Manfaat Minuman Dingin untuk Mengembalikan Kesegaran Tubuh Anak

Panas terik? Boleh nggak sih kasih anak minuman dingin

21 Mei 2022

Manfaat Minuman Dingin Mengembalikan Kesegaran Tubuh Anak
Popmama.com/FX Dimas

Sesuai kabar dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa belakangan ini cuaca lebih terik dari biasanya di siang hari. Bahkan di beberapa daerah suhu bisa mencapai hingga 36 derajat celcius lho, Ma. 
 
Melalui media social, warganet pun mengeluhkan kondisi cuaca yang super panas di siang hari tersebut. Keluhan warganet ini direspons BMKG. Lalu BMKG menjelaskan kalau saat ini Indonesia sudah mulai memasuki puncak musim kemarau. 
 
Nah, apa nih yang bisa Mama lakukan untuk menjaga Kesehatan dan kesegaran keluarga? Suhu yang panas dan terik tentunya selalu mengundang dahaga. 

Hati-hati dehidrasi ya, Ma! Terutama si Kecil. Sebaiknya sediakan air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan keluarga. 

Bukan sekadar melegakan tenggorokan yang kering, tapi juga berperan mengganti kebutuhan cairan dalam tubuh yang hilang. Kekurangan cairan bisa membuat tubuh terasa lemas dan tak bertenaga. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat minuman dingin bagi tubuh  yang telah disebutkan oleh Pino Es Serut Buah yang merupakan salah satu produk baru dari PT United Family Food (UNIFAM) melalui keterangan tertulisnya.

Perhatikan Ma, ini juga bisa berguna untuk si Kecil lho. Simak yuk!

Editors' Picks

1. Efektif bakar kalori  

1. Efektif bakar kalori  
Pexels/Artem Podrez

Banyak orang salah paham bahwa air dingin menyebabkan berat badan bertambah karena memperlambat metabolisme. Sayangnya hal Ini tidak benar!

Melansir artikel yang diterbitkan di majalah Active, peneliti Jerman telah menemukan bahwa minum enam cangkir air dingin sehari dapat meningkatkan metabolisme sekitar 50 kalori setiap hari, yang kira-kira sama dengan berjalan kaki selama 15 menit. 

Wah, lumayan kan ya Ma. Kalau si Kecil malas gerak saat siang hari karena terlalu panas, berarti konsumsi minuman dingin masih diperbolehkan karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Kembalikan suhu tubuh

2. Kembalikan suhu tubuh
Popmama.com/FX Dimas

Suhu yang panas pasti membuat tubuh tidak nyaman. Hawa gerah yang melanda seringkali mengundang rasa malas. Hawa gerah juga membuat suhu tubuh meningkat. Nah, minuman dingin jadi solusi karena berperan mengembalikan suhu tubuh.

Lebih jelasnya, sebuah penelitian tahun 2013, hasilnya telah disebutkan pada laman ncbi.nlm.nih.gov  bahwa minuman dingin mampu mengembalikan suhu tubuh di kala cuaca panas terik.

Penelitian melibatkan enam orang dehidrasi dengan kondisi terpapar sinar matahari. Mereka semua baru saja olahraga dan menunjukkan bahwa suhu air minum memiliki pengaruh.

Dari penelitian tersebut memperlihatkan perbedaan produksi keringat ketika mereka meminum air hangat dan air dingin. Air yang berasal dari keran (16°C) ternyata paling efektif untuk mengembalikan hidrasi para peserta.

Dari penelitian yang dilakukan, kondisi para peserta menunjukkan bahwa mereka tidak berkeringat lebih banyak dan lebih mudah untuk minum dibandingkan ketika harus menenggak air panas.

Meski mungkin masih memerlukan banyak penelitian pendukung, minum air dingin (dengan suhu setidaknya 16°C) saat cuaca panas dianggap terbukti dapat membantu seseorang mengembalikan cairan tubuhnya.

Jika Mama memiliki kekhawatiran tertentu, seperti minuman dingin bisa menyebabkan batuk, maka yang perlu diperhatikan adalah berapa suhu minuman dingin yang hendak dikonsumsi. Boleh saja dingin, namun perhatikan suhunya ya Ma.

3. Mencegah dehidrasi

3. Mencegah dehidrasi
Dok. Pino

Siapa yang mau membantah bila minuman dingin akan membuat tubuh jauh lebih segar. Rasa haus akibat cuaca panas bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga perlu segera untuk minuman dingin.

Nah, berdasarkan informasi para ahli di Columbia University, perut manusia lebih cepat menyerap air minum yang telah didinginkan hingga sekitar 4 derajat dibandingkan air hangat atau air dengan suhu kamar. 

Sehingga agar mencukupi cairan tubuh saat cuaca panas, kita disarankan untuk minum air dingin. Air dingin akan diserap dengan cepat oleh tubuh dibandingkan dengan air hangat.

Tidak ada yang mengalahkan rasa panas lebih baik daripada minuman dingin. Minuman dingin menjadi obat terbaik untuk gelombang panas yang ekstrim untuk keluarga kita. Begitu sudah ketahui manfaat minuman dingin, jangan sampai lupa untuk menyiapkannya di rumah ya Ma.

Salah satu jajanan Pino Es Serut Buah adalah minuman yang dapat dibeli dengan suhu ruang, kemudian dibekukan di freezer kulkas sebelum dikonsumsi ini sangat cocok mengembalikan kesegaran tubuh saat cuaca sedang terik seperti sekarang ini. Dalam kemasan yang praktis yang tersedia dalam rasa buah-buahan yang segar. 

Itu dia tadi penjelasan manfaat minuman dingin untuk anak saat cuaca panas terik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk