitu Shafiyyah, termasuk anak yang picky eater.

Shafiyyah sangat menyukai makanan yang berkuah dan tidak bisa makan makanan kering. Sehingga sehari-harinya, Shireen harus menyediakan makanan berkuah untuk putrinya tersebut.

“Alhamdulillah nggak ada (yang alergi makanan). Cuman yang picky ada, yang ketiga itu maunya makan ada kuah dia nggak bisa makan kering. Tiap hari makannya kuah,” jelas Shireen Sungkar.

5. Membatasi makanan manis dan menggantinya dengan pemanis alami

5. Membatasi makanan manis mengganti pemanis alami
Popmama.com/Sania Chandra

Di masa tumbuh kembang ketiga buah hatinya, Shireen sebagai orangtua tidak hanya berupaya menyediakan menu makan sehat. Tetapi ia juga membatasi anak-anaknya untuk makan makanan manis secara berlebihan.

“Manis sih dibatasin banget karena terlalu banyak sugar nggak bagus buat mereka. Sebenernya bukan nggak boleh, tapi terlalu berlebihan aja perlu dihindari,” jelas Shireen Sungkar.

Sebagai pengganti rasa manis dari gula atau pemanis buatan yang disukai kebanyakan anak, Shireen memilih untuk menyediakan makanan manis dari bahan-bahan alami, seperti buah-buahan, madu, hingga susu.

“Sebagai gantinya aku memberikan buah, madu, susu. Itu pun juga nggak terlalu banyak juga sih. Alhamdulillah mereka juga suka sama kurma, itu bagus buat energinya mereka,“ pungkasnya.

Wah, berguna banget ya tips yang diberikan Mama Shireen ini. Semoga bisa diterapkan juga untuk para Mama di luar sana ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk