Sebelum Melakukan Playdate, Baca Dulu Panduan Lengkap ini

Lakukan ini agar playdate berjalan lancar, Ma

19 Oktober 2019

Sebelum Melakukan Playdate, Baca Dulu Panduan Lengkap ini
Freepik

Anak suka bermain dengan teman-teman mereka. Mama bisa mengajak mereka ke taman atau mengatur jadwal playdate dengan teman-temannya. Playdate bisa dilakukan di rumah mama atau di rumah teman lain.

Jika playdate berjalan dengan baik, semua orang akan mendapat manfaatnya. Anak mendapat kesempatan untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman, demikian juga dengan Mama.

Agar playdate berjalan dengan baik, ada protokol yang harus dilakukan baik oleh tuan rumah atau tamu. Popmama.com merangkum panduan playdate untuk Mama.

1. Pertahankan angka rendah

1. Pertahankan angka rendah
Freepik/pressfoto

Semakin sedikit jumlah anak, semakin baik kesempatan untuk bermain, dan Mama pun dapat mengawasi dengan baik. Namun apabila yang diundang adalah bayi, lebih banyak lebih baik, karena mereka masih bergantung sepenuhnya dengan orangtua. Orangtua pun mendapat kesempatan untuk berkumpul.

Ketika anak bertambah umur, mereka dapat melakukan apa saja. Karena itu, Mama harus terus mengawasi agar mereka tidak melakukan hal yang berbahaya. Jadi, semakin banyak anak yang diundang, maka Mama harus makin terlibat.

2. Jangan melebihi batas waktu

2. Jangan melebihi batas waktu
Freepik/asier_relampagoestudio

Semakin kecil anak, semakin singkat waktu bermainnya. Waktu yang ideal untuk anak usia 6 tahun ke atas adalah 2 jam. Sebaiknya, Mama menaati waktu yang sudah ditentukan. Saat mengantarkan atau menjemput, pastikan tepat waktu. Mungkin tuan rumah sudah memiliki rencana lain, sehingga jika anak Mama terlambat atau terlalu cepat, mungkin akan mengacaukan rencananya.

Editors' Picks

3. Jadilah tamu atau tuan rumah yang baik

3. Jadilah tamu atau tuan rumah baik
Freepik

Ada hal-hal yang harus Mama lakukan dan persiapkan agar playdate bisa berlangsung lancar:

  • Pastikan Mama selalu tepat waktu saat mengantar atau menjemput anak,
  • tawarkan untuk membawa makanan ringan, terutama jika anak Mama memiliki alergi pada makanan tertentu,
  • menawarkan untuk membantu membereskan rumah setelah playdate,
  • pastikan anak mengucapkan terima kasih, demikian juga dengan Mama,
  • jika Mama tidak tinggal, pastikan Mama memiliki nomor telepon tuan rumah. Demikian juga sebaliknya, jangan lupa untuk meminta nomor telepon dari orangtua teman bermain anak,
  • tanyakan apakah teman anak Mama memiliki alergi makanan tertentu,
  • cek terlebih dahulu apakah orangtua lain merasa nyaman apabila anak bermain gadget atau menonton TV.

4. Mempersiapkan anak sebelum selesai bermain

4. Mempersiapkan anak sebelum selesai bermain
pxhere.com

Ada kalanya saat playdate terlalu asyik, anak menjadi enggan pulang. Ini hal yang harus Mama lakukan agar playdate bisa selesai dengan menyenangkan.

  • Jika Mama yang menjadi tuan rumah, mulai transisi sebelum orangtua tiba dengan memberikan 10 menit dan kemudian lima menit peringatan.
  • Jadikan kegiatan membereskan tempat bermain menjadi bagian dari playdate dengan meminta anak-anak menghitung berapa banyak mainan yang telah mereka keluarkan, berpacu dengan waktu, atau menyanyikan lagu pembersihan.
  • Sambil menunggu, Mama bisa bertanya kepada anak dan temannya apakah mereka senang atau apa saja yang mereka lakukan.

5. Berani menolak

5. Berani menolak
Freepik/user592403

Ketika ada anak lain yang sakit saat hari H, maka Mama harus memiliki keberanian untuk menolaknya. Mama bisa mengatakan “ Saya benar-benar minta maaf tapi saya tidak ingin mengambil risiko anak lain tertular sakit.”

Atau jika mendadak orangtua lain meminta izin untuk membawa anak lain sedangkan Mama sudah menyiapkan semua sesuai dengan jumlah anak, Mama berhak untuk menolak. Jika Mama tidak ingin menolak dan membutuhkan bantuan tambahan untuk mengawasi, Mama juga bisa meminta bantuannya.

Ini berlaku sebaliknya jika anak Mama yang menjadi tamu.

Berkumpul dan bermain dengan teman sangat baik untuk anak. Anak belajar bersosialisasi, berbagi, atau mengantri. Yuk, rencanakan playdate untuk anak dan temannya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!