Ternyata Berkemah Banyak Manfaatnya Bagi Anak Lho, Ma!

Selain menyehatkan badan, berkemah juga sebagai sarana bonding keluarga

3 Februari 2019

Ternyata Berkemah Banyak Manfaat Bagi Anak, Ma
freepik/pressfoto

Mama mungkin tidak menyadari bahwa ada banyak manfaat berkemah. Mempersiapkan kegiatan berkemah bersama keluarga memang merepotkan. Akan tetapi, banyak manfaat yang diperoleh dari berkemah.

Berikut 7 manfaat dari berkemah bagi anak.

1. Puasa teknologi

1. Puasa teknologi
pexels.com/aloksharma

Pernahkan anak mama tidak bersentuhan dengan teknologi selama sehari? Baik itu gadget, TV, laptop. Mungkin kelihatannya anak atau pun Mama tidak dapat lepas dari teknologi. Cobalah putus dari sambungan teknologi selama sehari, anak mama akan takjub bahwa sebenarnya mereka bisa tidak terlalu bergantung dengan teknologi.

Lakukan kegiatan di luar ruangan, rencanakan perjalanan dan berkemah. Mama pun bisa mengajar anak untuk menikmati waktu di hutan. Ajari mereka untuk menikmati kesunyian hutan, suara serangga, atau suara aliran sungai.

2. Mengurangi stres

2. Mengurangi stres
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Tingkat stres yang tinggi sangat memengaruhi kesehatan kita.  Bukan hanya orang dewasa yang bisa mengalami stres, anak pun bisa. Pergaulan dengan teman atau mata pelajaran yang susah dapat membuat mereka stres.

Penting untuk mengetahui dan menemukan cara untuk mengelola stres sehingga penyakit tidak hinggap di tubuh anak.

Kembali ke alam adalah salah satu cara untuk meredakan stres. Berkemah, latihan di luar ruangan, dan mencoba pengalaman baru dapat mengurangi tingkat stres anak.

3. Mencoba kegiatan baru

3. Mencoba kegiatan baru
Pixabay/lentemamaatje
Senangnya menghabiskan waktu camping dengan aman bersama keluarga!

Tanpa disadari, saat berjalan di hutan atau di pinggir sungai, anak mama melakukan olahraga. Olahraga ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Olahraga juga merupakan kunci untuk meningkatkan suasana hati dan baik untuk kesehatan.

Membakar kalori, melakukan pengalaman baru, dan menghadapi tantangan baru memengaruhi tubuh anak dengan cara yang sangat positif.

Editors' Picks

4. Udara segar bagi paru-paru

4. Udara segar bagi paru-paru
Pexels/Alexander Dummer

Oksigen sangat penting. Kekurangan oksigen akan memengaruhi sejumlah sistem di tubuh dan otak kita. Oksigen tambahan dan udara segar yang diperoleh di alam terbuka, misalnya hutan, membuat tubuh melepaskan serotonin (yang memberi kita perasaan bahagia) dan meningkatkan keterampilan motorik serta fungsi otak.

5. Tambahan asupan vitamin

5. Tambahan asupan vitamin
Unsplash/Zwaddi
Sinar matahari pagi mengandung banyak sekali Vitamin D

Bila anak berada di hutan misalnya, tubuh segera menyerap sinar matahari dalam jumlah besar yang merupakan sumber vitamin D.  Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor, dua mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Tapi perlu diingat bahwa paparan sinar matahari yang terlalu banyak dapat berbahaya dan dapat merusak kulit.

6. Mempererat hubungan di keluarga

6. Mempererat hubungan keluarga
Pexels/Pixabay

Ya, berkemah memperkuat hubungan keluarga. Selain itu juga komunikasi dan kepercayaan ikut meningkat. Tidak hanya Mama dan Papa, anak pun akan mendapatkan kenangan yang indah mengenai berkemah bersama keluarga.

7. Asupan makanan bergizi

7. Asupan makanan bergizi
Pixabay/fotoshoptofs

Usahakan saat berkemah, Mama tidak membawa makanan cepat saji. Mungkin akan merepotkan untuk memasak tetapi saat berkemah, berikan tubuh istirahat dari makanan cepat saji ya, Ma.

Mama bisa menyiapkan makanan yang mudah dan sederhana. Suasana berkemah ya ng menyenangkan akan meningkatkan napsu makan anak.

Yuk, rencanakan kemping dengan keluarga!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!