9 Ide Aktivitas Seru Saat Libur Sekolah

Apa yang bisa Mama perbuat saat anak bosan kala liburan?

26 Desember 2019

9 Ide Aktivitas Seru Saat Libur Sekolah
Pixabay/Prashant Sharma

Hari yang panjang untuk liburan sekolah telah dimulai. Anak-anak seolah lepas dari padatnya kegiatan yang biasanya harus mereka jalani sehari-hari. Terbiasa aktif dan memutar otak untuk belajar atau menjalani les di sana-sini, anak bisa jadi bosan setelah beberapa hari di rumah.

Agar tidak melulu terikat pada game online baik di komputer atau ponsel, berikut hal-hal yang bisa Mama dan anak-anak lakukan di rumah agar kreativitas mereka semakin bertambah.

Main bareng Popmama.com yuk.

1. Membuat lomba Master Chef di dapur Mama

1. Membuat lomba Master Chef dapur Mama
Pixabay/Silviarita

Mama bisa mengajak anak untuk mengikuti lomba memasak di dapur. Pilih makanan sederhana yang disukai anak-anak. Misalnya membuat pizza. Mama bisa membuat kompetisi ide menaburkan topping pizza terlezat.

Jika Mama tak ingin repot membuat adonan, beli saja roti pizza siap panggang yang ada di supermarket. Gunakan bahan-bahan sederhana yang disukai anak-anak sebagai topping pizza. Apalagi jika ada saudara atau sepupunya yang datang bertandang saat liburan ini. Selain murah, sebagai bonusnya Mama tak usah lagi memasak makan siang, kan.

Selain itu, buah-buahan juga bisa Mama pakai sebagai bahan lomba. Biarkan anak-anak membentuk buah dan menghiasnya dengan segala imajinasi yang mereka miliki.

2. Datangi taman kota atau kebun raya

2. Datangi taman kota atau kebun raya
Pixabay/Valiphotos

Ini salah satu kegiatan yang bisa Mama pilih untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak saat liburan. Carilah area hijau atau area terbuka di daerah Mama. Baik di mal maupun di area umum. Bawalah sepeda, roller blade, atau otoped atau bola juga permainan piring terbang yang bisa digunakan di tempat-tempat tersebut.

Beberapa mal atau area terbuka umum menawarkan fasilitas permainan anak-anak, bahkan permainan air mancur. Mama bisa mencari area yang belum pernah Mama datangi sebelumnya. Kebun raya bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu di alam. Hal ini ini tentu saja menyenangkan dan juga membuat sekeluarga menjadi bugar.

3. Membuat slime sendiri

3. Membuat slime sendiri
Pixabay.com/chetraruc

Anak Mama belum pernah bermain slime? Atau justru sedang suka mempermainkannya? Ini kesempatan Mama untuk membuatnya sibuk dengan membuat slime sendiri di rumah. Slime ternyata bisa menyalurkan emosi anak secara positif, membuatnya menjadi lebih kreatif, dan tentunya menghilangkan kejenuhan.

Jangan khawatir, Ma, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat slime ini sederhana. Bahkan bisa Mama temukan di rumah atau di dapur. Selain dari lem putih atau PVAC, slime bahkan bisa dibuat susu cair, bedak bayi, sabun, juga tepung tapioka. Cara pembuatannya bisa Mama lihat di berbagai laman di internet.

4. Pergi berenang dan main air

4. Pergi berenang main air
Freepik/Bearfotos

Saat matahari bersinar terik dan langit tak berawan, Mama bisa mengajak anak-anak berolahraga dengan cara yang pastinya akan mereka suka, yaitu berenang. Tanpa mereka sadari, di tengah keriaan bermain air ini juga tentunya tubuh anak semakin bugar. 

Kolam renang di hotel dengan permainan yang tersedia bisa sesekali jadi pilihan Mama di saat libur seperti ini. Atau, ajaklah anak ke waterpark yang tentunya akan menghabiskan waktu seharian. Tentunya ini akan menjadi hal yang amat menyenangkan bagi keluarga.

Editors' Picks

5. Naik KRL

5. Naik KRL
Pixabay/ S. Hermann & F. Richter

Tentunya KRL bukan pilihan Mama untuk mengajak anak-anak di hari-hari biasa, saat moda transportasi yang satu ini akan sesak dipenuhi komuter. Akan tetapi, di saat liburan, kereta bisa jadi pilihan yang mengasyikkan untuk berkelana ke daerah di sekeliling kota.

Untuk keluarga yang tinggal di Jakarta, Kebun Raya Bogor bisa menjadi pilihan jika Mama ingin mengajak anak-anak menumpangi Commuter Line ke arah Bogor. Kebun raya yang satu ini tak jauh letaknya dari Stasiun Bogor. Bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki jika Mama ingin berolahraga.

Atau jelajahi daerah yang belum pernah Mama datangi sebelumnya. Seperti menggunakan Commuter Line dari Tanah Abang menuju Rangkasbitung di Banten, dan kunjungilah Museum Multatuli di sana.

6. Adakan lomba fotografi

6. Adakan lomba fotografi
Pexels/Jessica Lewis

Fotografi tak hanya sekadar menangkap momen atau untuk berselfie loh Ma. Dengan mengambil foto, anak akan terasah kreatifitasnya. Apalagi jika Mama mengadakan lomba fotografi untuk foto terunik bagi anak-anak. 

Lokasinya tak harus jauh-jauh. Bahkan kebun belakang atau taman di sekitar rumah bisa jadi memiliki objek yang menarik untuk difoto. Dengan demikian, anak juga akan belajar memperhatikan hal-hal detail yang ada di sekitar mereka, yang mungkin luput dari perhatian selama ini.

7. Membuat buku komik dari foto

7. Membuat buku komik dari foto
Freepik/Rawpixel.com

Ini adalah salah satu hal seru yang juga membuat anak akan memutar otak mengasah kreatifitasnya, Ma. Pilihlah foto-foto anak atau Mama yang telah Mama ambil dengan ponsel. Kemudian, print foto-foto tersebut dalam ukuran kecil. Setelah itu, gunting dan susun di lembaran kertas. 

Biarkan si Anak berimajinasi membuat cerita lucu dari foto-foto tersebut dengan menambahkan tulisan kalimat yang bagai diucapkan oleh objek yang ada dalam foto. Bebaskan ia membuat cerita konyol atau cerita superhero, bahkan dengan menambahkan gambar lain di foto-foto tersebut dengan menggunakan krayon atau spidol. Bundel lembaran kertas yang telah ia hias atau bisa juga ditempelkan di dinding kamarnya sebagai karya seni.

8. Membuat kreasi seni dari kardus atau karton bekas

8. Membuat kreasi seni dari kardus atau karton bekas
Pexels/Matan Segev

Sadarkah Mama, barang-barang yang Mama anggap sampah, bisa jadi benda berharga bagi si Anak? Kardus atau karton bekas kotak sepatu misalnya. Picu kreativitas anak untuk mengubah benda-benda ini menjadi mainan. Misalnya, rumah-rumahan atau mobil-mobilan.

Biarkan si Anak bebas berimajinasi dengan menggunting dan mengecat karton atau kardus bekas sesuai dengan keinginannya. Selain membuatnya semakin kreatif, ia tentu akan bangga saat mainan buatannya dipajang di ruang tamu atau di meja belajarnya.

9. Menggambar batu

9. Menggambar batu
Pixabay/ sarajuggernaut

Batu bisa jadi salah satu objek yang membantu Mama mengisi liburan anak, loh. Pertama, batu tentu saja mudah didapatkan di mana pun. Kedua, Mama hanya tinggal menyediakan cat akrilik atau cat minyak. Selanjutnya, biarkan imajinasi si Anak melanglang ke mana pun ia suka.

Bebaskan si Anak berkarya di atas batu-batu tersebut. Biarkan ia menggambar hal-hal sederhana yang ia senangi. Selanjutanya, bisa jadi ia malah bermain karakter dengan batu tersebut. Hal ini tentunya akan membuat imajinasinya semakin berkembang.

Sejatinya, masih ada banyak hal yang bisa Mama lakukan bersama si Anak saat liburan sekolah, di sekitar area Mama tanpa harus pergi jauh-jauh ke luar kota. 

Berikut beberapa manfaat serta ide yang juga bisa Mama lakukan saat liburan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!