Pertolongan Pertama saat Dada Anak Sakit dan Seberapa Bahayanya?

Seiring bertumbuhnya anak terkadang anak merasakan nyeri pada bagian dada

9 September 2020

Pertolongan Pertama saat Dada Anak Sakit Seberapa Bahayanya
Freepik/Freepik

Nyeri pada dada seringkali membuat seseorang merasa khawatir, terutama jika penderitanya adalah anak-anak. Orangtua mungkin akan panik dan khawatir dengan kondisi anaknya.

Kondisi yang menyebabkan dada anak sakit bisa disebabkan oleh kelainan jantung bawaan dari lahir, tapi bisa juga bukan karena kelainan jantung.

Untuk masing-masing kondisi akan membutuhkan penanganan dan respons yang berbeda.

Untuk itu, Popmama.com akan kupas secara singkat dan jelas tentang pertolongan pertama saat dada anak sakit.

Editors' Picks

Kondisi yang Menyebabkan Dada Anak Sakit

Kondisi Menyebabkan Dada Anak Sakit
Freepik

Seperti yang sudah disinggung sedikit bahwa kondisi dada anak sakit bisa dikarenakan 2 hal, yaitu kelainan jantung bawaan dan bukan karena kelainan jantung.

Kondisi dimana dada anak sakit yang disebabkan kelainan jantung hanya terjadi pada 5% jumlah anak.

Sedangkan kondisi lainnya bukan disebabkan karena kelainan jantung, melainkan masalah otot atau saraf yang terjepit di area dada. Kondisi ini disebut dengan Precordial catch syndrome (PCS).

Kondisi ini sering terjadi pada anak-anak usia 6 tahun, remaja, dan dewasa awal 20 tahun.

Kondisi dimana dada anak sakit seperti ini bukan bukan kondisi medis yang serius dan biasanya tidak membahayakan.

Tanda atau Gejala yang Ditimbulkan saat Dada Anak Sakit

Tanda atau Gejala Ditimbulkan saat Dada Anak Sakit
Freepik/jcomp

Tanda atau gejala yang ditimbulkan saat dada anak sakit pada kondisi PCS sering tidak memperlihatkan gejala ataupun perubahan fisik.

Namun, pada umumnya saat pada saat dada anak sakit yang dirasakan adalah rasa nyeri yang tiba-tiba muncul saat membungkuk, rasa seperti ditusuk jarum pada bagian dada, terasa nyeri hanya di satu bagian, rasa sakit akan semakin buruk saat mengambil napas dalam, dan terjadi dalam waktu singkat dan hanya sekali dalam sehari.

PCS biasanya muncul seiring dengan pertumbuhan fisik, postur tubuh yang buruk, atau akibat trauma akibat pukulan di bagian dada.

Penanganan yang Diperlukan untuk Mengatasi Nyeri pada Dada Anak

Penanganan Diperlukan Mengatasi Nyeri Dada Anak
nationalpainreport.com

Precordial catch syndrome yang menyebabkan dada anak sakit biasanya hanya terjadi dalam waktu singkat sehingga tidak diperlukan pengobatan khusus. Seiring bertambahnya usia maka keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.

Namun, jika rasa nyeri di bagian dada sangat mengganggu atau membuat pengelihatan hilang sesaat maka konsultasikanlah pada dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat anti inflamasi untuk mengurangi rasa sakit.

Jika saat anak mengeluhkan dadanya yang sakit saat mengambil napas yang dalam maka bimbing anak untuk mengambil napas pendek. Lakukan napas pendek hingga rasa nyeri menghilang.

Lalu, ajarkan anak untuk mengambil posisi tubuh yang lebih baik. Misal, dari yang sebelumnya ia membungkuk maka perlahan posisikan tubuh menjadi lebih tegak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.