Mau Menjadikan Anak Pribadi yang Tangguh? Ini 6 Caranya

Pribadi yang tangguh sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

8 Februari 2020

Mau Menjadikan Anak Pribadi Tangguh Ini 6 Caranya
Freepik

Setiap orang perlu menjadi pribadi yang tangguh. Pribadi yang tangguh sangat dibutuhkan untuk mengahapi berbagai tantangan hidup kedepannya. Sehingga untuk menjadi pribadi yang tangguh harus dibentuk dari seseorang masih kanak-kanak. 

Bagaimana sih caranya membentuk anak menjadi pribadi yang tangguh? Berikut Popmama.com akan memberi 6 cara membentuk anak menjadi pribadi yang tangguh:

1. Mama harus belajar mengatakan tidak pada anak

1. Mama harus belajar mengatakan tidak anak
lollydaskal.com

Semua orangtua pasti ingin memenuhi semua kebutuhan dan keinginan anaknya. Tetapi sebenarnya tindakan itu tidak terlalu baik. Memenuhi kebutuhan anak penting akan tetapi bila Mama memenuhi semua keinginannya maka itu akan menjadikan anak pribadi yang manja. 

Ketika anak merengek meminta Mama untuk membelikannya mainan, tetapi sebenarnya mainan anak sudah banyak di rumah, Mama harus menolaknya. Jelaskan kepadanya bahwa ia sudah memiliki banyak mainan dan ia harus bersyukur.

Ketika Mama mengatakan tidak, itu mengajarkan anak untuk mengontrol dirinya dan membuat ia menjadi pribadi yang tangguh. Anak juga belajar tidak semua keinginannya bisa dituruti.

2. Buat anak untuk berpikir mandiri sejak dini

2. Buat anak berpikir mandiri sejak dini
bohledental.com

Kemandirian penting untuk masa depan anak. Maka dari itu anak harus diajarkan untuk mandiri sejak usia dini. Bukan berarti Mama harus meninggalkan anak untuk mengurus dirinya sendiri. Mama harus tetap membimbing anak dan biarkan dia mengenali lingkungan sekitar untuk menemukan hal baru dengan sendirinya. 

Kemandirian tidak berarti mengajarkan anak untuk hanya mengandalkan dirinya sendiri. Hubungan dan kepercayaan juga sangat penting untuk membuat anak menjadi tangguh. Dengan mengetahui bahwa ada orang yang mendukung anak akan membuat anak semakin tangguh.

3. Ajarkan anak untuk menjadi proaktif

3. Ajarkan anak menjadi proaktif
blog.mybesthelper.com

Mulai dari kecil, Mama harus mendidik anak untuk menjadi proaktif. Dengan menjadi pribadi yang proaktif dan cepat tanggap terhadap semua situasi, anak dapat membantu dirinya sendiri ketika ia menghadapi masalah serta anak juga dapat membantu orang lain ketika orang tersebut kesulitan.

Editors' Picks

4. Yakinkan bahwa pikiran positif adalah kunci

4. Yakinkan bahwa pikiran positif adalah kunci
Freepik/senivpetro

Menjadi positif dalam kehidupan merupakan hal yang sangat penting. Pandangan positif dapat membantu anak menjadi tangguh di kemudian hari.

Ma, cara membuat anak menjadi positif adalah dengan memuji dia ketika ia telah melakukan sesuatu yang benar. Jadi ketika ia sedang mengalami sesuatu kesulitan, ia akan memikirkan itu sebagai sebuah tantangan dan ia akan berusaha untuk menyelesaikannya. Anak akan tahu bahwa ada reward yang menanti jika ia berhasil melalui kesulitan tersebut.

5. Mengajarkan anak untuk menyelesaikan masalah

5. Mengajarkan anak menyelesaikan masalah
greenchildmagazine.com

Pemecahan masalah merupakan keterampilan yang tidak hanya melatih pikiran untuk berpikir, tetapi juga memperkenalkan bahwa masalah dan rintangan dapat diatasi  atau dipecahkan.

Cara melatih anak untuk menyelesaikan masalah adalah dengan melibatkan anak dalam permainan teka-teki.

6. Jelaskan, jangan memaksa

6. Jelaskan, jangan memaksa
huffingtonpost.com

Semua orang tidak ada yang suka apabila dipaksa. Apalagi anak kecil yang emosinya masih sangat labil, pasti ketika ia dipaksa maka ia akan membangkang.

Maka dari itu, alih-alih memaksanya dengan menetapkan aturan, alangkah lebih baik bila Mama menjelaskan apa manfaat anak melakukan hal itu. Contoh : daripada menetapkan aturan anak tidak boleh tidur lebih dari jam 21.00, lebih baik Mama menjelaskan mengapa ia tidak boleh tidur malam-malam dan apa bahayanya.

Itulah 6 cara untuk membuat anak menjadi tangguh. Selamat mencoba cara-cara tersebut, Ma! Semoga anak menjadi pribadi yang tangguh di masa depan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.