Ini Dia Perbandingan Jarak Antar Planet dengan Matahari

Planet mana yang paling dekat dan paling jauh ya?

24 Januari 2022

Ini Dia Perbandingan Jarak Antar Planet Matahari
arghainvestmentadvisers.com

Di dalam sistem tata surya, mulanya ada 9 planet, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Akan tetapi, pada 25 Agustus 2006 telah diputuskan kalau Pluto tidak lagi termasuk planet.

Selain itu, status planet Pluto juga berubah menjadi planet kerdil selevel xenia dan asteroid ceres. Oleh karena itu, saat ini jumlah planet dalam sistem tata surya menjadi delapan planet.

Kedelapan planet tersebut bergerak dan mengelilingi matahari, di mana setiap planetnya memiliki lintasan dan gerak revolusi sendiri yang berbeda, teratur, dan tidak saling bertabrakan. Semakin jauh jarak planet dari matahari, waktu revolusinya akan semakin lama.

Lantas, seberapa jauh sih jarak antar planet dengan matahari, sehingga tidak saling bertabrakan?

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum perbandingan jarak antar planet dengan matahari yang bisa dipelajari. Disimak yuk, Ma!

1. Merkurius

1. Merkurius
en.wikipedia.org

Merkurius merupakan planet yang jaraknya paling dekat dengan matahari, yakni sekitar 57,9 juta km. Karena jaraknya yang dekat itulah revolusi planet Merkurius menjadi yang paling cepat. Satu tahun di Merkurius sama dengan 88 hari.

Meskipun berada paling dekat dengan matahari, planet Merkurius tidak memiliki suhu yang panas dan tidak memiliki atmosfer yang dapat melindungi dari radiasi matahari.

Merkurius merupakan planet terkecil dalam tata surya karena diameternya hanya berukuran 4.862 km atau hanya sekitar 1/3 dari diameter Bumi. Ukuran tersebut sedikit lebih besar dari bulan dan bentuknya cenderung seperti bintang berwarna abu-abu. Meski begitu, Merkurius dapat dilihat langsung dari Bumi.

2. Venus

2. Venus
langitselatan/avivahyamani

Venus adalah planet kedua dari matahari. Jarak dari planet kedua ini dari matahari adalah sekitar 108,2 juta km dari matahari. Selain itu, Venus juga dekat dengan Bumi dan gerak rotasinya berlawanan arah dengan gerak edar planet yang mengitari matahari dari timur ke barat.

Planet Venus sering disebut sebagai kembaran Bumi karena ukuran dan kepadatannya yang serupa. Namun, satu tahun di Venus sama dengan 225 hari di Bumi.

Venus memiliki suhu paling panas di antara planet yang lain. Atmosfernya yang padat dan ditutupi awan tebal mengandung gas karbon dioksida dalam jumlah besar. Rata-rata suhu di permukaan Venus ialah 465 derajat celcius.

3. Bumi

3. Bumi
Pexels/Pixabay

Bumi atau planet yang kita tinggali ini merupakan planet ketiga yang paling dekat dengan matahari. Meski begitu, jaraknya masih dalam jarak yang ideal.

Jarak Bumi ke matahari, yaitu sekitar 149,7 juta km dan diameternya 12.756 km. Rotasi Bumi selama 365 hari dengan periode 24 jam.

Bumi adalah planet satu-satunya yang memiliki air. Di mana 71% permukaan Bumi ditutupi dengan air.

Atmosfer Bumi terdiri atas gas nitrogen, oksigen, argon, karbon dioksida, uap air, kripton, neon, xenon, hidrogen, helium, dan ozon, sehingga dapat mendukung kehidupan dan bisa ditinggali oleh makhluk hidup, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

Editors' Picks

4. Mars

4. Mars
Unsplash/nasa

Jarak planet Mars dengan matahari adalah sekitar 228 juta km. Oleh sebab itu, Mars membutuhkan waktu selama 687 hari untuk berevolusi. 

Planet Mars sering disebut dengan planet merah karena memiliki permukaan yang berwarna merah. Dilansir dari ZME Science, warna merah pada Mars disebabkan oleh oksida besi atau karat, senyawa yang terbuat dari dua atom besi dan tiga atom oksigen, sehingga membuat planet Mars berwarna kemerahan hingga oranye. Meski begitu, planet ini tidak seluruhnya berwarna merah, lho.

Tidak hanya itu, Mars juga dikenal dengan planet yang dingin layaknya gurun yang tertutup debu hasil oksidasi besi.

5. Jupiter

5. Jupiter
Unsplash/nasa

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Ukuran planet urutan kelima dari matahari ini adalah 318 kali ukuran Bumi.

Jarak planet Jupiter dari matahari ialah 778,8 juta km. Planet kelima ini memiliki waktu untuk berevolusi selama 12 tahun dengan rotasi 10 jam. 

Selain memiliki ukuran yang besar, Jupiter juga memiliki cincin di sekitar garis ekuatornya. Meski begitu, cincin tersebut hanya bisa dilihat dengan pengamatan yang teliti.

6. Saturnus

6. Saturnus
Unsplash/nasa

Saturnus adalah planet keenam dari matahari dengan jarak 1.427,0 juta km. Semakin jauh dari matahari, revolusinya pun semakin lama. Revolusi planet Saturnus selama 29 tahun, sedangkan rotasinya membutuhkan waktu selama 10 jam.

Saturnus dikenal sebagai planet terbesar kedua dengan cincin yang menonjol, di mana ukuran planet ini 10 kali lipat lebih besar dari ukuran Bumi.

Uniknya, selain memiliki cincin yang bisa diketahui keberadaannya, Saturnus juga memiliki ribuan cincin kecil yang bersinggungan satu sama lain akibat adanya tarikan gravitas antara Pandora dan Prometheus. Singkatnya, planet ini memiliki cincin dalam cincin.

7. Uranus

7. Uranus
Unsplash/nasa

Planet ketujuh ini memiliki jarak 2.871,0 juta km dari matahari. Karena jaraknya itu, Uranus membutuhkan waktu 165 untuk berevolusi.

Uranus terdiri dari hidrogen molekuler yang bercampur dengan helium. Pada lapisan bawahnya, Uranus dipenuhi es yang mengelilingi inti batu. Tidak perlu heran, apabila Uranus disebut sebagai planet es raksasa. Hal tersebut dikarenakan suhu permukaannya mencapai -226 derajat celcius.

Planet Uranus memiliki garis ekuator yang hampir tegak lurus dan merupakan planet terbesar ketiga dengan ukuran 63 kali lebih besar dibandingkan dengan ukuran Bumi.

8. Neptunus

8. Neptunus
Unsplash/nasa

Neptunus adalah planet yang paling jauh dari matahari. Jarak antara planet ini dengan matahari, yaitu sekitar 5.957,3 juta km. Waktu revolusi Neptunus yaitu 284 tahun, sehingga menjadi planet dengan revolusi terlama.

Selain itu Neptunus juga merupakan planet kedua yang memiliki daya gravitasi paling kuat setelah Jupiter. Karena itu, planet ini sering kali menyebabkan masalah bagi benda langit sekitarnya.

Neptunus sering membuat orbit Uranus menjadi berantakan karena menarik planet Uranus mendekat padanya. Tidak hanya itu, Neptunus juga menarik Triton, salah satu satelit alaminya, untuk mendekat.

Karena ulahnya tersebut Neptunus akhirnya mendapatkan julukan sebagai Pembuat Ulah atau Si Pembuat Masalah. 

Nah, itulah perbandingan jarak antar planet dengan matahari. Sekarang, sudah tahu planet mana yang paling dekat dan paling jauh, bukan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk