Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Beserta Adabnya dalam Islam

Sebelum masuk dan keluar rumah, ajarkan anak untuk berdoa terlebih dahulu yuk, Ma

27 Juli 2021

Doa Keluar Rumah Doa Masuk Rumah Beserta Adab dalam Islam
Pexels/pixabay

Sebagai umat muslim, manusia dianjurkan untuk berdoa sebelum melakukan sesuatu. Tidak hanya berdoa, dalam agama Islam segala sesuatunya juga memiliki adab. Hal tersebut wajib dilakukan karena dengan berdoa, kita dapat terlindung dari segala mara bahaya.

Bagi umat Islam berdoa merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Begitu pun ketika akan masuk dan meninggalkan rumah.

Tujuannya ialah agar kehadiran kita tidak mengganggu penghuni rumah dan mendapat perlindungan dari oleh Allah SWT saat menjalankan aktivitas atau perjalanan saat di luar di rumah.

Nah, bagaimana doa masuk dan ke luar rumah ya, Ma?

Berikut ini Popmama.com rangkum doa keluar rumah dan doa masuk rumah beserta adabnya dalam Islam. Ajarkan ini kepada si Kecil juga ya, Ma!

1. Doa keluar rumah

1. Doa keluar rumah
Pexels/ketut-subiyanto

Sebelum keluar rumah, ada baiknya untuk berdoa terlebih dahulu agar terhindar dari segala bahaya dan dilindungi oleh Allah SWT hingga tiba di tempat tujuan.

Berikut doa keluar rumah yang bisa Mama ajarkan kepada si Kecil

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا، وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا، وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا

Allaahumma innii as-aluka khayral mawliji wa khayral makhraji. Bismillahi walajnaa wa bismillaahi kharajnaa wa ‘alallahi tawakkalnaa, alhamdulilaahil ladzii awaanii

Artinya: 

Semoga Allah mencurahkan keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang shalih. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami berserah diri.

Editors' Picks

2. Adab keluar rumah

2. Adab keluar rumah
Freepik/wirestock

Keluar rumah memiliki adab yang harus diperhatikan sebelum berdoa, Ma.

Berikut ini adab keluar rumah yang bisa dipraktikan di rumah.

1. Salat dua rakaat

Dengan melakukan salat dua rakaat sebelum keluar rumah, artinya kita memohon kepada Allah SWT agar terhindar dari kesulitan, bahaya, dan bencana.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut.

“Jika kamu dari rumah kamu dan melakukan salat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari tampilan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukanlah salat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari dan masalah di dalam.” ( HR.Al-Bazzar)

2. Membaca doa keluar rumah

Setelah menyelesaikan salat dua rakaat, Mama bisa mengajarkan si Kecil untuk membaca doa keluar rumah. Doa tersebut dapat dihafalkan secara perlahan dan dipraktikkan tiap saat keluar rumah.

3. Memandang ke langit saat membaca doa

Sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, saat membaca doa keluar rumah dianjurkan untuk sambil memandang ke langit dan membaca doa berikut ini.

Allahumma inni a-'udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala 'alayya

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku tersesat, atau aku percaya, atau aku digelincirkan, atau aku menzalimi, atau aku dizalimi, atau kecerobohanku atau dibodohi.”

4. Keluar rumah menggunakan kaki kanan

Saat keluar rumah, umat Islam sangat disarankan untuk melangkah menggunakan kaki kanan terlebih dahulu. Sebab, Nabi SAW menyukai segala sesuatu yang dimulai dari sebelah kanan dalam semua urusannya.

3. Doa masuk rumah

3. Doa masuk rumah
Pexels/ketut-subiyanto

Doa masuk rumah sering kali terlupakan bagi sebagian umat muslim. Padahal, dengan membaca doa ini saat hendak masuk rumah dapat dijauhkan dari segala bahaya. Sebab, bahaya tidak hanya di luar saja, tetapi juga bisa terjadi saat kita sedang berada di rumah, Ma.

Agar terhindar dari bahaya dan godaan setan yang mengikuti hingga ke dalam rumah, Mama harus mengajarkan si Kecil doa masuk rumah juga ya. Berikut ini doa masuk rumah yang dapat diterapkan dalam sehari-hari oleh si Kecil.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا، وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا، وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا

Allaahumma innii as-aluka khayral mawliji wa khayral makhraji. Bismillahi walajnaa wa bismillaahi kharajnaa wa ‘alallahi tawakkalnaa, alhamdulilaahil ladzii awaanii

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal."

4. Adab masuk rumah

4. Adab masuk rumah
Freepik/rawpixel-com

Selain keluar rumah, masuk rumah juga memiliki adab, Ma. Yuk, terapkan adab masuk rumah ini dalam keseharian.

1. Mengetuk pintu

Tidak hanya saat memasuki rumah orang lain, mengetuk pintu juga harus dilakukan ketika hendak masuk ke rumah sendiri.

Mengetuk pintu berfungsi untuk memberikan tanda bahwa ada seseorang di luar yang hendak masuk atau menunggu untuk masuk ke dalam rumah.

Hal tersebut juga berfungsi sebagai etika atau kesopanan saat memasuki rumah. Namun, mengetuk pintunya jangan terlalu keras dan terus menerus ya karena dapat mengganggu.

2. Mengucap salam

Semua umat Islam diwajibkan untuk mengucap salam, sekali pun saat berpapasan di jalan.

Akan tetapi, salam juga bisa diucapkan setelah mengetuk pintu saat berkunjung atau memasuki rumah sendiri.

Setelah mengetuk pintu dan pintu sudah terbuka, berilah salam, kemudian jangan lupa untuk tersenyum.

Perlu diingat ya, Ma, mengucap salamnya tidak perlu berteriak. Ucapkan dengan suara pelan dan lembut saja ya.

3. Membaca doa

Saat memasuki rumah, baik rumah sendiri ataupun rumah orang lain, ada baiknya untuk membaca doa masuk rumah.

Dengan membaca doa masuk rumah, bisa diartikan sebagai rasa syukur karena dapat kembali atau tiba di rumah dengan keadaan selamat dan berharap kebaikan selalu menyertai saat berada di dalam rumah.

4. Dahulukan kaki kanan

Tidak hanya saat keluar rumah, ketika hendak masuk rumah pun usahakan untuk mendahulukan kaki kanan ya, Ma. 

Itu dia doa keluar rumah dan doa masuk rumah beserta adabnya dalam ajaran agama Islam yang bisa diajarkan kepada si Kecil. Terapkan doa-doa tersebut dalam keseharian agar menghafalnya jadi lebih mudah. Selain memohon perlindungan dari setan-setan dan terhindar dari mara bahaya, berdoa juga dapat melimpahkan berkah lho, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.