6 Tips untuk Menyiapkan Anak Pindah ke Rumah Baru

Yuk, pindah ke rumah baru!

6 Maret 2021

6 Tips Menyiapkan Anak Pindah ke Rumah Baru
freepik.com

Pindah ke rumah baru mungkin membuat Mama stres, tetapi ternyata ini lebih berat bagi anak. Mama dapat melakukan beberapa hal untuk menyiapkan kepindahan keluarga ke lingkungan yang baru.

Ajak anak untuk ikut ambil bagian dalam rencana kepindahan agar anak merasa memiliki andil. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan agar pindah rumah menjadi lebih mudah bagi anak.

Anak-anak merasa tidak berdaya ketika Mama memberi tahu keluarga akan pindah ke tempat yang baru. "Mereka biasanya diikutsertakan dalam pengambilan dalam keputusan," kata Lori Collins Burgan, pekerja sosial dan penulis Moving with Kids.

"Jadi libatkan mereka dalam keputusan lain sebanyak mungkin."

Simak tips dari Popmama.com untuk mengubah pindah rumah menjadi petualangan yang menyenangkan, terutama bagi anak.

1. Buat daftar keinginan keluarga

1. Buat daftar keinginan keluarga
Unsplash/Glenn Carstens-Peters

Ini akan membantu Mama mencapai kesepakatan mengenai beberapa hal yang  diinginkan oleh keluarga dari rumah baru. Apakah itu  halaman belakang yang lebih besar, ruang bermain di lantai dasar, ruang terpisah untuk anak-anak.

Jika rumah yang baru sudah ada sebelum Mama membuat kesepakatan, jangan khawatir, Mama dapat mengadakan kesepakatan tentang hal lain. Apakah itu soal warna cat, penentuan kamar, atau furniture. Ini akan menambah semangat anak untuk pindah ke rumah yang baru.

2. Berburu rumah bersama

2. Berburu rumah bersama
Freepik/Branin

Jika tidak merepotkan, bawa anak untuk melihat calon rumah bersama Mama. Jika Mama mencari secara online, ajak anak untuk ikut berburu rumah baru. Mama bisa menjelaskan kondisi rumah, ajak anak untuk menentukan kelebihan dan kekurangannya memilih rumah ini. Selain membuat anak merasa ikut ambil bagian dalam membuat keputusan penting, anak juga belajar berdiskusi dan mengambil keputusan penting.

Editors' Picks

3. Biarkan anak mengatur kamar barunya

3. Biarkan anak mengatur kamar barunya
Freepik

Mama bisa menunjukkan pilihan warna cat kepada anak dan mengajak mereka memilih warna kesukaannya untuk dinding kamarnya.

Ajak anak berkreasi dalam mengatur kamarnya sendiri. Untuk menambah semangatnya, biarkan anak untuk berkreasi menghias dinding. Mama pun bisa membuat permainan “proyek seni”. Ajak anak untuk membuat denah kamar dan tempel gambar tempat tidur. Minta anak untuk menghias sekeliling tempat tidur tersebut. Kemudian, realisasikan gambar tersebut untuk kamar anak nanti.

4. Kemasi kotak harta karun anak

4. Kemasi kotak harta karun anak
Freepik/bearfotos

Ajak anak untuk mengumpulkan barang-barang kesukaannya dan masukkan ke dalam satu kotak. Bungkus kotak tersebut dan hias sesuai dengan selera anak. Mama bisa meletakkan kotak tersebut di rumah baru dan biarkan anak membuka kotak tersebut di  hari kepindahan keluarga. Ini akan membuat anak merasa nyaman dan tidak terlalu asing di rumah barunya.

5. Buat pesta perpisahan dengan teman

5. Buat pesta perpisahan teman
Pixabay/AdinaVoicu

Jika keluarga pindah ke lokasi yang cukup jauh dari rumah lama, Mama dapat membuat pesta perpisahan dengan semua teman dekat anak. Minta anak untuk membuat acara sesuai dengan keinginannya. Mama pun bisa menjelaskan kepada anak bahwa mereka tetap bisa bertemu dengan sahabatnya setelah pindah ke rumah yang baru nanti.

Sebelum pindah, Mama juga dapat mengajak anak untuk mengucapkan selamat tinggal ke tempat kesukaannya.

6. Buat buku kenangan

6. Buat buku kenangan
Pexels/Milly Eaton

Yuk berkreasi dengan anak. Ajak anak untuk membuat buku kenangan. Buku tersebut dapat diisi dengan foto rumah, anak bersama dengan teman-temannya, dan beberapa catatan anak tentang perasaannya. Anak juga dapat meminta temannya untuk mengisi buku tersebut.

Jika nanti anak merindukan rumah lamanya, mereka dapat melihat buku kenangan tersebut.

Pindah rumah memang tidak mudah. Selain mempersiapkan barang-barang, Mama juga harus menyiapkan anak agar mereka tidak terlalu sedih untuk pindah.

Apakah Mama punya tips khusus untuk membuat anak merasa nyaman selama proses pindah rumah? Yuk komen di bawah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.