Penting! Lakukan 5 Kebiasaan Sehat untuk Melindungi Anak dari Virus

Bukan hanya flu, virus yang lain bisa juga menghindar. Virus corona juga bisa kabur!

7 Maret 2020

Penting Lakukan 5 Kebiasaan Sehat Melindungi Anak dari Virus
Freepik/Yanadjana

Meskipun tidak mungkin melindungi anak sepenuhnya dari flu, terutama jika anak berada di sekolah atau di luar rumah, Mama dapat mengajari mereka kebiasaan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Kebiasaan ini juga dapat mengurangi kemungkinan anak terkena infeksi.

Apa yang harus dilakukan oleh anak untuk mengurangi risiko tertular flu atau infeksi lain? Ada beberapa kebiasaan sehat yang dapat diterapkan. Yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini.

1. Biasakan anak untuk mencuci tangan

1. Biasakan anak mencuci tangan
Freepik

Mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit anak usia sekolah seperti flu, batuk, iritasi mata, sakit perut, dan lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi munculnya penyakit menular di kalangan anak-anak usia sekolah.

Karena anak-anak menghabiskan begitu banyak waktu bersama di lingkungan sekolah selama masa belajar, merupakan ide bagus untuk memastikan mencuci tangan menjadi sesuatu yang mereka lakukan secara otomatis, sebagai kebiasaan.

Ajari anak untuk sering mencuci tangan, terutama sebelum makan, setelah membersihkan hidungnya, dan setelah menggunakan kamar mandi.

2. Melakukan langkah mencuci tangan dengan benar

2. Melakukan langkah mencuci tangan benar
Freepik

Membuat anak beranjak ke wastafel bukan masalah. Namun apakah anak sudah menuci tangan dengan benar? Sebagian anak mungkin merasa cukup dengan hanya menyiram tangannya dengan air.

Anak harus mencuci dengan benar setidaknya selama 30 detik dengan sabun dan air. Berikut cara mencuci tangan dengan benar:

  • Basahi tangan dengan air dan tuang sabun pada tangan secukupnya sampai menutupi semua permukaan tangan.
  • Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan yang lain, juga punggung tangan dan sela jari.
  • Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.
  • Pastikan bagian kuku juga terkena sabun.
  • Kemudian gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir.
  • ,
  • ,Keringkan dengan lap sekali pakai.

Editors' Picks

3. Tunjukkan cara batuk dan bersin yang benar

3. Tunjukkan cara batuk bersin benar
news.psu.edu

Virus flu dan batuk dapat menyebar melalui tetesan air liur ketika seseorang bersin atau batuk. Ajari anak untuk menutupi bersin atau batuk dengan tisu atau dengan bagian dalam sikunya.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa kebanyakan orang menutupi bersin mereka, tetapi melakukannya dengan tangan mereka. Ini merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebarkan penyakit kepada orang lain.

4. Hindari menyentuh mata

4. Hindari menyentuh mata
Freepik

Jika anak menyentuh benda yang telah disentuh oleh seseorang yang terkena flu dan kemudian menyentuh mata atau mulutnya, virus flu tersebut dapat memasuki tubuhnya melalui titik-titik itu.

Infeksi seperti konjungtivitis juga dapat ditularkan melalui sentuhan mata setelah menyentuh suatu benda yang telah ditangani oleh seseorang dengan infeksi tersebut.

Selain kebersihan tangan perlu dijaga, anak juga harus menghindari menyentuh mata terlalu sering.

5. Ingatkan anak untuk tidak berbagi alat makan

5. Ingatkan anak tidak berbagi alat makan
Freepik/Bowonpat

Anak secara alami suka berbagi, tetapi itu bukan ide yang baik untuk berbagi peralatan makan dengan teman-teman, terutama selama musim hujan dan flu. Virus dan bakteri mudah ditularkan melalui air liur, jadi ini adalah jenis berbagi yang harus Mama ajarkan kepada anak. Berbagi itu baik, namun ada hal-hal yang perlu dihindari.

Selain kebiasaan sehat ini, pastikan memberi anak banyak makanan sehat dan bergizi, yang akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuhnya kuat dan menangkal pilek dan flu. Dan pastikan anak mendapatkan tidur yang cukup. Ini tidak hanya penting untuk membuatnya tetap sehat tetapi membantu anak usia sekolah fokus dan menjaga mood. Membuat anak tidur dapat menjadi tantangan khusus bagi anak-anak usia sekolah, tetapi ini penting untuk kesehatannya serta kesejahteraan emosional dan kognitifnya.

Kebiasaan apa yang Mama lakukan untuk mencegah anak tertular penyakit? Yuk, sharing pengalaman di Popmama.com/community.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.