5 Keunggulan Hybrid Learning, Metode Pembelajaran untuk Si Kecil

Apakah Mama berminat dengan metode hybrid learning?

27 November 2021

5 Keunggulan Hybrid Learning, Metode Pembelajaran Si Kecil
Shutterstock/Hananeko_Studio
Shutterstock/Hananeko_Studio

Di masa seperti sekarang, pastinya pendidikan tetap penting. Memilih sekolah untuk si Kecil jadi harus semakin teliti ya Ma. Nggak boleh sembarangan dan pastinya harus mengecek sekolah tersebut menggunakan metode belajar seperti apa.

Tapi Mama sudah tahu belum kalau sekarang ada yang namanya metode pembelajaran hybrid learning. Ini adalah metode pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Berikut ini lima keunggulan hybrid learning untuk pembelajaran si Kecil.

1. Bisa melakukan pembelajaran jarak jauh

1. Bisa melakukan pembelajaran jarak jauh
Shutterstock/SUKJAI PHOTO
Shutterstock/SUKJAI PHOTO

Hybrid learning sendiri merupakan kombinasi pembelajaran yang menggunakan metode daring atau online dengan metode tatap muka untuk beberapa jam (di luar kelas). Metode pembelajaran ini mempermudah siswa untuk belajar dari rumah karena bisa dilakukan jarak jauh.

Editors' Picks

2. Sesi belajar lebih menyenangkan

2. Sesi belajar lebih menyenangkan
Shutterstock/Maria Symchych
Shutterstock/Maria Symchych

Hybrid learning akan menjadi lebih seimbang jika guru mampu membuat sesi belajar lebih menyenangkan. Nah, untuk yang satu ini, Mama harus pandai mencari sekolah yang menyediakan metode ini yang diimbangi dengan guru-guru yang kompeten dalam hybrid learning.

3. Anak jadi lebih aktif

3. Anak jadi lebih aktif
Shutterstock/Andrey_Popov
Shutterstock/Andrey_Popov

Seperti poin yang sudah disebutkan di atas, sesi belajar yang menyenangkan diciptakan oleh guru dan murid yang saling berinteraksi dalam proses pembelajaran. Jika sudah terjadi proses hybrid learning yang benar, anak akan jadi lebih aktif karena peran penting guru berjalan sesuai porsinya.

4. Peran guru semakin penting untuk murid

4. Peran guru semakin penting murid
Shutterstock/Travelpixs
Shutterstock/Travelpixs

Seperti yang sudah disebutkan dalam poin-poin sebelumnya, peran guru amat penting dalam metode hybrid learning. Mama harus mencari sekolah yang memiliki guru-guru yang kompeten dan keluar dari zona nyamannya yang mampu mengajar dengan berbagai inovasi baru demi menghasilkan sesi belajar mengajar yang lebih baik, efektif, dan efisien. 

Jadi nantinya si Kecil tidak hanya diberi tugas sebagai metode belajar daring, tapi juga ada proses belajar mengajar secara dua arah. Metode ini selain mempermudah kegiatan belajar murid, tapi juga lebih efektif. 

Sampoerna Academy sebagai sekolah dan kampus menawarkan kepada para orangtua yang menginginkan anak-anak mereka mendapatkan pendidikan internasional terbaik yang fokus pada pengembangan kompetensi 5C, yaitu Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity, and Character. 

Sampoerna Academy mengimplementasikan penerapan pendekatan STEAM dalam metode pembelajaran hybrid learning-nya. Melalui metode STEAM serta menjunjung tinggi nilai-nilai IGNITE (Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, dan Excellence) yang membuat anak semakin matang dan siap menjadi pembelajar seumur hidup yang kreatif, penuh semangat, dan mampu menghadapi tantangan dunia.

Tidak hanya menawarkan pembelajaran berkualitas Sampoerna Academy juga menyediakan layanan, konsultasi psikologis anak juga, kegiatan ekstrakurikuler daring untuk mendukung penerapan hybrid learning-nya. 

Berkaitan dengan pentingnya peran guru dalam keberhasilan PJJ, serta bertepatan dengan perayaan Hari Guru Nasional di bulan ini, maka Sampoerna Academy memberikan apresiasi sebesar-besarnya bagi para guru di Indonesia atas semangat dan kerja kerasnya untuk terus mendobrak limitasi demi memberikan kualitas pendidikan terbaik bagi generasi masa depan Indonesia.

Menarik banget ya Ma, jika si Kecil bersekolah dan mendapat pendidikan terbaik dari guru-guru terbaik di Sampoerna Academy. Informasi selengkapnya, Mama bisa cek langsung di website Sampoerna Academy dan follow Instagram Sampoerna Academy di @sampoerna.academy ya, Ma!

5. ‘Aman’ untuk masa pandemi

5. ‘Aman’ masa pandemi
Shutterstock/Dan Rentea
Shutterstock/Dan Rentea

Nggak dipungkiri, sekolah tatap muka di masa pandemi seperti sekarang membuat Mama merasa was-was. Namun dengan adanya metode hybrid learning, agaknya Mama bisa merasa lebih aman karena potensi belajar tatap muka terbatas. 

Si Kecil akan lebih banyak belajar daring dengan peran guru yang mampu membuat siswa lebih aktif dan pembelajaran lebih menyenangkan. Sekedar informasi untuk Mama, di Sampoerna Academy ini juga memastikan lingkungan belajar yang sehat dan telah memenuhi standar internasional untuk protokol Kesehatan yang diverifikasi SGS. Sampoerna Academy juga melengkapi siswa, guru dan staf nya dengan Ultra-wide Band Device, dimana alat ini akan memberikan peringatan untuk selalu menjaga jarak saat berada di lingkungan sekolah

Jadi, apakah Mama berminat mencari sekolah dengan metode hybrid learning? (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk