5 Tips Dukung Si Kecil Aktif Beraktivitas Meski di Rumah Saja

Walau di rumah saja, si Kecil harus tetap aktif

3 Desember 2020

5 Tips Dukung Si Kecil Aktif Beraktivitas Meski Rumah Saja
Shutterstock/Sellwell

Nggak terasa sudah lebih dari enam bulan lamanya Mama dan keluarga harus berada di rumah saja. Tapi itu bukan berarti membuat si Kecil dan Mama sekeluarga hanya bermalas-malasan di rumah ya.

Pastikan si Kecil tetap aktif bergerak dan beraktivitas meski hanya di rumah saja. Dengan lima tips ini, Mama bisa banget lho mendukung si Kecil tetap aktif beraktivitas meski sedang di rumah saja. Yuk simak caranya!

1. Sediakan area bermain yang nyaman bagi si Kecil

1. Sediakan area bermain nyaman bagi si Kecil
Shutterstock/Littlekidmoment

Berada di rumah mungkin terasa seperti zona nyaman tersendiri ya, Ma. Apalagi si Kecil bisa dengan bebas pergi kesana-kemari dan melakukan apapun di manapun.Tapi tanpa disadari dengan ketidakteraturan ini justru dapat membuat si Kecil lebih cepat bosan bermain di rumah. Untuk itu, penting buat Mama memberikannya area bermain khusus di mana ia bisa menemukan mainannya dan meningkatkan moodnya di sana. Si Kecil jadi lebih happy deh!

Editors' Picks

2. Jangan terlalu membatasi ruang geraknya

2. Jangan terlalu membatasi ruang geraknya
Shutterstock/Littlekidmoment

Perasaan mulai penat karena merasa terkungkung atau bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja nggak hanya dirasakan orang dewasa lho, tetapi juga si Kecil. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk tidak membatasi ruang gerak si Kecil. Jika si Kecil terbiasa belajar di kamarnya, maka jangan larang jika sewaktu-waktu ia ingin belajar di ruang tamu misalnya. Biarkan si Kecil mengeksplorasi lingkungan terdekatnya saat ini, dan yang paling aman tentu saja di rumah.

3. Temani si Kecil bermain agar ia tidak malas gerak

3. Temani si Kecil bermain agar ia tidak malas gerak
Shutterstock/Hananeko_Studio

Membiarkan si Kecil bermain gadget atau menonton video-video yang ada di perangkat pintar Mama mungkin terasa lebih mudah. Dengan begitu Anak jadi nggak cranky, dan Mama bisa mengerjakan hal lain dengan tenang. Tapi Ma, kebiasaan ini bisa bikin si Kecil mudah ‘mager’ alias malas gerak lho, Ma. Padahal di usianya si Kecil diharapkan bisa dapat lebih aktif dalam memaksimalkan gerak tubuhnya. 

Nah, biar si Kecil nggak mudah mager Mama bisa mengajaknya bermain permainan aktif yang dapat menstimulasi saraf motoriknya, seperti petak umpet, bola tangkap dan permainan lainnya yang bisa dilakukan di dalam rumah. Mama juga bisa mengajak si Kecil berolahraga ringan secara rutin di rumah. Tiru yuk, Ma!

4. Beri dukungan berupa asupan nutrisi yang cukup

4. Beri dukungan berupa asupan nutrisi cukup
Popmama.com/MILO

Nah, yang satu ini nggak kalah pentingnya nih, Ma. apalagi di masa pandemi seperti sekarang, asupan dengan nutrisi yang cukup nggak hanya dapat mendukung si Kecil mencapai masa perkembangan dan pertumbuhan dengan baik, tetapi juga menjaganya agar selalu aktif tentunya dengan imunitas tubuh yang baik. Nggak hanya melengkapi asupannya dengan sayur dan buah yang mencakup makro dan mikro nutrisi, pastikan Mama juga rutin memberikan si Kecil susu setiap pagi ya.

Untuk yang satu ini, Popmama sarankan Mama memberikan si Kecil MILO Kotak. MILO dapat memberikan energi untuk si Kecil yang mengandung kombinasi cokelat, susu dan malt yang memberi rasa cokelat khas MILO. Dengan kandungan ini, MILO Kotak bantu mendukung aktivitas si Kecil sepanjang hari. Nggak hanya sampai di situ, MILO Kotak juga punya kemasan susu kotak yang membuatnya mudah dibawa ke mana saja oleh si Kecil. Penasaran dengan info selengkapnya? Langsung klik di sini ya!

5. Buat jadwal yang teratur untuk si Kecil untuk memastikan ia selalu bergerak secara aktif

5. Buat jadwal teratur si Kecil memastikan ia selalu bergerak secara aktif
Shutterstock/DONOT6_STUDIO

Walau di rumah saja, Mama juga harus memastikan si Kecil punya jadwal kegiatan yang teratur ya, Ma. Nggak harus berupa jadwal tertulis, tapi setidaknya pastikan si Kecil melakukan aktivitasnya di jam-jam tertentu secara disiplin dan rutin. Misalnya, pastikan si Kecil untuk selalu bangun tidur pukul 6 pagi, lalu pada pukul 07.30 setidaknya si Kecil sudah sarapan, dan tidur tidak pernah lebih dari pukul 8 malam. Ini penting agar si Kecil tidak merasa terlalu lelah atau justru kurang kegiatan yang membuatnya sulit tidur di malam hari. 

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa Mama lakukan agar si Kecil nggak bosan selama harus menghabiskan waktu di rumah saja. Dan tentunya si Kecil bisa tetap aktif sepanjang hari. Yuk mulai coba dari sekarang, Ma! (CSC)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.