Harus Kerja, Cara Unik Daniel Mananta Mengajarkan Anak Menabung

Cara Daniel Mananta mengajarkan kedua anaknya menabung bisa menjadi inspirasi tersendiri nih, Ma

24 November 2020

Harus Kerja, Cara Unik Daniel Mananta Mengajarkan Anak Menabung
Instagram.com/lolagin

Daniel Mananta memperlihatkan apartemennya secara eksklusif di channel YouTube Boy William. Saat memperlihatkan berbagai sudut ruangan kepada Boy, Daniel pun mengajaknya masuk ke kamar tidur kedua anaknya yang bernama Mila dan Noam.

Di dalam kamar kedua anaknya, Daniel memperlihatkan kalau kedua anaknya memiliki tiga toples untuk menyimpan uang. Mila dan Noam masing-masing memiliki tiga toples yang diberikan nama save, spend dan give

"Jadi anak-anak memiliki tiga toples. Ini punya Noam dan ini punya Mila, isinya uang," ucap Daniel kepada Boy.

Kedua Anak Daniel Mananta Harus Bekerja Dulu untuk Mendapatkan Uang dan Menabung

Kedua Anak Daniel Mananta Harus Bekerja Dulu Mendapatkan Uang Menabung
Instagram.com/lolagin

Melalui video segmen #DiBalikPintu, Daniel Mananta menjelaskan terkait tiga toples milik anak-anaknya yang diberikan nama save, spend dan give

Berdasarkan pernyataannya, Daniel menjelaskan bahwa toples save dipakai anak-anaknya untuk menabung. Kemudian, uang di dalam toples spend bisa dihabiskan dan toples save digunakan untuk menabung. 

Kebiasaan kecil yang dilakukan oleh anak-anak Daniel ini dilakukan agar Mila dan Noam menabung sedini mungkin. 

Tak hanya menjelaskan soal ketiga toples tersebut saja, namun Daniel juga menjelaskan bahwa anak-anaknya harus bekerja terlebih dahulu untuk mendapatkan uang. 

“Ada tiga pekerjaan yang harus mereka lakukan. Jika mereka melakukan ketiga pekerjaan tersebut maka mereka akan mendapatkan uang sesuai dengan umur mereka. Noam yang umurnya 4 tahun, maka akan mendapatkan Rp 40.000. Sementara itu, Mila yang umur 8 tahun akan mendapatkan Rp 80.000," jelas Daniel. 

Daniel menjelaskan bahwa pekerjaan yang mereka lakukan pun seperti bantu membuat pancake atau bantu membersihkan vespa milik istrinya. Jika kedua anaknya tidak melakukan tugas yang sudah ditentukan, maka mereka tidak akan mendapatkan uang.

Cara Daniel yang berusaha mengajarkan anak-anaknya menabung ini bisa menjadi contoh tersendiri. 

Sebagai orangtua, Mama pun perlu sekali mengajarkan hal baik kepada anak, salah satunya diajarkan menabung sejak kecil. Ketika ini konsisten dilakukan, maka anak-anak akan menerapkan kebiasaan baik tersebut hingga ia dewasa. 

Ada berbagai manfaat positif yang terjadi kepada anak-anak apabila sudah diajarkan untuk menabung. Yuk Ma, simak rangkuman dari Popmama.com terkait manfaat menabung untuk si Anak!

Editors' Picks

1. Semakin disiplin dalam mengatur keuangan

1. Semakin disiplin dalam mengatur keuangan
Freepik/jcomp

Untuk mengajarkan kedisplinan untuk mengatur keuangan pada anak-anak, Mama perlu pelan-pelan memberikan nasehat untuk memintanya mengisihkan uang. Apabila anak mama sudah mendapatkan uang jajan, maka penting sekali untuk mengajarkannya mengumpulkan sisa uang. 

Jika ingin melatih anak-anak semakin disiplin dalam mengatur keuangan, Mama bisa memberikan hadiah kecil apabila ia rajin menabung. Cara seperti ini, bisa membuat si Anak lebih semangat dan disiplin untuk menabung sejak sedini mungkin. 

2. Melatih kebiasaan positif, sehingga bisa terus konsisten menabung

2. Melatih kebiasaan positif, sehingga bisa terus konsisten menabung
Pexels/Skitter Photo

Belajar menyisihkan uang alias menabung perlu sekali diterapkan sejak dini. Tujuannya agar kebiasaan positif ini bisa diterapkan hingga berajak dewasa nanti. 

Awalnya memang sulit, namun ini bisa membantu anak mama belajar mengenai finansial. Mama pun perlu menjelaskan bahwa kebiasaan positif ini perlu dibangun agar dapat menjadi bekal untuknya di masa mendatang. 

3. Belajar untuk menghargai uang

3. Belajar menghargai uang
Flickr.com/Reputation Tempe

Anak-anak memang belum bisa bekerja dan mendapatkan uang. Dengan diajarkan menabung sejak kecil, ini akan membantu anak untuk lebih paham mana kebutuhan dan keinginan.

Jika si Anak ingin membeli mainan yang diinginkannya tentu ia akan belajar menabung dan tidak boros. Penerapan kebiasaan ini akan membuat anak pelan-pelan bisa lebih menghargai uang, bahkan bisa menentukan mana barang yang benar-benar dibutuhkan atau hanya sekadar keinginan saja.

Nah, itulah beberapa manfaat dari menabung yang sudah dilakukan sejak kecil. Dengan kebiasaan positif ini, anak-anak pun bisa belajar dan semakin memahami manfaatnya suatu saat nanti. 

Jangan lupa untuk selalu mendukung dan memberi semangat kepada anak-anak ketika sudah menabung ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.