TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Waspadai, Ini 10 Tanda Orangtua Durhaka pada Anak

Nyatanya orangtua juga berpotensi bertindak durhaka pada anak

20 September 2022

Waspadai, Ini 10 Tanda Orangtua Durhaka Anak
Freepik/master1305

Durhaka merupakan sifat tercela yang bisa membuat seseorang berdosa. Istilah durhaka sendiri biasanya identik pada anak. Sebab itu, sejak kecil kita selalu diperingatkan agar tidak bersikap buruk kepada orangtua.

Meski demikian, istilah durhaka tidak hanya melekat pada anak saja, teteapi juga pada orangtua. Hal tersebut pun pernah diungkapkan oleh Syekh Ali Jaber.

Allah SWT memerintahkan kepada semua orangtua, terutama ayah, diwajibkan untuk selalu melindungi keluarganya. Sebagaimana dalam surat At Tahrim ayat 6 berikut ini yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah SWT terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Adapun maksud dari ayat tersebut adalah orangtua wajib menjaga keluarganya dari hal-hal yang akan membawa mereka ke neraka. Artinya, Mama dan Papa bertanggung jawab pada anak untuk mengasuhnya dengan baik sesuai dengan nilai-nilai islam, misalnya mengajak anak berzikir, berdoa dan takwa kepada Allah SWT, serta perbuatan teladan lainnya.

Melalui saluran YouTube-nya, Syekh Ali Jabar menyebutkan tanda orangtua durhaka pada anak. Video tersebut diunggah pada 14 Oktober 2020 silam.

Biar Mama tidak penasaran, yuk simak 10 tanda orangtua durhaka kepada anak. Disimak sampai akhir ya!

1. Orangtua suka mencaci maki anak

1. Orangtua suka mencaci maki anak
Freepik

Tanda orangtua durhaka pada anak yang pertama adalah suka mencaci maki anak. Hal tersebut sangat berbahaya karena akan memengaruhi psikologis anak dan emosinya. Apalagi dilakukan saat Mama atau Papa diambang batas kemarahan.

Jika sedang marah atau tersulut emosi, sebaiknya Mama atau Papa menghindari anak dan diam. Hindari menjadikan anak sebagai samsak kemarahan dan menjadikan korban dari ego orangtuanya.

2. Menghina anak

2. Menghina anak
Freepik/user18526052

Hindari menghina anak di hadapan orang lain dan teman-temannya. Sebab, menghina anak termasuk dalam perbuatan yang membuat orangtua menjadi durhaka. 

Daripada menghina anak, lebih baik Mama dan Papa memberikan nasihat dengan mengingatkannya.

3. Menghancurkan kepercayaan anak

3. Menghancurkan kepercayaan anak
Freepik/karlyukav

Beberapa anak mungkin memiliki kepercayaan yang tinggi. Namun perlu diketahui, tidak semua anak mudah membangun rasa percaya dirinya. 

Karena itu, jangan pernah Mama dan Papa menghancurkan kepercayaan diri anak dengan menyebutnya bodoh. Hal tersebut tidak hanya menghancurkan kepercayaan dirinya saja, teteapi juga perasaannya.

4. Membandingkannya dengan orang lain

4. Membandingkan orang lain
Freepik/bearfotos

Membandingkan anak dengan temannya atau orang lain dapat menimbulkan rasa benci dan membuat anak menjadi tidak percaya diri karena selalu dibandingkan. 

“Kita yang dewasa jika dibandingkan dengan orang lain, kita tersinggung. Apalagi anak kita," ujar Syekh Ali Jaber dalam saluran YouTube-nya.

Editors' Picks

5. Memberi ancaman

5. Memberi ancaman
Freepik/peoplecreations

Tanda orangtua durhaka pada anak selanjutnya adalah memberi ancaman dengan menakut-nakuti. Perkataan tersebut dapat menyebabkan sesuatu yang tidak baik terhadap anak meski memiliki maksud baik atau hanya sekadar bermain-main.

Dari sisi psikologis dan akal anak usia 2-7 tahun, apabila seorang anak diberikan perhatian sepenuhnya, dia akan mampu menguasai tujuh bahasa. Hal tersebut tentu telah dibuktikan oleh seorang psikolog. 

6. Melarang anak tanpa alasan yang jelas

6. Melarang anak tanpa alasan jelas
Freepik/master1305

Melarang anak tanpa alasan atau sebab yang jelas merupakan tindakan yang kurang tepat. Anak berhak untuk tahu mengapa ia dilarang.

Dengan demikian, cobalah untuk menjelaskan alasannya agar anak jadi lebih mengerti dan lebih mudah untuk dilarang terhadap sesuatu hal yang akan memberikan dampak buruk untuknya.

7. Membongkar aib anak di hadapan orang lain

7. Membongkar aib anak hadapan orang lain
Freepik/bearfotos

Mungkin sebagaian orangtua menganggap bahwa aib adalah hal yang biasa. Namun, membongkar aib anak di hadapan orang lain dapat membuat orangtua menjadi durhaka terhadap anak.

Allah SWT selalu menutupi aib umatnya, lantas mengapa Mama dan Papa sebagai orangtua justru membuka aib sang anak?

8. Menyampaikan informasi yang salah

8. Menyampaikan informasi salah
Freepik/master1305

Tanda durhaka orangtua kepada anak selanjutnya adalah menyampaikan informasi yang salah seolah-olah apa yang diucapkan Mama dan Papa merupakan sesuatu yang benar dan nyata.

Contohnya, anak laki-laki tidak boleh menangis. Padahal anak laki-laki juga manusia yang memiliki perasaan dan emosi. Jika dilarang menangis, mungkin saja akan timbul masalah Kesehatan pada mentalnya.

9. Mencintai anak dengan syarat

9. Mencintai anak syarat
Freepik

Seorang ibu jika berkata bahwa dia mencintai anaknya karena sering mendapat ranking 1 di kelas merupakan salah satu contoh tanda durhaka orangtua pada anak. Sebab, jika anak tidak mendapat ranking 1, ia akan merasa tidak dicintai lagi.

Hal tersebut tentu akan berdampak pada pola pikir dan psikologisnya. Cintailah anak mama tanpa syarat. Jangan sampai anak melarikan diri kepada orang lain hanya karena merasa tidak cintai apa adanya.

10. Mendoakan hal-hal yang buruk untuk anak

10. Mendoakan hal-hal buruk anak
Freepik/wayhomestudio

Ketika sedang merasa kesal dan marah, tidak jarang para orangtua mendoakan hal-hal buruk untuk sang anak secara tidak sadar. Padahal, hal tersebut termasuk ke dalam tanda orangtua durhaka pada anak.

Meskipun Mama atau Papa sedang kesal dengan si Kecil karena tidak patuh, sebaiknya menghindari doa yang buruk. 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam melarang orangtua mendoakan anaknya buruk. Kalau diijabah doanya, makan akan menyesal, kata Rasulullah," ungkap Syekh Ali Jaber.

Itu dia 10 tanda orangtua durhaka kepada anak. Anak durhaka bisa jadi karena orangtuanya yang lebih dulu bersikap durhaka pada anaknya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mama dan Papa ya!

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk