Keliling Dunia Tanpa Meninggalkan Rumah? Coba 8 Ide Ini, Ma!

Nomor 8 walau repot tapi seru, Ma! Wajib Dicoba, nih!

24 Maret 2020

Keliling Dunia Tanpa Meninggalkan Rumah Coba 8 Ide Ini, Ma
Freepik

Apakah Mama ingin melakukan perjalanan keliling dunia dengan anak namun masih memiliki beberapa kendala seperti masalah cuti, liburan, atau biaya. Bahkan sepertiyang terjadi sekarang ini, dengan merebaknya virus Corona, membuat semua orang menunda perjalanan.

Traveling banyak manfaatnya untuk anak. Selain belajar soal budaya baru, anak pun belajar bersosialisasi dengan orang yang ditemui sepanjang perjalanan. Namun jika waktunya belum memungkinkan, Mama pun dapat mengajak anak untuk melakukan perjalanan tanpa harus meninggalkan rumah. Kok bisa ya?  

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh Mama untuk memperkenalkan tentang dunia kepada anak. Popmama.com mengulas ide-ide yang dapat digunakan oleh Mama untuk berpetualang bersama anak di rumah.

1. Membaca novel fiksi dan atlas

1. Membaca novel fiksi atlas
Freepik

Mulai dari Dr Seuss sampai Harry Potter, novel fiksi adalah cara yang fantastis untuk membawa anak-anak melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang jauh. Novel mendorong anak untuk berimajinasi. Selain itu, ada beberapa fakta yang diselipkan di dalam novel. Sehingga selain menghibur, anak pun mendapatkan informasi mengenai daerah, negara, atau budaya.

Tetapi tidak ada yang dapat mengalahktan atlas dalam memberi informasi mengenai akurat mengenai posisi suatu negara. Atlas mungkin terdengar membosankan bagi anak, tapi sekarang banyak atlas dengan gambar dan informasi menarik yang dibuat khusus untuk anak. Dijamin anak tidak akan merasa bosan ketika membacanya.

2. Ciptakan sesuatu yang kreatif

2. Ciptakan sesuatu kreatif
Freepik

Ajak anak membuat miniatur pulau atau peta dunia dengan menggunakan play dough. Atau membangun menara Pisa dengan lego atau balok. Banyak cara untuk menciptakan sesuatu yang menyenangkan bersama anak sambil belajar tentang dunia.

Selain menyusun lego atau membangun museum sejarah dengan menggunakan balok, ajak anak untuk menciptakan peta dunianya sendiri. Minta anak untuk menggambar peta dan tambahkan tengara atau sesuatu yang khas dari tempat tersebut. Misalnya ketika anak menggambar peta sumatra, ia bisa menambahkan jam Gadang serta Danau Toba. Atau ketika ia bisa menambahkan Koloseum di bagian Roma.   

Mewarnai peta dunia di atas sarung bantal atau selimut adalah kegiatan yang sangat mendidik dan seru tentunya.

3. Ikuti tur kuliner

3. Ikuti tur kuliner
istockphoto.com

Apakah ada cara yang lebih baik untuk mengenalkan budaya lain selain melalui makanannya? Jika Mama belum bisa mengajak anak untuk merasakan langsung di negaranya, bawa anak untuk mencobanya di dapur Mama. Gunakan buku masak untuk anak seperti The Around The World Cookbook. Atau tonton acara BBC My World Kitchen di mana anak-anak dari berbagai negara menunjukkan cara membuat hidangan khas daerahnya.

Jadikan kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan dengan mengubah dapur menjadi kafe lokal atau pondok jajanan, lengkap dengan menu (dengan harga dalam mata uang lokal), musik dan peralatan makan yang sesuai.

Mulailah dari yang sederhana dengan taplak meja motif kotak, beberapa croissant dan susu cokelat hangat untuk membawa anak ke Paris. Minggu berikutnya Mama dapat membuat sushi, belajar menggunakan sumpit, dan belajar makan dengan penuh kesadaran di Jepang.

4. Menari dan bernyanyi

4. Menari bernyanyi
Freepik/chokniti

Tarian dan lagu merupakan sarana yang tepat untuk belajar mengenai budaya suatu daerah atau negara. Ajak anak untuk mendengar lagu-lagu dari seluruh dunia sambil menari. Tidak bisa menari atau menyanyi? Jangan malu, Ma, tidak ada juri yang menilai. Yang terpenting, selain anak senang, pengetahuannya pun bertambah.

Mama juga bisa mendapatkan inspirasi lagu dan tarian dari YouTube.    

Editors' Picks

5. Mencoba aplikasi bahasa

5. Mencoba aplikasi bahasa
Duolingo

Hola!

Dengan aplikasi dan permainan yang mudah diunduh, anak memiliki banyak peluang untuk belajar sambil bermain. Aplikasi bahasa Duolingo, Peta DimDomWorld, atau menebak bendera negara dapat dicoba oleh anak.

Pastikan Mama mendampingi anak ketika mereka menggunakan gadget, sehingga Mama mengetahui apa yang mereka lakukan. Selain itu, Mama dan anak pun bisa mempraktekkan pelajaran yang diperoleh dari aplikasi bahasa.

6. Program TV dan film

6. Program TV film
Rawpixel/Teddy Rawpixel

Meskipun Mama tahu bahwa anak sebaiknya tidak menghabiskan banyak waktu di depan TV, tidak dapat disangkal bahwa anak pun mendapatkan informasi melalui TV.

Mama dapat mengadakan movie night bersama keluarga. Banyak film-film yang dapat menambah pengetahuan anak mengenai suatu negara. Seperti Mulan, Doraemon, atau bahkan Indiana Jones.  

Banyak program TV yang menayangkan tentang perjalanan ke suatu negara misalnya Go Jetter, yang menceritakan tentang penjelajah yang melakukan perjalanan keliling dunia sambil mempelajari landmark penting.   

7. Board game bertema dunia

7. Board game bertema dunia
Pixabay/Bru-nO

Bermain board game dengan tema dunia adalah cara yang baik untuk menambah pengetahuan dan rasa penasaran anak pada geografi. Misalnya, jika anak Mama menyukai kereta api, coba permainan Ticket to Ride yang memiliki variasi negara.

Monopoli juga memiliki seri dunia. Sambil bermain, anak membayangkan sedang berada di Milan atau bahkan di Raja Ampat.

8. Pesta kostum

8. Pesta kostum
Freepik/Rawpixel.com

Salah satu kegiatan terbaik yang dapat Mama mainkan bersama anak adalah mendandani anak sebagai penjelajah (atau orang dari negara yang ia pilih). Buat skenario seakan-akan anak pergi menjelajah di sekitar rumah dan menemukan benda-benda yang menunjukkan tentang dunia.

Ketika semua benda berhasil dikumpulkan, minta anak untuk bercerita tentang apa yang ia ketahui soal benda dan negara asalnya. Selain menambah pengetahuan, anak juga belajar bercerita.

Yuk, coba bersama anak di rumah!

Untuk mengisi waktu luang bersama anak, Mama juga bisa melakukan beberapa hal ini:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.